Tips dan Panduan Membeli Mobil Mewah Bekas

Panduan Membeli Mobil Mewah Bekas - Saat hasrat membeli mobil mewah tiba ada baiknya pahami lebih detail tentang mobil yang diincar, tidak semata pada keistimewaannya yang sarat akan gengsi.

Walaupun sudah berstatus bekas mobil premium memang selalu menggoda untuk dimiliki. Tidak sedikit konsumen yang memburunya karena dengan harga yang relatif lebih murah, calon pembeli bisa memiliki mobil mewah, nyaman, canggih sekaligus sarat gengsi.

Tentu sebelum membeli perlu dilakukan pemeriksaan secara seksama demi rasa kepuasan saat memiliki. Anda bisa memeriksa buku servis berkala, karena jika pemilik sebelumnya tak rutin melakukan perawatan tentu akan berpengaruh pada performa yang tidak optimal.

Kemudian jangan ragu untuk melakukan sesi test drive, sehingga Anda bisa menghindari biaya servis ekstra mahal jika terjadi kerusakan. Untuk biaya perawatannya setiap mobil tentu memiliki harga yang berbeda-beda tergantung merek dan tipe kendaraan.

Meski sudah tidak lagi baru, Toyota Alphard tetap menggoda untuk dimiliki Meski sudah tidak lagi baru, Toyota Alphard tetap menggoda untuk dimiliki. Di sisi lain, tidak sedikit eksekutif muda memilih BMW Seri 3 karena memiliki desain paling sporti di kelasnya. Setidaknya untuk saat ini.

Tips dan Panduan Membeli Mobil Mewah Bekas
Mobil Mewah Bekas

Perawatan Mobil Mewah Bekas 


Bila mobil bekas premium yang Anda incar contohnya BMW Seri 3 dan masih memiliki garansi BMW Servis Inclusive (BSI) tentu lebih menguntungkan. Ini bisa meringankan Anda untuk melakukan biaya perawatan. BSI merupakan program aftersales untuk kendaraan BMW berupa perawatan bebas biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, mana yang lebih dahulu.

Jika mobil bekas BMW yang dibeli masih tahun muda atau masih di bawah 60.000 km sebaiknya dibawa ke bengkel resmi, untuk pengantian beberapa spare part, seperti kampas rem dan oli biayanya gratis.

Mobil premium memang identik dengan buatan negara di Eropa, tapi di dalam negeri mobil mewah asal Jepang seperti Toyota Alphard pun tak kalah saing. Banyak orang yang meminangnya karena selain MPV yang cocok dengan kebutuhan keluarga, ia juga nyaman dikendarai.

Soal biaya servis berkalanya di dealer resmi, Toyota Alphard memiliki harga yang berbeda untuk setiap interval kilometernya. Ketika sudah menempuh jarak 10.000 km biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 1,7 jutaan, kelipatan 20.000 km mencapai Rp 1,9 jutaan, dan 40.000 km hingga Rp 2,5 jutaan.

Harga tersebut sudah mencakup biaya jasa dan penggantian spare parts seperti oli mesin, filter oli, dan gasket. Sedangkan penggantian tambah an brake fluid dan filter udara ketika sudah mencapai 40.000 km.
Sebelum membeli usahakan periksa ke bengkel atau test drive Seal klep mesin BMW 320i yang berumur memungkinkan oli masuk ruang bakar.

Kerusakan pun sulit dihindari karena pengaruh pemakaian. Untuk BMW 320i tahun 2005 hingga tahun 2012 dengan kode bodi E90 kerusakan yang biasa terjadi adalah keluar asap putih dari knalpot. Hal itu disebabkan ring piston atau seal klep di mesin bermasalah atau sudah keras yang membuat oli mesin masuk ke ruang bakar. Rusaknya seal klep biasanya terjadi ketika mobil sudah menempuh jarak 50.000-60.000 km. Selain adanya asap putih, di bibir knalpot juga terdapat jelaga.

Sedangkan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperbaikinya, Anugrah Motor BMW memasang tarif hingga Rp 4,5 jutaan, dan itu sudah berikut biaya jasa.

Lain halnya dengan Toyota Alphard. Permasalahan yang biasa terjadi pada MVP mewah Toyota itu pada kaki-kakinya. Untuk kerusakan pada kaki-kaki, sebaiknya periksa kerusakan ada dimana. Jika shock absorber depan sudah aus dan butuh penggantian biayanya sekitar Rp 4,4 jutaan.

Pajak Tahunan Mobil Mewah Bekas


Mengetahui biaya pajak yang harus dikeluarkan setiap tahunnya juga menjadi salah satu alasan orang membeli mobil bekas. Tidak sedikit orang mengeliminasi daftar mobil incaran karena mengetahui mobil yang ingin dibeli mempunyai pajak tahunan yang tinggi.

Tapi jika itu bukan persoalan untuk Anda, sebagai gambaran untuk BMW 250i tahun 2006 sekitar Rp 4,46 jutaan. Sedangkan Alphard 2.4 G tahun 2009 sekitar Rp 10,1 jutaan.

Biaya pajak tahunan juga menjadi salah satu acuan dalam membeli mobil bekas premium

Depresiasi Harga Mobil Mewah Bekas 


Dari daftar harga mobil bekas, untuk harga bekas BMW 320i E90 LCI tahun 2012 di 2018 dijual Rp 260 juta hingga 280 jutaan. Sedangkan tahun sebelumnya di 2014 ia dijual seharga Rp 425 jutaan. Ada penurunan harga sekitar 30% lebih.

Sehingga dari data tersebut kita bisa memprediksi depresiasi harga bekas jika ingin menjualnya di 2020. Dengan mengalikan selisih harga tersebut (30%) dengan harga di tahun 2018.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel