Tips dan Panduan Membeli Mitsubishi Pajero Sport Bekas

Besar, tinggi, kuat, dan tangguh. Begitu kira-kira karakteristik Mitsubishi Pajero Sport. Kemampuannya menjelajah beragam medan, mulai dari naik turun gunung dan masuk keluar hutan, sampai sekadar city touring membuat Pajero Sport banyak dicintai penggemar SUV. Kemampuannya mengarungi berbagai medan membuat mobil ini banyak dilirik penggemar adventure off-road, meskipun sebenarnya masih sangat layak untuk jadi kendaraan harian di perkotaan.

Tips dan Panduan Membeli Mitsubishi Pajero Sport Bekas

Jika banyak orang yang menyebut Pajero Sport merupakan versi mobil penumpang dari Strada Triton, anggapan itu tidak salah. Pajero Sport sejatinya adalah Triton pikap yang diberi bodi. Mirip seperti hubungan antara Ford Ranger dan Everest atau Isuzu D-Max dan MU-7. Ia dibangun bukan dari platform Pajero Exceed, namun Mitsubishi tetap menerapkan sedikit DNA kesuksesan Pajero yang namanya kondang di ajang Reli Dakar dengan 7 kali kemenangan berturut-turut. Dan karena kendaraan ini merupakan mobil penumpang, maka tak lupa sentuhan kemewahan serta kenyamanan turut diperhatikan.

Awal pertama hadir, Pajero Sport meng­usung mesin diesel 2.477 cc DI‐D DOHC Common Rail Turbocharged Intercooled berdaya 135 dk pada 3.500 rpm. Namun pada perkembangannya disuntikkan pula teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang dapat meningkatkan daya namun menambah efisiensi konsumsi BBM secara keseluruhan di semua rentang rpm.
Agar tetap bisa bergaya, Mitsubishi mendesain tampilan luar Pajero Sport dengan elemen-elemen sporti. Beberapa bagian dibuat dengan menonjolkan karakter ketangguhan mobil tersebut. Sementara interior mobil hadir dengan sentuhan modern dan tambahan ornamen kayu yang terlihat mewah.

Harga baru Mitsubishi Pajero Sport memang masih cukup tinggi, karena itu banyak masyarakat yang melirik mobil bekasnya. Toh dengan usia yang belum terlalu tua, jika teliti bisa mendapatkan Pajero Sport dengan kondisi prima.

Sejarah Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia


2009 : Mitsubishi Pajero Sport ha­dir di Indonesia untuk per­tama kalinya. Saat dilun­cur­kan mobil ini memiliki pilihan penggerak 4x2 dan 4x4, dengan varian Super Exceed dan GLS. Mesin meng­gunakan kode 4D56 2.5L DI-D DOHC Common Rail Turbocharged & Intercooled.

2010 : Mitsubishi Pajero Sport GLS bertransmisi manual di­perkenalkan untuk masuk ke segmen kendaraan pertam­bangan dan perkebunan.

2011 : Di bulan Mei hadir versi Dakar dari Pajero Sport dan muncul teknologi Variable Geometry Turbo (VGT). Fungsi VGT adalah mengoptimalkan kinerja turbin untuk mencapai torsi tinggi pada kecepatan rendah dan mengeluarkan kekuatan maksimal pada kecepatan tinggi, sehingga didapat peningkatan daya menjadi 175 dk dan torsi dahsyat 350 Nm. Model ini menggunakan label baru, yakni Pajero Sport Dakar Hi-Power.

2013 : PT KTB memperkenalkan varian Limited Edition dari Pajero Sport. Dilanjutkan pada penghujung tahun, hadir Pajero Sport facelift dengan perubahan kecil pada eksterior serta interior.

Panduan Membeli Mitsubishi Pajero Sport Bekas


Mesin
Pajero Sport kerap dipakai untuk menjalankan tugas-tugas berat sebagai mobil operasional perusahaan pertambangan atau perkebunan. Karenanya perhatikan betul kondisi mesin. Periksa apakah ada rembesan oli dari celah-celah mesin dan pastikan pula perpindahan gigi transmisi masih bekerja halus dantidak ada gejala mengentak yang terlalu kasar.

Kaki-kaki
Kemampuan off-road Pajero Sport membuat mobil ini banyak diandalkan untuk aktivitas keluar-masuk hutan atau naik-turun gunung. Konsekuensinya, bagian kaki-kaki bekerja ekstra yang membuat umur pemakaian berkurang. Periksa jika ada gejala bunyi aneh dari bagian ini.

Service Record
Usianya yang belum lepas 2 tahun membuat peranan catatan perawatan di bengkel resmi jadi poin penting. Hal ini mengingat tak jarang pemilik Pajero Sport melakukan perbaikan mobilnya di bengkel non resmi. Padahal dengan adanya catatan perawatan berkala yang lengkap, maka bisa diketahui bagian mana saja dari mobil yang sudah mengalami perbaikan atau perlu diperbaiki.

Kualitas Bahan Bakar
Walau klaim produsen masih dibolehkan meminum Solar biasa, tetapi teknologi Commonrail Turbo Diesel Pajero Sport sesungguhnya membutuhkan bahan bakar berkualitas, misalnya Pertamina DEX. Efek penggunaann Solar biasa antara lain memperpendek usia pakai nosel injektor serta fuel pump.

Kondisi Eksterior
Jika mobil kerap melahap medan off-road atau adventure, perhatikan benar bagaimana kondisi eksterior mobil. Cek apakah ada bekas tabrakan, dan teliti sudut-sudut eksterior agar terhindar dari kemungkinan adanya korosi pada bagian-bagian tersembunyi.

Jok Belakang
Mitsubishi Pajero Sport memang didesain sebagai SUV tujuh penumpang dengan tiga baris tempat duduk untuk seluruh anggota keluarga Anda. Tetapi jok baris ketiga memiliki ruang yang sangat sempit sehingga hanya nyaman diisi oleh putra putri Anda.

Tips Memilih Mitsubishi Pajero Sport Bekas


Memilih mobil bekas Mitsubishi Pajero Sport perhatikan bagian luar dan dalam mobil. Mulai dari kemungkinan adanya baret, penyok, kesamaan warna cat, kerataan/kesamaan gap tiap-tiap pintu, hingga kondisi jok dan plafon. Selain itu perhatikan pula kondisi mesin harus bebas dari rembesan oli. Untuk yang transmisi otomatis, perhatikan pula kondisi transmisi, jangan sampai ada gejala mengentak berlebih. Cek juga bagian rem, kaki-kaki dan kolong mobil, apakah ada kebocoran oli/bahan bakar akibat bekas benturan dan bunyi-bunyi aneh pada kaki-kaki.

Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4x2 bertransmisi otomatis menjadi rekomendasi Topgir. Tipe ini sudah cukup mewah dengan harga yang tidak setinggi tipe Dakar. Meski masih berpenggerak 4x2 tetapi tetap bisa mengakomodir kebutuhan off-road ringan. Apalagi sistem transmisi­nya lebih praktis untuk konsumsi perkotaan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel