Tips dan Panduan Membeli Chevrolet Aveo Bekas

Pangsa pasar hatchback di Indonesia cu­kup besar. Terlihat dari banyaknya pabrikan yang mempunyai lini produk ini. Dominasi Toyota Yaris dan Honda Jazz memang sulit untuk diusik. Tetapi bila Anda meng­inginkan sebuah mo­bil yang berjiwa muda dengan tampilan berbeda, Aveo bisa menjadi opsi menarik.


Pada generasi kedua ini, Chevrolet melakukan ubahan yang signifikan dan tampil berani. Seperti pada lampu depan dengan desain bulat terpisah. Seolah ini adalah mobil reli yang asyik. Pada varian tertinggi bumpernya telah tersedia lampu kabut dengan bezel hitam sebagai kesan dinamis.

Begitu juga dengan lampu belakang yang didesain senada dengan lampu depan berbentuk bulan de­ngan panel plastik hitam. Adanya spoiler membuat Aveo terlihat lebih keren dan diklaim mampu meningkatkan aerodinamis.

Urusan performa, Chevrolet Aveo generasi kedua ini menggunakan mesin 1.400 cc DOHC double CVC dengan tenaga maksimum 100 dk pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm. Sebagai penyalur tenaganya digunakan transmisi otomatis 6-speed dengan penggerak roda depan.

Dari data pengetesan Topgir, mobil ini mempunyai akselerasi 0-100 km/jam 14,2 detik. Tidak terlalu baik bila dibandingkan rival sekelasnya.
Sementara konsumsi BBMnya untuk dalam kota mencapai 12,36 km/liter dan di jalan tol 16,6 km/liter. Tidak jauh berbeda dari Toyota Yaris. Meski begitu desainnya memang tergolong unik dan berbeda sehingga punya segmen tersendiri.

Bagi Anda yang memang ingin hatchback dengan desain berbeda dan memang menyukai mobil-mobil tipe Amerika, Aveo pilihan yang menarik. Namun ada beberapa hal yang harus Anda cek dan perhatikan.

Sejarah Chevrolet Aveo


2002 : General Motors Daewoo saat itu memperkenalkan Daewoo Kalos dengan basis platform T200 untuk menggantikan Daewoo Lanos (T100). Namun ditengah jalan Daewoo sempat bangkrut sehingga General Motors memberinama Chevrolet Kalos. Pada generasi pertamanya ini Kalos dijual dengan tiga model. Ada sedan 5 pintu, hatchback 4 pintu dan 3 pintu khusus untuk pasar Eropa awal 2005.

2005 : Chevrolet Aveo mendapatkan facelift di Auto Shanghai 2005 sebagai debutnya. Perubahan pada desain eksterior, interior serta instrumen panel. General Motors turut menambah peredam suara karena keluhan konsumen kabin yang kurang senyap.

2010 : Generasi kedua Chevrolet Aveo hadir dengan perubahan signifikan. Seperti ban yang lebih besar 19 unci dan transmisi baru yakni manual 6-speed. Di beberapa negara seperti Amerika dinamai berbeda yakni Chevrolet Sonic. Di Indonesia terdapat dua pilihan transmisi yakni 5-speed manual dan 6-speed otomatis.

Panduan Beli Chevrolet Aveo Bekas


Mesin
Pastikan kondisi mesin Chevrolet Aveo masih bagus. Paling mudah adalah periksa bagian-bagian carian seperti oli dan radiator. Pastikan tidak ada kebocoran karena bisa merusak kinerja mesin jangka panjang. Dengan usia mobil Aveo tertua adalah 4 tahun maka pastikan mesin masih berkinerja dengan baik.

Suspensi
Kondisi jalan di kota-kota besar Indonesia yang tidak mulus bisa menyebabkan suspensi cepat rusak. Lakukan tes jalan dan pastikan tidak ada bunyi yang keluar dari bagian suspensi atau roda.

Catatan Servis
Salah satu keunggulan Chevrolet adalah garansi tiga tahun tanpa batas kilometer. Seharusnya pemilik sebelumnya rutin melakukan servis ke bengkel resmi selama periode garansi. Anda bisa cek melalui buku servis dari agen pemegang merek untuk memastikan mobil selalu dirawat.

Fitur
Meskipun hadir dengan desain yang unik, namun Chevrolet Aveo tergolong hatchback minim fitur. Sementara di kelasnya sudah banyak fitur-fitur terkini yang tidak dimiliki Aveo. Seperti airbags yang hanya di pengemudi, tidak adanya kamera dan sensor parkir.

Purna Jual
Bila Anda tinggal di daerah kecil bukan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya atau Bandung harus diingat bahwa tidak banyak bengkel resmi Chevrolet. Ada baiknya lakukan survey terlebih dahulu apakah ada bengkel resmi yang jaraknya tidak terlalu jauh atau minimal bengkel resmi Chevrolet yang paham dengan Aveo bekas.

Tips Memilih Chevrolet Aveo Bekas


Chevrolet Aveo mempunyai tampilan yang menarik dan handling yang baik. Desainnya memiliki karakteristik sehingga terlihat berbeda dari yang lainnya. Mobil ini juga cukup stabil ketika berjalan kencang dan tidak limbung. Yang harus diperhatikan ketika membeli Aveo bekas adalah cek sejarah servisnya apakah pemilik sebelumnya rutin melakukan perawatan. Selain itu cek bagian mesin apakah ada kebocoran cairan dari oli atau radiator. Suspensi juga perhatikan apakah ada bunyi aneh ketika berjalan kencang.

Di Indonesia hanya ada dua varian yang dijual oleh PT General Motors Indonesia yakni Chevrolet Aveo LT transmisi manual dan otomatis. Karena mobil hatchback umumnya digunakan untuk dalam kota, Topgir menyarankan untuk memilih Chevrolet Aveo transmisi otomatis. Pilihan ini bukanlah tanpa alasan, meski masih transmisi otomatisnya masih konvensional namun Aveo memiliki rasio perbandingan gigi hingga 6 percepatan. Ini8lah yang menjadi keunggulan Aveo dari kompetitornya seperti Toyota Yaris yang masih mengandalkan 4-speed.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel