Tips dan Panduan Membeli Audi A4 B8 Bekas

Sebagai salah satu produsen mobil mewah, nama Audi di Indonesia tidak terlalu besar. Namun ada loyalis yang selalu membeli Audi. Untuk sedan entry-level, Anda bisa mencicipi Audi A4 dengan spesifikasi tidak kalah dari rivalnya, seperti Mercedes-Benz C-Class dan BMW Seri-3.

Tips dan Panduan Membeli Audi A4 B8 Bekas

Sejak kemunculannya pada 2008, Audi A4 menjadi sorotan karena desainnya yang begitu menggoda. Sebagai pelopor mobil dengan DRL di Indonesia, kemudian banyak APM yang mulai menggunakan fitur serupa.

Pada model facelift di 2013, lampu DRL telah mengalami perubahan desain. Kini bentuknya terlihat semakin tegas dengan sudut yang tajam. Garisnya pun menyatu tidak terpotong seperti pada model sebelumnya dan membuatnya terlihat berkelas.

Pada bagian kabin Audi mempunyai posisi duduk yang ergonomis dengan desain yang modern. Kualitas dasbor dan joknya prima serta terlihat modern. Tombol-tombol serta instrumen dirancang oleh tim desain lebih baik dengan aura mewah.

Adanya fitur rem parkir elektronik dengan fungsi Auto Hold memberikan kemudahan dalam perjalanan. Ini menjadi solusi ketika mengendarai mobil ditengah kemacetan sehingga tidak melelahkan kaki yang harus menahan pedal rem.

Meskipun tergolong mobil mewah, Audi menyisipkan kesan sporty dengan adanya fitur Drive Select. Melalui fitur ini bisa mengatur mode pengendaraan. Ketika di posisi Dynamic, mesin dan transmisi terasa lebih reponsif dan setir memberat dari mode normal.

Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Audi A4 facelift dalam kondisi bekas. Bila tidak teliti bisa saja ada komponen yang tak terawat dan rusak, sementara biaya perbaikan mobil Eropa bisa sangat mahal.

Sejarah Audi A4 B8 di Indonesia


2008 : Setelah tiga tahun merilis Audi A4 berkode B7, Audi meluncurkan versi terbaru dengan perubahan total di bodi. B8 mempunyai desain yang lebih elegan dan mewah berkat kehadiran lampu LED pada DRL yang kemudian diikuti oleh banyak produsen.

Mesinnya masih sama yakni TFSI dilengkapi turbo. Perbedaannya ada pada kapasitas mesin yang sebelumya 2.000 cc berkurang 200 cc. Ini mengakibatkan tenaga menurun dari 200 dk menjadi 170 dk.

Meski begitu ada penambahan fitur yang cukup banyak. Salah satunya adalah Drive Select yang membuat pengemudi mempunyai pilihan mode mengemudi apakah normal atau sport. Perbedaannya tidak hanya terasa pada karakter mesin tapi juga suspensi dan pengendalian.

2012 : Semakin gencarnya rival yang merilis produk facelift membuat Audi tidak ingin ketinggalan tren. Penyegaran pun dilakukan, salah satu perubahannya ialah bentuk lampu dan DRL yang kian mewah.

Tidak hanya pada lampu depan tapi lampu belakang juga mempunyai desain baru sehingga sekilas tampak berbeda dari pendahulunya. Sementara urusan performa masih menggunakan mesin dan transmisi yang sama.

Namun ada penambahan fitur yakni rem parkir elektronik dengan fungsi Auto Hold. Fitur ini sangat berguna ketika terjebak di kemacetan. Tidak perlu menahan pedal rem maka mobil akan menahan laju kendaraan secara otomatis ketika fitur ini aktif.

Panduan Membeli Audi A4 B8 Bekas


Rem
Kondisi lalu lintas perkotaan yang padat membuat mobil sering stop and go. Kondisi ini membuat rem akan cepat aus. Cek kondisi rem dan coba ketika Anda mengetesnya. Namun tidak berarti Audi A4 yang jarang digunakan tidak berisiko bermasalah. lakukan pengecekan untuk memastikannya.

Transmisi CVT
Untuk menyalurkan tenaga dari mesin, Audi A4 telah menggunakan transmisi CVT berlabel power train. Pastikan berfungsi dengan baik karena biaya yang dibutuhkan tidak murah ketika power train bermasalah. Anda bisa mengetesnya sebelum membeli dan merasakan apakah tenaga yang dihasilkan ketika melaju berjalan mulus. Bila terasa ada kendala, segera periksa di bengkel resmi.

Interior
Kualitas interior yang digunakan oleh Audi berbahan mewah. Pemilik sebelumnya harus melakukan perawatan dengan baik. Cek dengan teliti setiap bagian di interior baik jok maupun dasbor. Pastikan tidak ada yang rusak pada dasbor, panel pintu, dan jok.

Catatan Servis
Perhatikan dengan seksama catatan servis pada Audi A4 B8 facelift yang Anda incar. Bisa dicek melalui buku servis apakah pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin. Terlebih beberapa komponen mobil Eropa ada yang hanya bisa dirawat oleh bengkel resmi.

Jaringan Bengkel
Salah satu kelemahan Audi adalah jaringan bengkel yang tidak banyak. Sebelum membeli, akan lebih baik bila di kota Anda ada bengkel resmi Audi. Kalaupun terpaksa tidak ada, setidaknya ada bengkel spesialis Audi. Atau di kota lain yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan kota Anda.

Jok Belakang
Mobil ini lebih pas untuk Anda yang suka menyetir sendiri atau berdua. Terlebih posisi sandaran punggung bangku belakang terlalu tegak sehingga membuat badan cepat lelah ketika terlalu lama di jalan.

Tips Memilih Audi A4 B8 Bekas


Audi A4 termasuk mobil dengan mesin yang tangguh. Selama ini tidak ada permasalahan yang berat dari sisi teknis. Namun ada beberapa bagian yang harus dicek. Seperti bodi mobil apakah masih mulus karena ini bisa mengubah harga jual bila terdapat baret atau kerusakan bekas kecelakaan.

Selain itu bisa cek bagian power train karena Audi A4 menggunakan sistem yang tergolong canggih. Sehingga perlu perawatan khusus dari bengkel resmi. Secara keseluruhan mobil ini coocok untuk konsumen yang pertama kali membeli mobil mewah

Topgir merekomendasikan tipe 1.8 TFSI. Dengan tenaga maksimal 170 dk pada 6.200 rpm dan torsi 320 Nm pada 1.400-3.700 rpm sudah cukup untuk digunakan di Indonesia. Dari hasil pengujian, tipe ini cukup irit dengan konsumsi BBM dalam kota 9,8 km/ldan tol 16,2 km/l. Sementara akselerasinya dari 0-100 km/jam bisa ditempuh 8,9 detik. Sangat mumpuni untuk sebuah sedan harian papan atas.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel