Tips dan Panduan Membeli Isuzu MU-X Bekas

Panduan Membeli suzu MU-X Bekas - Salah satu kelebihan SUV Isuzu yang satu ini adalah fiturnya yang berlimpah. Hal itu bisa Anda nikmati sembari mendapatkan ketangguhan mesin diesel khas Isuzu dan kondisi mobil yang relatif segar

Inilah tips beli mobil bekas SUV Isuzu MU-X di Indonesia. Salah satu kelebihan SUV Isuzu yang satu ini adalah fiturnya yang berlimpah. Hal itu bisa Anda nikmati sembari mendapatkan ketangguhan mesin diesel khas Isuzu dan kondisi mobil yang relatif segar.

Tips dan Panduan Membeli Isuzu MU-X Bekas
Isuzu MU-X

Populasi mobil bermesin diesel, belum sebanyak mobil bermesin bensin di Indonesia. Meski begitu mobil diesel sampai saat ini punya penggemar yang loyal.

Walaupun anggapan mesin diesel berisik, asap knalpotnya hitam, tenaganya tidak segalak mesin bensin, namun teknologi modern membuat semua hal tersebut perlahan sirna.

Salah satunya mesin diesel modern yang dihadirkan Isuzu pada lini produk MU-X di Indonesia. Berkapasitas 2.499 cc 4 silinder, mobil ini telah menggunakan teknologi turbodiesel yang membuatnya mampu menghempaskan tenaga 136 dk dan torsi 320 Nm.

Turbo milik MU-X terhitung canggih karena mengandalkan teknologi turbocharger intercooled VGS (Variable Geometry System). Terbukti dari hasil pengetesan Topgir konsumsi BBM rute dalam kota mampu mencapai 14,3 km/l dan rute tol 15,6 km/l.

Sebagai SUV andalan Isuzu di Indonesia saat ini, MU-X tentu harus memberi hal yang mengejutkan kepada konsumen. Salah satu strategi jitu ialah berlimpahnya fitur yang tidak kalah seperti mobil mewah.

Sebut saja seperti smartkey, electric seat, dan AC climate control. Belum lagi layar monitor head unit berukuran 7 inci yang mampu menghubungkan smartphone dengan fitur True Mirroring. Artinya tampilan monitor akan sama seperti di layar gadget Anda.

Begitu juga fitur keamanan, Isuzu MU-X telah menyematkan fitur ESC (Electronic Stability Control) yang bertugas untuk menjaga stabilitas kendaraan saat mengalami understeer atau oversteer. Ini penting mengingat bodinya yang cukup besar sehingga tetap aman saat bermanuver.

Tak lupa fitur cruise control untuk menjaga kenyamanan pengemudi saat melaju konstan di luar kota atau di rute tol.

Meski rata-rata umur Isuzu MU-X yang berada di pasar mobil bekas baru berusia 2 tahun lebih, kondisi mobil tetap harus dicek.

Tentu agar Anda mendapat kondisi terbaik dari mobil yang menjadi pesaing dari Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Chevrolet Trailblazer, Ford Everest, Hyundai Santa Fe, dan Kia Sorento ini.

Sejarah Isuzu MU-X di Indonesia


2014: Isuzu MU-X pertama kali diluncurkan pada Agustus 2014. Selama ini Isuzu untuk pasar mobil penumpang (passenger car) hanya tersedia Panther saja. Kehadiran MU-X memberi variasi kepada konsumen dengan tampilan modern dan fitur yang berlimpah.

2016: Mei 2016, Isuzu memperkenalkan varian baru di Thailand. Paling menarik adalah varian mesin 1.900 cc diesel yang diklaim lebih irit dari mesin 2.500 cc. Meski kapasitas lebih kecil, tenaganya tergolong besar yakni 150 dk dan torsi 350 Nm. Sempat berharap hadir di Indonesia, ternyata PT Isuzu Astra Motor Indonesia pada Agustus lalu hanya meluncurkan versi penyegaran (facelift). Ubahan eksterior, interior serta tambahan fitur Hill-start Assist (HSA) dan kamera 360 menjadi pembeda dari pendahulunya.

Panduan Membeli Isuzu MU-X Bekas 


Kaki-kaki
Sebagai SUV yang mempunyai bodi besar dan ground clearance tinggi, Isuzu MU-X mampu melibas medanmedan yang lebih beragam. Bukan tidak mungkin pemilik sebelumnya menggunakannya untuk melaju di perkebunan atau pertambangan dan menggunakan Isuzu MU-X sebagai kendaraan operasional. Cek ke bengkel resmi dan pastikan seluruh komponen di kaki-kaki masih dalam kondisi baik.

Fuel Filter
Mengingat kualitas bahan bakar diesel di Indonesia masih belum merata, komponen fuel filter menjadi hal penting untuk dicek. Bila kurang mengerti soal mesin Anda bisa langsung menuju bengkel resmi. Selain itu lakukan test drive dan pastikan tidak ada asap knalpot hitam yang keluar dari lubang knalpot. Bila keluar asap hitam pembakaran tidak sempurna.

Catatan 


Usia mobil yang rata-rata 2-3 tahun, seharusnya kondisi Isuzu MU-X masih dalam keadaan sehat. Ini bisa Anda pastikan melalui catatan servisnya. Agar tidak tertipu datangi bengkel resmi untuk mengecek apakah mobil bekas Isuzu MU-X incaran Anda komponennya pernah ada yang diganti atau tidak? Selain itu juga untuk melihat apakah pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan berkala.

Eksterior
Bodinya yang besar membuat pengemudi harus ekstra hati-hati. Pastikan sekitar bodi dalam kondisi baik. Bagian bumper depan dan belakang menjadi penting karena area yang rawan terserempet mobil lain atau tembok. Selain itu kolong-kolong samping juga dipastikan tidak ada yang penyok karena mobil ini mampu melalui medan berat.

Bahan Bakar
Sebagai SUV bermesin diesel modern, seharusnya Isuzu MU-X mengonsumsi bahan bakar yang berkualitas seperti Pertamina Dex atau Shell Diesel. Meski bahan bakar ini belum merata di seluruh kota setidaknya selama Anda memilikinya dan berada di kota-kota besar, wajib diisi bahan bakar tanpa timbal tersebut.

Lampu Indikator
Fitur yang dihadirkan cukup banyak sehingga ada banyak elektrikal pada Isuzu MU-X. Bila ada salah satu fitur yang rusak termasuk pada mesin akan muncul lampu indikator ketika mobil berjalan. Lakukan test drive dan pastikan tidak ada lampu indikator menyala sepanjang perjalanan. Bila terlihat ada lampu indikator menyala, segera periksa ke bengkel resmi terdekat.

Tips Memilih Tipe Isuzu MU-X


PT Isuzu Astra Motor Indonesia hanya menghadirkan satu varian saja yakni 4x2 AT. Pilihan transmisi otomatis tentu menargetkan konsumen urban yang menyukai SUV modern dengan mesin diesel. Populasinya mungkin tidak sebanyak SUV diesel lainnya tetapi dengan fitur berlimpah mobil ini jelas masuk dalam rekomendasi Topgir.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel