Tips dan Panduan Beli Toyota Avanza Veloz Bekas

Dominasi Toyota Avanza di segmen Compact MPV membuat PT Toyota Astra Motor menawarkan varian termewah sekaligus eksklusif. Mengusung nama Veloz perbedaannya cukup banyak dibanding varian standar

TIps dan Panduan Beli Toyota Avanza Veloz Bekas

Kiprah Toyota Avanza di dunia otomotif Tanah Air sudah sangat lama tepatnya pada tahun 2004. Kebutuhan akan Compact MPV sangat tinggi dan PT Toyota Astra Motor (TAM) mampu memenuhi permintaan konsumen di Indonesia.

Melihat persaingan yang semakin ketat, pada November 2011 TAM melakukan gebrakan dengan menghadirkan varian tertinggi, termahal dan termewah yakni Veloz. Kehadiran Veloz pun mendapat respons positif dari publik.

Desainnya yang dibuat berbeda dari varian Toyota Avanza lainnya menjadi salah satu daya tarik. Seperti pada bagian gril terlihat lebih elegan. Pada bumper depan dan belakang juga terlihat berbeda antara Avanza tipe G dengan Veloz.

Toyota Avanza Veloz mempunyai posisi kaca depan lebih maju 5 mm dan ketinggian atap bagian belakang lebih rendah 10 mm membuat coefficient of drag  membaik menjadi 0,32 dari pendahulunya 0,36. 

Pelek alloy 15 inci dan desain lampu kabut yang baru juga membuat tampilan Veloz berbeda dari varian Avanza lainnya. Bahkan TAM juga membedakan dari pilihan warnanya. Pada Veloz hanya ada empat warna yakni silver mica metallic, dark steel mica, white dan black metallic.

Interior juga dibuat berbeda seperti warnanya yang terasa lebih mewah dengan lapisan hitam dan aksen perak di beberapa panel. Sementara pada Avanza standar menggunakan paduan two tone yakni krem-hitam.

Kesan eksklusif tidak hanya tampak pada eksterior dan interior. Fitur yang disediakan oleh TAM pada Veloz tergolong lengkap. Pada fitur hiburan misalnya disediakan sistem audia 2-DIN dengan 6 speaker dan bisa diatur melalui tombol di setir (steering switch).

Begitu juga untuk fitur keselamatan, Veloz dibekali ABS dan anti kabut untuk kaca belakang agar tidak menghalangi pemandangan pengemudi ketika melihat melalui spion tengah. Tidak lupa Dual SRS Airbag yang menjadi fitur wajib untuk keamanan penumpang depan dan supir.

Soal performa, Veloz dibekali mesin berkapasitas 1.495 cc dengan tenaga mencapai 104 dk pada 6.000 rpm. Sementara torsinya cukup besar 136 Nm pada 4.400 rpm. Ada dua opsi yang bisa dipilih konsumen untuk menyalurkan tenaga yakni manual dan otomatis.

Belakangan santer terdengar kabar Toyota Indonesia akan meluncurkan major change Avanza dengan banyak perubah­an di eksterior, interior dan mesin. Bukan tidak mungkin Avanza Veloz akan banyak beredar di pasar mobil bekas.

Sejarah Toyota Avanza Veloz di Indonesia


2011 : Setelah tujuh tahun berkiprah di otomotif nasional, PT Toyota Astra Motor memberi kejutan dengan hadirnya varian termewah dari Toyota Avanza. Berbeda dari tipe lainnya yakni Toyota Avanza E (1.3) dan G (1.3 dan 1.5), Veloz (1.5) mempunyai keistimewaan. Mulai dari desain eksterior dan interior yang berbeda hingga fitur yang lebih lengkap. PT Toyota Astra Motor pun menempatkan Veloz terpisah dari Toyota Avanza standar. Ini membuatnya terasa eksklusif.

2013 : Dua tahun berselang sejak kemunculan Toyota Avanza Veloz PT Toyota Astra Motor meluncurkan Avanza facelift. Penyegaran ini berlaku untuk semua varian Toyota Avanza termasuk Veloz. Namun bukan perubahan desain eksterior atau interior, melainkan penambahan fitur. Mulai dari tahun ini seluruh Avanza sudah mempunyai Dual SRS Airbag, rem ABS dan Driver Seatbelt Warning.

2014 : Persaingan yang ketat dengan munculnya banyak pemain baru di segmen ini membuat Toyota Indonesia melakukan penambahan varian ‘Luxury’ khusus pada Avanza Veloz. Emblem Luxury pada bagian belakang menjadi salah satu pembedanya. Di interior terlihat aksen kayu pada bagian dasbor. Monitor 10 inci untuk penumpang belakang terpasang pada plafon mobil dan sistem audio telah mempunyai konektivitas USB HUB.

Panduan Membeli Toyota Avanza Veloz Bekas


Mesin
Kehadiran Avanza Veloz sudah cukup lama. Dengan estimasi usia mobil paling tua adalah 4 tahun, biasanya muncul masalah-masalah teknis yang harus dicek ke bengkel resmi. Paling sederhana adalah cek performa mesin. Apakah akselerasi dan tenaganya masih terasa mantap atau lemot. Cek juga bagian fluida seperti oli, air radiator dan wiper. Pastikan tidak ada kebocoran.

Buku Servis
Jaringan purna jual Toyota sangat banyak baik di kota-kota besar maupun kecil. Seharusnya tidak ada alasan pemilik sebelumnya tidak melakukan servis di bengkel resmi. Cek buku servisnya apakah dilakukan servis rutin sesuai periodenya.

Interior
Toyota Avanza Veloz adalah mobil keluarga yang umumnya sering digunakan untuk perjalanan jauh misal pulang kampung atau liburan. Ketika perjalanan jauh maka ada peluang keluarga pemilik sebelumnya sering melakukan aktivitas di kabin seperti makan. Cek setiap bagian interior seperti jok, kolong jok, dasbor hingga bagasi. Pastikan masih berkondisi baik tidak ada noda dan sobek.

Kesenyapan Kabin
Pada generasi awal Veloz, cukup banyak pemilik yang mengeluhkan suara di luar mobil yang masih terdengar di kabin. Ini bisa menganggu kenyamanan Anda selama perjalanan. Salah satu solusinya ialah meng-up grade kesenyapan kabin ke bengkel spesialis interior.

Rem Depan
Meski menjadi model flagship dari Avanza, para pemilik Veloz menyayangkan Toyota masih menggunakan piringan solid bukan cakran berventilasi. Padahal pengereman akan lebih baik bila menggunakan cakram berventilasi. Sementara rem belakang juga masih mengadopsi teromol dan diharapkan bisa diganti dengan cakram untuk generasi berikutnya.

Tips Memilih Toyota Avanza Veloz Bekas


Sebagai salah satu tipe dari Toyota Avanza, Veloz memang terasa berbeda. Desainnya terlihat lebih elegan dan sporti. Fiturnya juga lebih lengkap. Walaupun dari sisi teknis mesin tidak berbeda dengan Toyota Avanza tipe E dan G. Mesin Avanza sudah terbukti tangguh. Cukup cek bagian-bagian cair (fluida) apakah ada kebocoran atau tidak. Selebihnya bisa cek melalui buku servis karena bisa menjadi patokan apakah pemilik sebelumnya merawat atau tidak.

Dari empat varian yang ditawarkan Toyota yakni Veloz manual, otomatis, Luxury manual, dan Luxury otomatis, Topgir lebih merekomendasikan Veloz otomatis produksi 2013. Dengan fitur yang lebih lengkap yakni Dual SRS Airbag, rem ABS dan Driver Seatbelt Warning menjadi nilai tambah terlebih fitur yang dihadirkan sudah umum digunakan zaman sekarang. Usia mobil pun masih tergolong muda karena baru diluncurkan pada 2013. Sementara perbedaan dengan Luxury otomatis tidak siginifikan sehingga sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel