Tips dan Panduan Membeli Nissan March Bekas

Panduan Membeli Nissan March Bekas - Di tahun 2010, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) coba goda konsumen Indonesia, dengan menghadirkan Small Hatchback imut bernama Nissan March. March jadi andalan penggenjot penjualan Nissan di Indonesia, setelah sebelumnya di tahun 2007 mereka meluncurkan Low MPV Grand Livina.

Mengambil pendekatan yang sedikit berbeda dengan para kompetitor, Nissan March berusaha membius calon konsumennya dengan desain yang sangat imut. Nuansa membulat kuat hadir di eksterior, contohnya pada desain lampu dan bodi yang minim tarikan garis tajam.

Nuansa imut March, berlanjut hingga ke interior. Nuansa membulat hadir pada layar dan kenop pengaturan AC, hingga panel klakson di setir yang berdesain bulat. Desain imut ini memang sangat menggoda kaum muda, khususnya wanita.

Tips dan Panduan Membeli Nissan March Bekas
Nissan March

Awalnya, para engineer Nissan mencoba untuk mengoptimalkan potensi mesin 3 silinder 1.200 cc yang memiliki karakter kuat di putaran rendah. Tapi di tahun 2014, bersamaan dengan facelift yang dilakukan, NMI juga memboyong mesin 4 silinder 1.500 cc untuk ditanamkan pada engine bay Nissan March 1.5.

Bicara handling, Nissan March memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi soal kenyamanan dan kelegaan kabin, ia mampu berbicara banyak. Contohnya di soal kenyamanan, terdapat desain atap Boomerang yang mempu mereduksi suara rintik air hujan yang menerpa atap mobil. Bagasi Nissan March pun bisa dibilang paling lega di kelasnya. Berminat meminangnya? Berikut panduannya.

Sejarah Nissan March di Indonesia


2010: Tren mobil 1.200 cc di dunia membuat NMI tergoda untuk merilis Nissan March untuk pasar Indonesia. Modelnya yang khas mobil Eropa dan kenyamanan pun jadi unggulan. NMI menawarkan March dengan beberapa fitur istimewa seperti AC climate control dan airbag untuk tipe XS bertransmisi otomatis 4 percepatan. Sedangkan versi manual, diset sebagai entry level. Satu yang menarik adalah kehadiran versi Nismo. Berbekal basis dari March bertransmisi manual, ia mengalami sedikit sentuhan part Nismo di suspensi, brake pad dan knalpot. Plus decal Nismo di bodi sebagai pembeda dari model standar. Nissan March Nismo hanya dijual sebanyak 200 unit saja oleh NMI

2011: March hadir dengan versi Autech. Tipe ini merupakan flagship March lantaran ia mengambil basis dari tipe XS. Bedanya, desain bumpernya terlihat lebih sporti dengan airdam besar. Sedangkan di interior, warna dan material fabric yang digunakan berbeda dari pendahulunya.

2014: Facelift pertama dihadirkan NMI kepada March. Desain fascia cukup banyak berubah. Contohnya gril yang kini punya aksen V khas Nissan. Desain bumper depan pun berbeda. Beranjak ke belakang, lampu dan bumper baru jadi ciri pembedanya. Sementara di interior, desain kisi AC berubah dari bulat, menjadi mengotak. Desain head unit in-dash juga berubah. Yang spesial, kini tersedia Nissan March bermesin 1.500 cc yang menggendong unit HR15DE.

2017: NMI kembali menghadirkan penyegaran pada Nissan March agar tak terkesan lawas. Ubahan yang dilakukan memang tidak banyak. Di eksterior, foglamp dilungsurkan dan diganti daytime running lights LED model V yang menyamping. Di interior, head unitnya kini pakai monitor layar 7 inci yang support screen mirroring.

Panduan Membeli Nissan March Bekas 


Service Record
Perawatan rutin di bengkel resmi, akan menjamin March selalu dalam kondisi prima. Tak ada salahnya untuk memeriksa buku perawatan berkala untuk memastikan ia selalu dalam penanganan bengkel resmi. Hal ini penting, lantaran jadi syarat garansi 3 tahun dapat tetap berlaku.

Mesin
Pastikan tidak keluar asap putih di knalpot baik saat idle maupun pedal gas diinjak penuh. Bila ini terjadi, ring piston atau valve seal bisa jadi sudah apkir. Pastikan area engine bay kering tanpa leleran oli. Jika ditemukan, segera ganti gasket top set yang untuk membungkam leleran oli tersebut. Banyak ditemukan motor extra fan radiator Nissan March yang mulai lemah. Jika begitu, Anda harus menggantinya secara assy agar sistem pendinginan mesin dan AC tetap mumpuni.

Karet Bushing Arm
Nissan March dirancang tanpa menggunakan batang stabilizer di suspensi depan. Dampaknya, kondisi karet bushing arm sangat menentukan kestabilan mobil ini. Pastikan kondisinya masih baik agar handling baik dan kesenyapan bantingan suspensi bisa didapat. Ciri kerusakan dapat terdeteksi dari bunyi derit akibat komponen metal yang bergesekan, saat suspensi bekerja naik-turun.

Suara dan getaran mesin
Mesin 3 silinder yang dipakai March 1.200 punya suara cukup kasar saat putaran mesin sedang hingga tinggi. Penambahan peredam dapat sedikit membantu untuk mereduksinya. Perhatikan juga komponen engine mounting. Getaran mesin yang lebih tinggi di mesin 3 silinder, membuat komponen ini jadi bekerja ekstra.

Kaki-kaki
Nissan March, seperti mobil berpenggerak roda depan lainnya, komponen kaki-kaki khususnya di bagian depan mutlak jadi perhatian Anda. Pastikan tidak ada bunyi-bunyi abnormal saat berkendara. Lakukan uji jalan untuk memastikan kondisi kaki-kaki plus ayunan sokbreker. Segera ganti sokbreker jika ayunannya sudah berlebihan.

Tips Memilih Tipe Nissan March


Kami merekomendasikan Nissan March 1.5 AT. Berbekal mesin 4 silinder, March tipe ini tergolong lebih senyap dan minim getaran mesin. Tenaga yang lebih besar, juga membuat Anda tidak perlu menekan pedal gas dalam untuk melaju. Fiturnya pun cukup lengkap. Ada tombol Start/Stop mesin. Ada reminder unik bergambar kopi dan kalimat ‘Have A Break’ muncul setiap sekian jam mobil menyala. Ada pula reminder ulang tahun. Untuk keselamatan berkendara, ada rem ABS+EBD+BA, dual airbags, dan Vehicle Dynamic Control (VDC). Dengan transmisi otomatis, Anda tentu tidak lagi direpotkan dengan ritual injak kopling di kemacetan yang semakin parah. Soal efisiensi BBM, jangan khawatir, meski mungkin tidak sefantastis March 1.2, tapi March 1.5 sudah masuk dalam hitungan hemat bahkan untuk ukuran kelas Small Hatchback.

Harga Sparepart Nissan March


Sokbreker depan: Rp 803.550/pcs
Sokbreker belakang: Rp 442.750/pcs
Kampas rem depan: Rp 484.550
Kampas rem belakang: Rp 489.550
Filter oli: Rp 37.400
Filter udara: Rp 136.950
Busi: Rp 115.500/pcs
Link arm assy: Rp 841.500/pcs
Engine mounting: R/H Rp 914.100
Engine mounting: L/H Rp 914.650
Extra fan assy: Rp 1.142.350

Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel