Tips dan Panduan Membeli Honda Civic FB Bekas

Meski penjualan sedan tidak sebagus MPV di Indonesia, namun peminatnya masih cukup banyak. Salah satu faktornya adalah rasa fun to drive. Honda Civic pun menjadi salah satu yang bisa jadi andalan. Inilah tips pilih mobil bekas Honda Civic FB di Indonesia.

Tips dan Panduan Membeli Honda Civic FB Bekas


Di antara banyaknya medium sedan di Indonesia, Honda Civic salah satu mobil bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1976. PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualannya sudah lebih dari 112.000 unit di Indonesia.

Berbagai evolusi perubahan pun terjadi pada Honda Civic termasuk perubahan signifikan di generasi ke-9. Ikon mobil yang fun to drive pun masih melekat sampai pada generasi ini.

Honda Civic yang meluncur pada 2012 ini harus diakui banyak terpengaruh oleh generasi sebelumnya. Namun itu bukan hal yang buruk karena Honda Civic FD sebagai generasi ke-8 adalah sedan fenomenal. Pengaruhnya bisa terlihat dari penerapan instrumen Multiplex, mesin yang tidak berbeda serta dimensi yang mirip.

Desain eksteriornya terlihat lebih elegan dan sporti. Seperti desain lampu yang menyipit dan aksen krom membuatnya tampil beda dari generasi sebelumnya. Tidak hanya desain tapi inovasi teknologi terkini juga disematkan.

Beberapa fitur baru yang dihadirkan diantaranya i-MID (intelligent-Multi Information Display), Steering Wheel-Mounted Controls, ECON Mode, Eco Assist, One Push Ignition Button, Smart Key System, dan Integrated Audio System. Honda Civic juga sudah dilengkapi fitur keamanan aktif seperti Motion Adaptive EPS (Electric Power Steering) + VSA (Vehicle Stability Assist) yang berfungsi untuk mencegah gejala oversteer dan understeer.

Selain fitur-fitur canggih, Honda Civic juga mempunyai dua pilihan mesin yakni 1.8 L SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimal 141 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 174 Nm pada 4.300 rpm. Sementara varian 2.000 cc SOHC i-VTEC dengan tenaga maksimal 155 dk pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 200 Nm pada 4.300 rpm.

Nah, bila Anda berencana membeli Honda Civic generasi ke-9 ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dicek. Simak tulisan berikut.

Sejarah Honda Civic di Indonesia


1976: Kelahiran dari Honda Civic 5 pintu dengan model wagon masuk ke Indonesia bermesin CVCC. Di Global, produk ini sudah dipamerkan sejak 1973.

1980: Generasi kedua diperkenalkan oleh Honda dengan empat pintu. Mendapat julukan “Super Civic” pada masanya dengan mesin CVCC-II hasil pengembangan CVCC dari generasi sebelumnya.

1984: Selang 4 tahun diluncurkan generasi ketiga. Pada generasi ini dinamai “Wonder Civic”. Menggunakan mesin baru 12-valve cross-flow engine.

1988: Selama tiga generasi berwujud wagon (hatchback), Honda merubahnya dengan model sedan. Bernama Grand Civic dengan mesin Hyper 16-valve.

1992: Merubah penampilannya lebih sporti dari sebelumnya sekaligus memperkenalkan model coupe pertama untuk Honda Civic.

1996: Sukses dengan model Coupe, Honda memperkenalkan varian Si Coupe. Selain itu juga diperkenalkan varian berbahan bakar gas dengan kode GX.

2001: Kenyamanan ditingkatkan dengan penggunaan lantai datar serta suspensi McPherson-struts. Di generasi ketujuh ini juga peluncuran model Hybrid pertama Honda Civic.

2006: Perubahan signi kan terjadi di generasi ke-8. Paling terlihat adalah penerapan instrumen Multiplex, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Flat Wiper. Mesin baru 1.800 cc i-VTEC juga menjadi amunisi ampuh untuk meningkatkan performa namun tetap irit.

2012: Masih mengambil DNA sama dari generasi ke-8, perubahan minim terjadi pada desain eksterior dan interior.

Panduan Membeli Honda Civic FB Bekas


Instrumen Digital
Honda Civic generasi ke-9 ini mempunyai banyak fitur modern. Salah satunya adalah instrumen digital. Pastikan instrumen digital tersebut berfungsi dengan baik. Bila Anda ragu bisa minta montir dari bengkel resmi untuk mengeceknya. Kalau ada kerusakan pada instrumen digital ini, siap-siap merogoh kocek dalam karena biaya yang cukup tinggi.

Karet Kaca dan Pintu
Pada beberapa kasus ada yang mengatakan kaca jendela pada Honda Civic terasa seret usai dipakai dalam waktu lama. Memang masalah ini bisa diatasi dengan memberikan cairan silikon.

Tetapi akan lebih baik bila Anda mengecek langsung dengan ahlinya. Pastikan bahwa karet jendela masih dalam keadaan baik. Begitu juga karet-karet di sekitar pintu masih berkondisi baik.

Catatan Servis
Mengingat Honda Civic ini sudah termasuk dalam kategori mobil dengan mesin modern, maka cek catatan servis pemilik sebelumnya. Pastikan bahwa mobil tersebut melakukan servis rutin sesuai dengan periodenya. Melalui buku catatan servis Anda juga bisa mengetahui apakah mobil tersebut pernah ada penggantian spare parts.

Jok
Kenyamanan sedan terkadang membuat penumpang melakukan aktivitas seperti makan dan minum di kabin. Lihat dengan teliti apakah ada noda bekas makanan atau minuman ringan. Ini bisa menjadi indikasi perilaku pemilik sebelumnya.

Bahan Bakar
Menggunakan mesin i-VTEC dengan teknologi canggih membuat asupannya harus “bergizi”. Jangan harap ketika Anda membeli mobil ini bisa mengonsumsi bensin dengan oktan di bawah 92. Begitu juga dengan pemilik sebelumnya, pastikan bahwa mobilnya menggunakan bahan bakar yang tepat.

Elektrikal
Cukup banyak fitur-fitur yang berhubungan dengan elektrikal di mobil ini. Pastikan semuanya berfungsi dengan normal. Pengetesan fitur juga pengecekan ke bengkel menjadi hal penting ketika membeli mobil bekas.

Tips Memilih Honda Civic FB Bekas


Umur Honda Civic generasi ke-9 masih tergolong muda. Seharusnya pengecekan catatan servis bisa jadi patokan apakah mobil itu terawat atau tidak. Fitur-fitur bisa juga dicek apakah berfungsi baik. Melakukan test drive tentu akan banyak membantu dalam menentukan apakah mobil tersebut berkondisi baik atau tidak.

Dari tiga varian yang ada di pasaran, Topgir merekomendasikan Honda Civic berkapasitas mesin 1.800 cc dengan transmisi otomatis. Topgir rasa sudah cukup tenaga 141 dk dan torsi 174 Nm.

Harga yang jauh lebih murah dan tenaga tidak terlalu jauh dari 2.000 cc jadi faktor untuk memilih tipe ini. Rasa fun to drive yang baik membuat mobil ini layak untuk Anda miliki yang hobi mengemudi. Desainnya yang sudah terlihat mewah masih asyik untuk dibawa ke jalan raya pada akhir pekan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel