Perbandingan Hyundai Santa Fe vs Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Selain soal ground clearance yang tinggi, mesin diesel Big SUV juga bertenaga dan hemat BBM. Inilah pilihan mobil bekas Big SUV Hyundai Santa Fe CRDi, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner di Indonesia.

Perbandingan Hyundai Santa Fe vs Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner

Hyundai Santa Fe CRDI


Secara desain SUV Hyundai ini berbeda dari dua rivalnya. Mempunyai tampilan yang modern, Hyundai menyebut gaya desainnya sebagai Fluidic Sculpture. Lekukan garisnya membuat terlihat futuristik dengan panel krom memberi kesan mewah. Ketika melintas di jalan, seolah seperti sebuah SUV Premium.

Soal performanya, Santa Fe menggunakan mesin diesel modern berkapasitas 2.199 cc 4-silinder dengan turbo variabel bertenaga 197 dk dan torsi 445 Nm. Tenaga yang mudah menghela tubuhnya itu disalurkan melalui transmisi otomatis 6-speed.

Selain desain eksterior, keunggulan lainnya adalah banyaknya fitur pada produk pabrikan Korea Selatan ini. Sebut saja lampu xenon, ventilasi AC di belakang serta jok elektrik yang memberikan kenyamanan untuk penumpang dan pengemudi. Khusus jok elektrik selain memudahkan pengemudi juga membuatnya tampil berkelas dari para rivalnya.

Mesin: 2.199 cc 4-silinder, 197 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol: 10,87/17,9 km/l
Kapasitas tangki: 64 liter
Keunggulan : Desain eksterior, fitur, jok elektrik
Kelemahan : Harga, entertainment

Mitsubishi Pajero Sport


Secara desain memang Mitsubishi Pajero Sport ini tidak bergaya futuristik, tapi kesan kekar menjadi daya tariknya. Ketika Hyundai meluncurkan Santa-Fe di Indonesia, mobil ini langsung banyak berbenah seperti gril yang diubah dengan bilah memanjang dan menyiku di logo tiga berlian.

Badannya yang besar memberikan interior lapang. Ruang kepala dan kaki memadai dengan plafon yang telah terpasang kisi AC untuk penumpang belakang. Nuansa mewah bisa terasa dengan jok berlapis kulit yang menambah kenyamanan sepanjang jalan.

Mesin 2.477 cc 4 silinder 178 dk dan torsi 350 Nm menggunakan teknologi commonrail Direct Injection Diesel (DI-D) yang dikombinasikan Variable Geometry Turbo (VGT) dilengkapi intercooler memang cukup hemat BBM walau tak sehemat rivalnya.

Mesin: 2.477 cc 4-silinder, 178 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 9,8/13,2 km/liter
Kapasitas tangki : 70 liter
Keunggulan : Harga, bantingan suspensi, desain
Kelemahan : Kemudi, konsumsi BBM

Toyota Fortuner 


Rival terkuat dari Mitsubishi Pajero Sport adalah Toyota Fortuner. Terlihat dari desain yang sama-sama kekar. Meski begitu merek Toyota menjadi nilai tambah karena harga yang kompetitif serta jaringan purna jual yang banyak. Terlebih populasinya juga lebih banyak dari dua rivalnya. Meski fiturnya tak sebanyak rivalnya, tapi kabinnya menawarkan ruang lebih lapang dibanding dua rivalnya.

Soal performa, harus diakui Toyota Fortuner menjadi SUV paling kecil dibandingkan lainnya. Dari mesin 2.499 cc 4-silinder common-rail hanya menghasilkan tenaga 144 dk dan torsi 350 Nm. Transmisi otomatisnya hanya mampu menyalurkan tenaga tersebut hingga 4-speed. Varian 4x4 menjadi amunisi tambahan untuk melawan Hyundai Santa Fe.

Mesin: 2.499 cc 4-silinder, 144 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol: 11,8/14,6 km/l
Kapasitas Tangki: 65 liter
Keunggulan : Harga, bantingan suspensi, desain
Kelemahan :  Kemudi, konsumsi BBM

Kesimpulan Hyundai Santa Fe vs Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner 


Secara performa dan fitur, Hyundai Santa Fe memang unggul dari kedua rivalnya. Hemat BBM dan bertenaga. Tapi unitnya terbatas di pasar mobil bekas. Sementara Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner berlimpah. Keduanya pun sama-sama menawarkan desain macho dengan bantingan suspensi yang mirip. Tapi Pajero Sport menawarkan tur lebih banyak.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel