Perbandingan Honda Accord vs Mazda6 vs Peugeot 508

Inilah pilihan mobil bekas Big Sedan Honda Accord, Mazda6 dan Peugeot 508 di Indonesia. Meski populasinya tak sebesar MPV atau SUV di pasar mobil bekas, tapi terdapat cukup banyak pilihan yang datang dari nama-nama besar produsen kendaraan roda empat.

Perbandingan Honda Accord vs Mazda6 vs Peugeot 508

Honda Accord


Harus diakui kalau performa mesin 2.356 cc 4 silinder yang tersemat pada sedan ini masih di bawah ekspektasi. Terutama saat berakselerasi. Dari hasil pengetesan Topgir, waktu yang dibutuhkan untuk akselerasi 0-100 km/jam berada di atas 10 detik.

Namun di lain sisi, Accord berhasil unggul soal kenyamanan penumpang. Interiornya dibuat dengan standar tinggi dan ergonomis. Menggunakan material kulit, dipadukan dengan panel kayu pada setir. Penumpang juga akan mendapat privasi begitu di kabinnya.

Meminang Accord, artinya membeli mobil yang lebih asyik dikendarai sendiri. Selain juga bakal mendapatkan fitur keamanan lengkap. Handling-nya patut mendapat acungan jempol. Meski hal itu harus dikompensasi suspensi yang cukup keras. Salah satu yang menjadi sorotan di mobil ini ialah fitur Lane Watch yang berfungsi menjadi “mata” bagi pengemudi untuk mengatasi blind spot di sisi kiri mobil.

Mesin: 2.356 cc, 4-silinder, 176 dk
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 15,5/9,3 km/l
Kapasitas Tangki : 65 liter
Keunggulan : Eksterior, interior, kenyamanan
Kelemahan : Performa, harga, suspensi

Mazda6


Mazda6 hadir ke tengah konsumen big sedan berbekal mesin dengan teknologi SKYACTIV. Teknologi itu pun membuatnya punya keunggulan terkait performa dan konsumsi bahan bakar.

Mesin 2.588 cc 4 silindernya bisa menghasilkan tenaga 192 dk, atau yang terbesar di trio ini. Tak ayal, Mazda6 hanya membutuhkan 8,5 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari kondisi diam.

Sebagai big sedan, interior Mazda6 cenderung konvensional tapi kualitas bahan yang dipakai cukup baik dan mewah. Hal yang sama juga berlaku untuk fitur standarnya.

Di lain sisi, Mazda mendesain agar sedan ini nikmat dikemudikan sendiri. Berbekal posisi mengemudi sporty serta kemudi presisi dan suspensi cukup keras, performa pengendalian begitu baik yang membuatnya fun to drive.

Mesin: 2.488 cc, 4 silinder, 192 dk
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 15,52/10,75 km/liter
Kapasitas Tangki : 62 liter
Keunggulan : Performa, konsumsi BBM, fitur
Kelemahan  : Eksterior, interior, suspensi

Peugeot 508


Sebagai produk asal Eropa, Peugeot dikenal konsisten menghadirkan mobil-mobil dengan kenyamanan kelas atas. Hal itu juga diaplikasikan pada 508.

Meski menggunakan mesin berkapasitas paling kecil di antara dua rivalnya, performa efisiensinya tak bisa dipandang sebelah mata. Peugeot 508 menggunakan mesin serupa dengan 5008 yakni unit 1.600 cc 4 silinder yang dibekali turbo bertenaga 156 dk. Sementara torsinya menyentuh 240 Nm di rentang 1.400 rpm – 4.000 rpm.

Untuk aspek kenyamanan penumpang yang selalu menjadi sorotan pada big sedan, mobil ini menyediakannya melalui suspensi dan jok empuk serta kabin yang lapang.

Mesin: 1.598 cc 4 silinder turbo, 156 dk
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 20/10,7 km/l
Kapasitas Tangki : 72 liter
Keunggulan : Desain, konsumsi BBM, kenyamanan
Kelemahan : Tenaga mesin, performa, populasi

Kesimpulan Perbandingan Honda Accord vs Mazda6 vs Peugeot 508


Mazda6 unggul dalam banyak aspek sebagai opsi mobil bekas kelas big sedan. Termasuk faktor performa dan fun to drive. Meski populasinya kecil di pasar mobkas, tapi Topgir juga tergoda oleh efisiensi dan kenyamanan Peugeot 508. Mobil ini juga cocok untuk konsumen segmen big sedan yang menginginkan lebih dari sekadar kendaraan. Di antara keduanya berdiri Honda Accord sebagai pilihan yang “aman”.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel