Tips dan Panduan Membeli Honda CR-V Prestige RM Bekas

Panduan Beli Honda CR-V Prestige RM Bekas di Indonesia - Mungkin sebagian dari Anda sedang mencari Honda CRV bekas tahun 2014 ke bawah karena depresiasi harga yang cukup signifikan setelah CRV terbaru diluncurkan. Namun sebenarnya kalau Anda mau beli Honda CR-V Prestige tahun 2014. Bukan apa-apa, karena di Januari 2015 PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku APM meluncurkan versi facelift dari Honda CR-V. Termasuk tipe Prestige sebagai model termewah.

Tips Beli Honda CR-V Prestige RM Bekas di Indonesia
Honda CR-V RM

Oh ya, mengenai pilihan model sepenuhnya tergantung budget dan selera Anda. Yang pasti, CR-V Prestige lebih keren ketimbang versi di bawahnya. Tapi tidak masalah jika Anda memilih versi 2.0.

Kapasitas mesin yang lebih besar membuat versi 2.4 lebih unggul soal akselerasi. Berdasar data pengetesan Topgir, akselerasi 0-100 km/jam hanya 10,8 detik, atau lebih cepat 1,7 detik dibanding tipe 2.0. Jadi kalau Anda mengutamakan performa, maka varian 2.4 jawabannya.

Soal efisiensi BBM, jelas varian 2.0 lebih hemat. Hal ini bisa jadi pertimbangan ketika Anda mengutamakan efisiensi.

Di segmen Medium SUV, CR-V memang masih menduduki singgasana tertinggi. Bahkan Mazda CX-5 sampai Nissan X-Trail yang punya fitur mumpuni belum bisa menggoyahkan singgasana tersebut.

Selain nama besar yang disandangnya, CR-V memang jadi barometer produsen lain dalam meliris mobil-mobil SUV di segmen Medium SUV.

Dilengkapi mesin empat silinder segaris kapasitas 2.354 cc i-VTEC, mesin CR-V 2.4 tipe Prestige ini sanggup menghasilkan tenaga 190 hp dan torsi 222 Nm. Transfer tenaga masih mengandalkan transmisi otomatis konvensional 5 percepatan.

Cukup banyak ubahan dilakukan pada Honda CR-V Prestige keluaran 2015 tersebut. Salah satunya adalah penyematan sunroof serta  lampu DRL LED yang sudah disematkan menyatu dengan lampu utama. Ada juga power tailgate yang memudahkan ketika membuka pintu bagasi. Fitur baru lainnya adalah Power Tailgate untuk membuka-menutup pintu bagasi secara otomatis dengan menekan tombol di kunci mobil.

Honda CR-V juga dibekali fitur bertajuk Brake Override System. Ini adalah teknologi pengereman pintar yang memprioritaskan pengereman ketika pedal gas dan rem terinjak bersamaan. Terakhir, Emergency Stop Signal. Saat pengereman mendadak lampu hazard akan otomatis berkedip.

Interiornya pun mengalami sedikit ubahan pada saat facelift tahun 2015. Ia dilengkapi AC dengan nanoe technology yang menjadi keunggulan utama CR-V dari rivalnya. Head unit terintegrasi juga diganti dengan jenis monitor yang sudah dilengkapi sistem navigasi.

Head unit dengan monitor 7 inci kompatibel dengan berbagai format musik. Head unit dengan monitor layar sentuh ini dapat melakukan screen mirroring dengan smartphone. Head unit CR-V Prestige juga telah dipasang sistem navigasi. Kualitas suara yang dihasilkan ditingkatkan melalui penambahan speaker dan tweeter baru.

Di kabin Honda CR-V 2015 juga terdapat fitur Nanoe. Fitur ini diklaim dapat menonaktifkan bakteri yang ada di kabin. Sehingga bisa mengurangi bau yang ditimbulkan. Serta menjaga kulit tidak kering akibat lama berada di dalam ruangan ber-AC.

Rasa berkendara yang menyenangkan juga jadi salah satu alasan mengapa mobil ini cukup diminati. Akurasi sistem kemudi dengan bantingan suspensi yang berada dalam batas toleransi.

Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan dan periksa sebelum membeli CR-V bekas dengan produksi tahun 2014 ke atas? Simak pemaparan kami.

Sejarah Honda CRV di Indonesia


2000: Sebenarnya CR-V generasi pertama sudah melakukan debutnya pada tahun 1995. Kemudian dijual pertama kali di Amerika Serikat tahun 1996 lewat gelaran Chicago Auto Show. Di Indonesia, mobil ini baru dijual tahun 2000.

2002: Generasi kedua meluncur tahun 2002 di Tanah Air. Ubahan signifikan bisa dirasakan terutama dari sisi dimensi yang jauh lebih besar serta konfigurasi jok baris ketiga yang sudah menghadap ke depan. Dari sisi platform, mobil ini berbagi dengan Honda Civic generasi ketujuh yang memiliki kode RD4-RD7.

2007: Ditawarkan dengan dua pilihan mesin, CR-V generasi ketiga tersedia mesin berkapasitas 2.0 dan 2.4, begitu juga dengan pilihan transmisi manual ataupun otomatis. Desainnya pun sudah lebih bergaya dengan bentuk kurva di bagian belakang.

2012: Los Angeles International Auto Show 2011 menjadi peluncuran pertama CR-V generasi keempat. Sementara di Indonesia baru setahun kemudian tepatnya bulan September dalam gelaran Indonesia International Motor Show 2012. Ada empat varian yang diluncurkan kala itu. 2.0 M/T, 2.0 A/T, 2.4L A/T serta versi tertingginya New CR-V 2.4 Prestige.

Panduan Membeli Honda CR-V Prestige RM Bekas di Indonesia


Catatan Servis
Bisa dibilang catatan servis menjadi pedoman utama saat Anda membeli mobil dalam kondisi bekas. Sebab, perawatan rutin ke bengkel resmi menjadi indikasi Anda akan mendapat mobil yang ideal.

Fitur
Generasi keempat dari keluarga CR-V ini sudah disematkan beragam fitur untuk memanjakan penggunanya. Sebut saja tombol ECON yang menjadi ciri khas mobil-mobil Honda. Tersedia juga sunroof di bagian atap, pastikan tidak ada kebocoran dari sela-sela kaca. Karena mobil ini juga sudah menggunakan power tailgate yang mampu membuka pintu bagasi secara otomatis, pastikan kinerjanya tetap terjaga dengan cara mencoba buka tutup pintu bagasi.

Kaki-kaki
Mobil yang sudah berumur lebih dari 3 tahun ada kecenderungan bagian kaki-kaki mulai rentan mengalami penurunan performa. Steering rack hingga bagian bushing kerap rusak akibat kondisi jalan yang tidak rata meski digunakan di jalan perkotaan. Namun, bukan tidak mungkin pemilik lama keluar kota di akhir pekan dan sering melintasi jalan rusak.

Interior
Tidak jarang banyak pemilik yang suka makan atau minum di dalam mobil. Cek dengan teliti seluruh bagian interior. Mulai dari jok, kolong jok yang suka luput dari perhatian hingga ke bagian karpet dasar. Dikhawatirkan banyak kotoran bekas makanan karena kebiasaan pemilik sebelumnya.

Saringan AC
Walau sering dianggap angin lalu, tapi biasanya pemilik lama suka lupa mengganti saringan AC. Padahal perannya penting untuk menjaga udara kabin tetap segar. Ada baiknya juga Anda perhatikan ke part yang satu ini.

Tips Memilih Tipe Honda CR-V Prestige RM Bekas


Dengan harga yang tidak terpaut jauh, itulah sebabnya Topgir merekomendasikan untuk memilih tipe tertinggi yaitu Prestige. Sebab, apa yang Anda dapatkan akan lebih banyak terutama menyangkut kelengkapan fitur. Seperti sunroof, AC dengan tambahan teknologi nanoe, layar monitor head unit yang lengkap dengan sistem navigasi sampai fitur power tailgate yang mampu membuka pintu bagasi secara otomatis.

Harga Spare Parts Honda CR-V
Busi: Rp 247.000
Kampas rem depan: Rp 946.000
Kampas rem belakang: Rp 300.000
Saringan oli: Rp 40.700
Saringan udara: Rp 190.000
Sokbreker depan: Rp 1.753.400/pcs
Sokbreker belakang: Rp 1.095.600/pcs
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel