Tips dan Panduan Membeli VW Touran Bekas

Segmen MPV ialah pasar yang besar, dengan jumlah peminat lebih banyak dibandingkan segmen lainnya. Jika merujuk lebih dalam lagi, segmen MPV terbagi dalam beberapa kelas, yaitu LMPV, Medium MPV dan Premium MPV. Volkswagen atau VW Touran memiliki pasar yang segmented, sehingga ia pun masuk dalam jajaran Premium MPV.

Tips dan Panduan Membeli VW Touran Bekas

Tidak hanya pabrikan Jepang yang menghadirkan sebuah MPV di tanah air, karena industri otomotif Eropa juga turut menghadirkan MPV. Tetapi ia mengambil pasar menengah-keatas jika dari harga yang disajikan.

Yup, salah satunya Volks­wagen yang menghadirkan Touran sebagai Premium MPV andalannya. Desain yang dimiliki, berkarakter khas sebagai produk dari brand Volkswagen.

Kelebihan dari Touran ialah metode pelipatan bangku yang sangat mudah dan bisa hingga rata. Otomatis berpengaruh pada akomodasi barang, yang bisa menampung lebih banyak tentunya.

Selain itu Touran juga memiliki performa mesin baik. Touran berkapasitas mesin 1.390 cc 4-silinder. Pada versi terkini, Touran telah disemati teknologi turbo yang dinamai TSI. Tenaga yang disajikan sebesar 140 dk, akselerasi 0-100 km/jam mampu mencatat 9,70 detik.

Sebenarnya Touran memiliki banyak kelebihan, namun Anda akan merasa sulit menjumpainya dipasar mobkas, karena populasinya terbatas.

Sejarah VW Touran di Indonesia


2009. Touran hadir pertama kali pada 2009. Saat itu ia menyajikan desain yang kurang aktraktif dan terkesan biasa saja. Namun bicara soal performa Touran bisa diacungkan jempol, meski memiliki bodi yang bongsor, Touran mampu mencatat waktu akselerasi 0-100 km hanya dengan 9 detik.

2011. Di tahun tersebut, Touran melakukan penyegaran pada eksterior, namun perubahannya tidak signifikan atau bisa dibilang minor change. Perubahan terlihat jelas pada bagian belakang yang sudah menggunakan lampu LED. Selain itu tidak banyak yang mengetahui, karena sektor mesin ikut melakukan revisi dengan penggunaan kopling kering (dry clutch), sedangkan pendahulunya menggunakan kopling basah (wet clutch).

Panduan Membeli VW Touran Bekas


Mesin
Mesin ialah hal yang utama ketika Anda akan meminang sebuah kendaraan. Pasalnya Touran memiliki performa yang cukup memadai, tak heran jika pemiliknya suka melakukan akselerasi dengannya. Oleh sebab itu cek kondisi mesin, jangan sampai mobil yang Anda pilih memiliki suara yang kasar.

Buku Service
Catatan service bisa dijadikan panduan, pasalnya mobil ini bukan MPV pada umumnya yang dipahami oleh bengkel umum. Bengkel resmi menjadi tempat yang pas untuk melakukan perawatan dari MPV Eropa ini. Jika mobil yang Anda pilih memiliki track record di bengkel resmi, lihat history perbaikan dari mobil tersebut.

Interior
Bagian ini juga turut menjadi perhatian, karena jika ada kerusakan, akan amat susah untuk melakukan perbaikan. Pastikan kondisi interior masih terlihat rapih dan bersih.

Kaki-kaki
Karena bobatnya yang cukup berat dan infrastruktur di Jakarta masih dalam tahap pengembangan, kaki-kaki Touran pun turut menjadi perhatian. Biasanya Touran sering melakukan penggantian part axial bearing. Part itu berada di atas sokbreker yang menopang dengan bodi mobil. Ciri-cirinya, akan terdengar bunyi ketika sokbreker bekerja.

Turbo
Cek juga kondisi turbo, karena bagian ini, ialah pendukung agar Touran tetep memiliki tenaga maksimal. Perhatikan suara dari turbo, jika turbo terdengar berisik jangan ambil resiko untuk meminang mobil tersebut.

Tips Memilih VW Touran Bekas


Touran sebuah MPV Eropa yang memiliki kelebihan soal performa dan kenyamanan. Sehingga layak dijadikan sebuah transporter ke­luarga. Pastikan Touran yang Anda pilih selalu melakukan perawatan di bengkel resmi, jika Anda ragu langsung saja datang ke bengkel remi VW, karena sejarah dari mobil yang akan Anda beli bisa diketahui.

Dari rentan waktu kehadiran Touran di tanah air, tidak ada perbedaan yang signifikan, karena sejujurnya tidak jauh berbeda. Namun Topgir menganjurkan Anda untuk memilih Touran yang memiliki tahun pembuat­an 2011 keatas. Dengan asumsi, Touran masih memiliki umur yang muda, sehingga memungkinkan untuk tidak banyaknya perbaikan ketika Anda memilikinya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel