Tips dan Panduan Membeli Daihatsu Ayla Bekas

Inilah tips membeli Daihatsu Ayla bekas. Desainnya cukup menarik khususnya bagian bumper yang terlihat kokoh. Selain itu juga sebagai pembeda de­ngan saudara kembarnya To­yota Agya.

Dimensinya terbilang kompak dengan panjang 3.600 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm. Kabinnya tergolong luas dan desain dasbornya tampak sederhana untuk menambah kesan lapang.

Tips dan Panduan Membeli Daihatsu Ayla Bekas

Panel instrumennya juga terlihat ringkas walaupun disayangkan tidak ada petunjuk putaran mesin dan hanya spidometer di tengah. Posisi duduk cukup tinggi sehingga membuat visibilitas memadai.

Berbekal mesin 998 cc 3-silinder, Ayla bertenaga 65 dk di 6.000 rpm dan torsi 88 Nm di 3.600 rpm. Suara mesin terdengar cukup jelas di kabin. Termasuk desingan khas mesin 3-silinder.

Meskipun fiturnya tidak banyak namun kenyamanan suspensi Ayla yang cukup empuk cocok untuk mobil sehari-hari. Anda yang berencana membeli mobil pertama kali dengan bujet terbatas, Ayla bisa menjadi opsi menarik. Yuk, simak terus panduan beli Daihatsu Ayla bekas di Indonesia.

Sejarah Daihatsu Ayla di Indonesia


2013 : PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Ayla yang menggunakan mesin tipe 1KR-DE DOHC berkapasitas mesin 998 cc. Usai peraturan dari pemerintah disahkan, Daihatsu langsung meluncurkan mobil murah ini.

Saat peluncurannya, Daihatsu Indonesia mengklaim Ayla menggunakan komponen lokal seba­nyak 84% dan teknologi ECO terbaru. Dibanderol mulai dari harga Rp 76 juta hingga Rp 106 juta menyasar pada keluarga baru untuk kendaraan sehari-hari.

Panduan Membeli Daihatsu Ayla Bekas


Buku Servis
Meskipun tergolong baru, buku catatan servis bisa menggambarkan pemilik sebelumnya. Apakah mobilnya dirawat dengan baik atau tidak. Pastikan mobil selalu melakukan servis berkala di waktu yang tepat. Hal ini bisa mencegah kedepannya bila ada komponen yang rusak karena kurang perawatan.

Akselerasi
Bertenaga 65 dk pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 3.600 rpm ternyata akselerasinya tidak terlalu baik. Saat jalanan menanjak terasa berat hingga harus menginjak pedal gas lebih dalam. Ini pernah Topgir coba ketika komparasi mobil-mobil murah. Ada baiknya Anda lakukan test drive di medan yang menanjak.

BBM
Pemakaian bahan bakar minyak dengan RON 88 memang belum ada larangan dari pemerintah. Tetapi bila Anda ingin mendapatkan tenaga maksimal serta mesin lebih awet, ada baiknya menggunakan bahan bakar tanpa timbal dengan RON 90 atau lebih. Mesin bisa lebih awet dan performa terasa lebih baik.

Catatan Servis
Meskipun rata-rata umur Ayla masih satu hingga tiga tahun, tidak ada salahnya Anda cek catatan servis pemilik sebelumnya. Karena bila lalai melakukan servis rutin, ada kemungkinan kinerja mesin bermasalah dalam jangka panjang.

Handling
Bobotnya yang ringan ditambah penggunaan ban 155/80 R13 membatasi kelincahannya di jalan. Situasi limbung mudah terasa ketika mobil melaju cepat dan Anda berpindah jalur. Bijak saat mengendarai mobil ini dan ketahui kemampuannya di jalan raya.

Busi & filter udara
Busi dan saringan udara menjadi spare parts yang harus diperhatikan secara seksama. Pastikan kondisinya baik sehingga tidak perlu penggantian. Bila perawatannya teratur, bisa meminimalisir getaran dari mesin 3-silin­dernya.

Tips Memilih Daihatsu Ayla Bekas

Pemilik Daihatsu Ayla umumnya keluarga muda yang baru mempunyai anak satu. Sebagai alat transportasi sudah memenuhi kriteria yang mampu menampung tiga hingga empat orang. Topgir belum menemukan permasalahan besar selama ini, tetapi perlu diperhatikan servis rutin dari pemilik sebelumnya.

Varian yang dijual cukup banyak dengan perbedaan detil. Namun bila Anda mencari kemudahan dan fitur yang tergolong lengkap, maka tipe X A/T bisa menjadi pilihan. Selain transmisi yang sudah otomatis, fitur-fitur seperti power window dan AC sudah tersedia sebagai kenyamanan untuk kendaraan operasional.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel