Tips dan Panduan Membeli Honda Civic FD Bekas

Meski pajak mobil sedan identik mahal namun penjualannya tetap stabil. Terlebih ini adalah Civic, salah satu sedan ikonik Honda yang masih memiliki penggemar setia sampai kapan pun.

Rasa prestise saat mengendarai sedan memang terlihat berbeda bila dibandingkan MPV atau SUV. Honda Civic FD termasuk sedan dengan gaya sporti sehingga cocok untuk Anda yang berjiwa muda.

Tips dan Panduan Membeli Honda Civic FD Bekas

Generasi ke-8 dari Honda Civic ini memang sudah cukup berumur. Namun, soal popularitas, ia bisa disebut stabil, bahkan jauh lebih tenar dari pendahulunya yakni Honda Civic FB. Tampangnya yang sudah modern dan keren membuat pasaran mobil bekasnya tetap diburu.

Handling juga terasa mengasyikkan untuk bermanuver. Dimensi bodi yang kompak membuatnya lincah untuk dikendarai di perkotaan.

Ada dua varian yang pernah hadir di Indonesia yakni 1.800 cc i-VTEC dan 2.000 cc i-VTEC. Namun, tipe pertama yang paling laris dan banyak populasinya.

Faktor lebih hemat BBM dan tenaganya tidak terpaut jauh berbeda dibandingkan 2.000 cc menjadikannya laris. Pun harganya lebih murah sehingga biaya lainnya bisa dialihkan ke perawatan.

Selain perbedaan performa, kedua tipe tersebut juga berbeda dari fitur. Pastinya 2.000 cc mempunyai fitur lebih lengkap seperti lampu kabut, jok kulit dan sensor parkir.

Soal akomodasi juga cukup luas baik untuk pengemudi maupun penumpang. Di baris belakang penumpang mendapat cukup ruang untuk kaki dan kepala.

Sementara untuk pengemudi posisinya tergolong ideal untuk ukuran tubuh orang Indonesia. Visibilitasnya juga cukup nyaman dan luas.

Mengingat usia mobil ini sudah cukup tua, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan cek sebelum membeli bekasnya. Lebih jelasnya simak tulisan berikut..

Sejarah Honda Civic FD di Indonesia


2006: Pertama kali diluncurkan dengan perubahan yang signifikan. Mesin baru 1.800 cc i-VTEC menjadi idola konsumen Indonesia dengam performa yang mendekati mesin 2.000 cc i-VTEC tapi lebih irit.

2012: Demi menjaga eksistensinya, Honda lakukan perubahan minim (facelift). Desain eksterior dan interior membuatnya tampil lebih sporti. Meskipun secara spesifikasi mesin dan dimensi masih sama dengan generasi ke-8.

Panduan Membeli Honda Civic FD Bekas


Mesin
Usianya yang cukup tua membuat Anda harus lebih jeli ketika mengecek mesin dari Honda Civic berkode FD ini. Filter udara, filter AC, busi dan juga aki pastikan semua berfungsi normal. Lakukan test drive untuk meyakinkan bahwa kondisi mesin mobil cukup prima agar tidak keluar biaya tambahan untuk perbaikan mesin.

Kaki-kaki
Sedan umumnya digunakan untuk perkotaan dengan pemakaian rutin. Cek seluruh kaki-kakinya mulai dari suspensi, rem hingga ban. Mengingat dipakai di perkotaan cek kampas rem pastikan dalam kondisi baik. Begitu juga ban yang digunakan. Pastikan tidak aus dan masih terasa baik saat bermanuver.

Instrumen Digital
Sebagai sedan modern yang sudah menggunakan instrumen digital tentu perlu perawatan rutin. Pastikan berfungsi dengan normal. Bila ragu langsung bawa ke bengkel resmi karena biaya perbaikannya termasuk mahal.

Bahan Bakar
Meski sudah berusia lama, teknologi mesin i-VTEC yang diusung Honda sudah modern. Otomatis membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi. Minimal oktan 92 agar performa mesin tetap terjaga dan umurnya lebih panjang.

Interior
Bila Anda memburu Civic yang tipe 1.800 cc maka joknya belum menggunakan bahan kulit. Pastikan tidak ada noda yang membekas. Karena bila kotor akan sulit dibersihkan. Anda pun perlu biaya ekstra untuk membersihkan atau sekalian mengganti bahannya dengan kulit. Periksa juga plafon mobil pastikan tidak kotor akibat kaca mobil terlalu sering dibuka.

Catatan Servis
Memang mobil dengan umur tua biasanya sudah mulai sering keluar-masuk bengkel. Sebagai acuan, Anda bisa cek catatan servis di bengkel resminya. Cukup membawa ke bengkel Honda terdekat maka bisa dilihat melalui nomor rangkanya. Bila masih ada buku servisnya juga bisa Anda pastikan bahwa pemilik sebelumnya merawat dengan baik.

Tips Memilih Honda Civic FD Bekas


Populasi Honda Civic generasi ke-8 cukup banyak karena perubahannya signifikan. Saat ini usianya memang tergolong tua tetapi durabilitas mesinnya bagus. Bila berminat meminangnya bisa cek filter oli dan filter udara. Busi juga pastikan masih kondisi bagus. Karet-karet di pintu dan jendela juga cek apakah ada yang getas atau belum.

Ada dua tipe yang dijual di Indonesia yakni 1.800 cc i-VTEC dan 2.000 cc i-VTEC. Bila Anda penikmat kecepatan bisa memilih 2.000 cc, tetapi bila lebih mementingkan konsumsi bahan bakar tentu 1.800 cc pilihan yang bijak. Sementara Topgir lebih merekomendasikan 1.800 cc karena performanya masih cukup untuk perkotaan dan efisiensinya lebih baik.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel