Tips dan Panduan Membeli Honda HR-V Bekas

Empat tahun lalu PT Honda Prospect Motor sukses meluncurkan Honda HR-V sebagai Compact SUV 5 penumpang yang punya gaya modern. Inilah tips cara beli Honda HR-V bekas di Indonesia.

Tips dan Panduan Membeli Honda HR-V Bekas

Ketika September 2014 diluncurkan pertama kali, Honda HR-V mendapat respons positif dari konsumen di Indonesia. Masuk dalam Compact SUV 5-seater yang saat itu lebih banyak didominasi oleh Nissan Juke.

Bila rivalnya lebih mengedepankan desain kokoh dengan banyaknya lekukan, Honda HR-V mencoba tampil bergaya dinamis dan modern.

Identitas SUV tidak ditinggalkan dengan lekukan yang membuatnya terlihat kekar. Tinggi ground clearance 185 mm juga menjadikannya leluasa untuk menjelajah berbagai medan.

Salah satu yang membuatnya tampil spesial ketika terlihat dari samping sekilas Honda HR-V adalah mobil dua pintu. Selain siluet bodi ala kupe yang ditandai garis atap belakang yang melandai ke bawah, gagang pintu belakang juga didesain menyatu dengan jendela penumpang.

Perlu diketahui bahwa Honda HR-V diambil dari basis yang sama dengan Honda Jazz. Tidak heran bila pengendaliannya mirip. Bantingan suspensi yang tidak terlalu keras tapi juga tidak terlalu lembut.

Ada dua pilihan mesin yang bisa Anda pilih yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Untuk mesin pertama mempunyai tenaga 120 dk dan torsi 145 Nm. Sementara mesin flagshipnya bertenaga 139 dk dengan torsi 269 Nm.

Fiturnya pun cukup lengkap seperti airbags dan ABS, EBD dan BA. Pada varian tertinggi bahkan Honda HR-V sudah dilengkapi hill start assist dan stabillity control.

Meski sejak peluncurannya belum ada facelift, tetapi PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan edisi spesial. Kini sejak 2 tahun lalu diluncurkan mulai beredar mobil bekasnya. Agar mendapat unit terbaik, simak apa saja yang perlu dicek.

Sejarah Honda HR-V di Indonesia


2014: Diluncurkan pada September, kemunculan Honda HR-V meramaikan pasar SUV yang sedang naik daun. Pilihan Compact SUV pun semakin bervariasi. Hadir dalam dua pilihan mesin yakni 1.500 cc dan 1.800 cc.

Meski berbagi basis dengan Honda Jazz namun fitur yang disajikan tergolong lengkap. Bahkan pada varian tertinggi telah tersedia hill start assist dan panoramic roof yang tidak dimiliki oleh Honda Jazz.

2016: PT Honda Prospect Motor meluncurkan edisi spesial dengan speaker JBL. Paket menarik untuk konsumen urban yang hobi mendengarkan musik saat perjalanan.

Selain itu juga tersedia versi Mugen yang merupakan modifikasi resmi dari Honda. Tampilannya terlihat lebih sporti dibandingkan versi standar dengan tambahan aerokit.

Panduan Membeli Honda HR-V Bekas


Catatan Servis
Sebagai mobil relatif baru yang berusia muda, catatan servis punya peran penting ketika Anda membeli mobil bekasnya. Dari sini Anda bisa melihat apakah pemilik sebelumnya merawat dengan baik mobil incaran Anda. Perawatan rutin sesuai anjuran pabrikan tentu harus dilakukan agar selain mempertahankan kondisi, juga menjaga garansi tetap berlaku.

Kaki-kaki
Pada akhir tahun 2015 sempat ada informasi keluhan dari konsumen mengenai kaki-kaki Honda HR-V yang bermasalah. Indikasinya dari bunyi kasar yang terdengar sampai dalam kabin. Memang tidak semua unit, tetapi tidak ada salahnya Anda melakukan test drive dan merasakan apakah ada gejala bermasalah pada kaki-kaki. Bila kurang yakin langsung cek ke bengkel resmi terdekat.

Jendela
Selain ada keluhan soal kaki-kaki, beberapa konsumen juga mendapati permasalahan di kaca jendela yang longgar ketika ditutup. Gejalanya bisa dirasakan ketika mobil melaju dan ada suara getaran pada jendela. Ada baiknya Anda mengecek dengan jeli khususnya pada karet jendela.

Bahan Bakar
Mesin Honda HR-V sudah modern dengan teknologi canggih. Agar mencapai tenaga optimal maka memerlukan konsumsi bahan bakar yang tepat. Pabrikan merekomendasikan bahan bakar minimal beroktan RON 92. Jika pemilik sebelumnya kerap mengisi BBM dengan oktan kurang dari ini, maka penumpukan karbon di ruang bakar sangat mungkin terjadi. Anda pun harus mengeluarkan biaya ekstra untuk pembersihan.

Interior
Umumnya pemilik mobil Honda HR-V cukup sering membawanya keluar kota. Menempuh perjalanan jauh membuat aktivitas makan dan minum dilakukan di dalam mobil. Cek dengan teliti pastikan tidak ada noda membekas. Bila perlu cek sampai ke kolong jok.

Tips Memilih Honda HR-V Bekas


Membeli mobil berusia muda seperti Honda HR-V tidak sesulit mobil-mobil usia tua. Dari catatan servis sebenarnya sudah cukup untuk memastikan apakah mobil ini dirawat secara baik atau tidak. Bila masih merasa ada yang bermasalah bisa langsung ke bengkel resmi untuk ditangani. Suspensi bisa dicek ketika melintasi jalanan rusak.

Ada dua tipe Honda HR-V yang dijual yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Perbedaan harganya cukup jauh sampai Rp 30 juta. Tetapi menurut kami mesin 1.500 cc sudah cukup bila Anda hanya menggunakan mobil di perkotaan atau keluar kota dengan infrastruktur jalan yang baik. Bila memerlukan tenaga lebih tentu 1.800 cc pilihan yang bijak.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel