Perbandingan Honda Accord vs Toyota Camry vs Mazda6 vs Nissan Teana 250 XV

Hadirnya penyegaran pada Honda Accord membuat Topgir bersemangat untuk menggelar kembali pertarungan Big Sedan. Inilah komparasi Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia.

Honda Accord vs Toyota Camry vs Mazda6 vs Nissan Teana 250 XV

Walaupun popularitasnya berkurang, bukan berarti ia tak digemari. Bagi sebagian orang, sedan masih menjadi standar tinggi untuk sebuah mobil yang nyaman digunakan sehari-hari.

Dalam rentang harga yang sama, kecenderungannya pun sedan memiliki bantingan suspensi dan kenyamanan lebih mumpuni dibanding SUV atau MPV. Begitu juga soal kesenangan berkendara yang ditawarkan.

Apalagi jika masuk ke segmen Big Sedan yang rata-rata dibanderol dengan harga di atas Rp 500 juta. Kelegaan, kemewahan kabin, dan gengsi menjadi poin utama yang membedakannya.

Sebagai pemenang pada pertarungan sebelumnya, tentu Topgir kembali menghadirkan Mazda6 2.5 A/T. Ia tak hanya menjanjikan kesenangan berkendara, tapi juga fitur yang melimpah.

Hadirnya Honda Accord 2.4L VTi-L ES terbaru disertai beberapa penyegaran fascia serta penambahan fitur, mengancam posisi 6 yang sebelumnya jumawa. Apalagi Accord terbaru kini tampil makin modern dengan lampu utama LED yang berbaris.

Topgir turut menghadirkan Toyota Camry 2.5 V A/T sebagai mobil paling populer dan memiliki citra kuat di antara lawan-lawannya. Selain kualitas produk Camry, nama besar Toyota tentu menjadi kombinasi menarik bagi konsumen di kelas ini.

Apalagi jika mengingat ia banyak digunakan oleh para pemegang tonggak kekuasaan di perusahaan besar maupun instansi pemerintahan sebagai kendaraan operasional.

Tak lupa dari kubu Nissan Topgir menghadirkan Nissan Teana 250 XV. Layaknya Mazda6 dan Honda Accord, ia juga mengandalkan satu varian saja.

Meski modelnya tidak seprogresif rival-rivalnya, tapi harus diakui Teana memiliki kenyamanan istimewa dengan bantingan suspensi lembut dan penghantaran tenaga yang halus dari transmisi CVT-nya.

Komparasi Desain Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV


Keempatnya memiliki dimensi yang cukup besar untuk sebuah sedan. Namun, Mazda6 berhasil tampil mencolok didukung kelir Red Soul andalannya dengan bahasa desain ‘Kodo’ yang sporti. Bicara soal desain ia terlihat paling dinamis jika dibandingkan ketiga rivalnya.

Meski dengan ubahan minim, Honda Accord 2.4L VTi-L ES berhasil terlihat lebih segar berkat garis lampu belakang baru. Secara garis besar desain bodinya tidak banyak berubah, hanya lampu dan grilnya yang menggunakan desain baru membuatnya tetap tampil atletis.

Toyota Camry 2.5 V masih mempertahankan karakter tampilannya yang identik dengan mobil “Bos Besar”. Tak heran ia memiliki citra ini, meski sayangnya menjadi biasa saja karena populasinya yang tergolong cukup besar di perkotaan.

Nissan Teana 250 XV dengan tampilannya yang sederhana membuat ia terkesan “low profile”. Ia memang bukan yang tercantik atau terlihat paling atletis. Namun, kesan mewah pada sedan andalan Nissan ini sangat sulit diabaikan.
Elemen pencahayaan yang dilengkapi LED dan DRL pun menggunakan desain baru. Selain itu, tertanam pula Hydrophilic Door Mirror yang terdapat pada mobil ini berfungsi mencegah embun.

Melihat ke bagian buritan, Rear Combi Lamp dirancang dengan desain baru yang punya bentuk lebih tegas serta dilengkapi LED Light Bar. Untuk kakikakinya, penggunaan pelek alloy berukuran 18 inci semakin menegaskan kesan premium Honda Accord.

Dengan Solid Wing Face, Honda Accord terlihat lebih modern. Senada dengan wajah produk Honda kebanyakan. Topgir nilai daya tarik Accord sama baiknya dengan Mazda6.

Tampilan luar Mazda6 harus diakui adalah salah satu yang paling rupawan. Bentuknya terlihat begitu berotot, mencirikan performa mobil ini yang impresif. Tapi ketika masuk ke interior, bagi Topgir ia tak lebih ciamik dari Honda Accord.

Kesan kontras terlihat begitu Anda memalingkan mata ke Teana. Tampilan eksterior dan interior Teana terlihat lebih bersahaja dibanding rival-rivalnya. Accord, Mazda6, dan Camry menawarkan tampilan luar-dalam yang terlihat modern, dinamis, dan segar. Sementara Teana tetap bertahan dengan unsur klasik yang kental.

Toyota Camry merupakan contoh era baru desain luar produk Toyota. Wajahnya lebih dinamis ketimbang pendahulunya. Kian terlihat sporti. Namun seiring waktu, para kompetitornya tampil lebih memikat dan membuat Camry terlihat biasa saja saat disandingkan.

Adu Nyaman Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV


Topgir adu nyaman Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia. Mazda meramu 6 untuk mendapatkan pengendalian yang baik, oleh sebab itu set suspensi dibuat kaku. Tapi ternyata semua itu berimbas pada kenyamanan pengemudi dan penumpang yang merasakan bantingan suspensi menjadi keras saat melewati jalan rusak.

Begitu juga dengan kelapangan kabin, Mazda6 bukan lah yang terbaik dalam hal itu. Jika dibandingkan dengan rival sekelasnya ia memiliki kabin paling mungil, hingga mengurangi legroom penumpang baris kedua. Ditambah dengan posisi sandaran bangku baris kedua yang lebih tegap, membuat penumpang yang duduk kurang rileks.

Toyota Camry memang berorientasi pada penumpang. Untuk bantingan suspensi, Camry tergolong lebih empuk dari Mazda6. Walaupun pada kenyataannya, ia telah dibuat lebih kaku dari generasi sebelumnya.

Hal yang Topgir rasakan saat berkendara dengan Accord, jelas bantingan suspensi terasa lebih empuk dari Camry. Kabinnya juga terasa lebih lapang, sehingga jarak lutut penumpang belakang dengan bangku baris pertama tetap terjaga.

Nissan terlihat fokus dengan kenyamanan pengemudi dan penumpang. Jok dengan busa yang empuk dan bantingan suspensi paling luwes di antara kontestan Road Test, membuatnya unggul dalam hal kenyamanan.

Penggunaan transmisi CVT di Teana turut berperan penting untuk menunjang kenyamanan. Dengan transmisi itu, pengemudi akan merasakan kenyamanan yang lebih, karena absennya entakan transmisi saat melakukan perpindahan gigi.

Komparasi Fitur Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV


Berikut adalah hasil komparasi fitur Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia. Keamanan saat berkendara merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan oleh Mazda. Sebabnya, Mazda menerapkan sistem keamanan yang begitu tinggi untuk Mazda6.

Di antaranya, Smart City Brake Support, Lane Departure Warning System, Rear Vehicle Monitoring, Emergency Stop Signal, High Beam Control, Adaptive Front Lighting System, serta tak lupa juga dilengkapi dengan ABS+EBD sebagai standar.

Beralih pada sektor fitur multimedia, Mazda6 juga dibekali dengan berbagai macam fitur yang cukup canggih dan lengkap disebut MZD Connect. Hadir dengan layar sentuh seluas 3,5 inci serta dilengkapi juga dengan 11 speaker BOSE Surround Sound yang didesain secara eksklusif. Fokus pengemudi pun tetap terjaga berkat fitur Head Up Display yang informatif.

Sementara itu, Accord yang baru saja meremajakan tampilan hanya melakukan pembaruan yang terfokus pada tambahan perangkat keselamatan. Berbagai fitur Honda Sensing tersedia seperti Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Lane Keeping Assist System (LKAS).

Pada produk sebelumnya fitur Honda Sensing yang digunakan hanyalah Multi-Angle Rearview Camera seperti yang diaplikasikan juga di Honda Odyssey. Di kabinnya, penumpang juga dimanja dengan adanya fitur i-Dual Zone Auto AC serta paket kenyamanan yang terdiri dari berbagai fasiltas yang cukup mewah. Salah satu fitur yang membuatnya berbeda adalah kontrol audio di bangku belakang yang terletak di arm rest-nya.

Kelengkapan fitur yang dipadu dengan kenyamanan menjadi daya tarik terkuat dari Big Sedan Nissan ini. Apalagi Nissan Motor Indonesia menerapkan semua fitur Teana versi 3.500 cc ke mesin 2.500 cc.

Ia sudah dilengkapi dengan sunroof, audio Bose, koneksi telepon, kontrol stabilitas serta cruise control. Tapi ada beberapa fitur terbaru Teana yang tak hadir seperti radar yang mampu mendeteksi bahaya bernama Intelligent Transport System, navigasi satelit terintegrasi atau around view monitor.

Toyota Camry V pun juga tak mau ketinggalan, ia menempatkan wireless charging di konsol tengah antara penumpang depan dan pengemudi. Menandakan bahwa mobil ini memberi orientasi imbang antara pengemudi dan seluruh penumpang.

Duduk di belakang kemudi, Anda juga dimanja berbagai kemudahan. Layar informasi touchscreen berukuran 8 inci cukup jelas di pandangan. Terlebih peranti ini juga sudah didukung navigasi untuk memandu perjalanan Anda. Kontrol audio dan MID juga sudah bisa dilakukan dari setir seperti halnya kemudi Camry Hybrid. Camry V juga sudah meningkatkan peranti keselamatan. Tambahannya ialah dengan menjejali airbag samping hingga lutut.

Komparasi Performa Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV


Kelas Big Sedan memang memiliki suguhan utama kenyamanan bangku belakang. Namun, bukan berarti Anda bisa tutup mata soal performa. Pada aspek ini Mazda6 terlihat menonjol apabila merujuk pada hasil pengetesan yang telah Topgir lakukan. Terutama pada uji akselerasi.

Dibanding rivalnya, Mazda6 adalah yang terkencang. Untuk menggapai kecepatan 100 km/jam dari keadaan diam, Mazda6 hanya butuh 8,5 detik. Performa Mazda6 cukup menonjol di semua parameter.

Mesin Mazda6 masih dibekali teknologi SKYACTIV 2.498 cc 4 silinder. Tenaga dan torsi berada pada angka 187 dk dan 250 Nm. Konsumsi BBM dalam kota Mazda6 tercatat 10,8 km/l dan di tol 17,9 km/l.

Figur konsumsi BBM Accord 9,9 km/l untuk dalam kota dan 16,5 km/l tol. Figur konsumsi bahan bakarnya masih di bawah Nissan Teana. Produsen memang meracik Teana lebih hemat. Bisa dilihat dari beralihnya penggunaan mesin V6 di generasi terdahulu menjadi unit 2.488 cc 4 silinder 173 dk.

Dengan catatan konsumsi dalam kota 9,8 km/l dan tol 18,8 km/l, Teana cocok bagi konsumen yang begitu memperhitungkan efisiensi.

Walau sebenarnya untuk di dalam kota Teana tidak lebih baik dibanding Mazda6. Namun, akselerasinya terpaut tipis (0-100 km/jam Teana 8,9 detik).

Dua kontestan lain, Toyota Camry dan Honda Accord terlihat inferior dalam hal performa. Sebagai perbandingan, Honda Accord butuh 10,3 detik untuk melahap 0-100 km/jam. Soal efisiensi dalam kota tercatat angka 9,9 km/l dan 16,5 km/l pada rute tolnya.

Uji Fun To Drive Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV


Topgir lakukan uji fun to drive Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia. Dalam hal performa, Toyota terlihat memposisikan Camry berada di tengah-tengah rivalnya. Ia tidak menonjol dalam hal performa, tapi juga bukan yang terburuk di antara lainnya. Di lain sisi racikan suspensi yang pas pada Camry membuat bantingan suspensi dan pengendalian berjalan seirama.

Visibilitas yang baik memang dimiliki Honda Accord. Ditambah dengan tersedianya kamera di spion kiri yang tampil di layar monitor, membuat pengemudi mudah menjangkau blindspot. Paddle-shift pun tidak ketinggalan menambah keseruan saat berkendara dengan Accord.

Nissan Teana menjadi kandidat pada Road Test kali ini yang memiliki tenaga paling kecil, bukan berarti ia tak mampu menandingi Accord dan Camry. Terbukti dalam hal akselerasi ia lebih cepat dari keduanya. Sayang dalam hal kesenangan ia harus tunduk karena transmisi CVT dan bobot kemudi ringan yang terasa kurang akurat.

Lain halnya dengan Mazda6 yang memberikan banyak kelebihan dalam hal performa. Akselerasi paling cepat di antara yang lainnya, pun demikian ia mampu mengolah bahan bakar dengan baik. Semua tidak lepas dari teknologi SKYACTIV. Teknologi ini pun merambah hingga sasisnya, sehingga pengendalian yang tajam menjadi daya tarik besar saat Anda mengendarainya.

Uji Value For Money Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV


Topgir lakukan uji value for money Honda Accord 2.4L VTi-L ES VS Toyota Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Nissan Teana 250 XV di Indonesia. Nissan Teana menjadi mobil dengan harga paling menyenangkan. Dengan harga bekas 300 jutaan, Anda memeroleh mobil yang fokus pada kenyamanan, Nissan Teana cocok untuk Anda yang ingin selalu disupiri.

Busa empuk, kabin kedap suara dan ruang kaki lapang pada baris kedua adalah tempat yang paling pas untuk menikmati mobil ini. Transmisi CVT yang terkenal halus sebagai penerus daya pun menjadi keunggulannya

Dibanding rival, desain Nissan Teana memang bukan kesukaan banyak orang. Untuk ukuran pemakai yang berjiwa muda ia terlihat kurang menggugah. Tapi karena dibuat demi kenyamanan penumpang belakang, karakter suspensi yang lembut bisa diandalkan saat melintasi jalan bergelombang.

Masalah performa pun Teana cukup mengagumkan, ia menjadi tercepat kedua setelah Mazda6 dan menjadi yang teririt dalam torehan konsumsi BBM dengan 18,8 km/l di rute tol.

Di antara rival sekelas, Toyota Camry adalah sedan mewah yang banyak diburu pasar. Di generasi ini dengan mempertahankan jati dirinya sebagai sedan yang nyaman, ia juga tampil sporti.

Legroom yang lega hingga baris kedua mampu membuat posisi duduk Anda lebih santai dan tidak cepat jenuh saat berkendara. Meskipun performanya masih di bawah Mazda6 dan Nissan Teana, namun perlu diingat, dengan bandrol Rp 599,7 juta, pastinya Anda akan mendapatkan sebuah mobil dengan layanan aftersales yang memuaskan dan harga jual kembali yang cukup tinggi berkat citranya.

Urusan fitur Camry berjalan seimbang dengan para rivalnya, seperti cruise control, AC dual zone+climate control, sistem navigasi, keyless entry hingga pengaturan jok elektik sudah menjadi kelengkapan standar. Hanya saja untuk bantingan terasa lebih rigid dibanding generasi terdahulu demi menghasilkan pengendalian yang lebih baik. 

Honda Accord menjadi yang termahal dengan harga bekas di angka 500 jutaan. Dengan harga tersebut Anda akan mendapat tampilan segarnya, plus citra merek dengan layanan aftersales yang baik. Namun, urusan performa ia menjadi yang terbontot.

Accord tak sekadar dibuat driver oriented tapi juga menyuguhkan kenyamanan bagi penumpang baris kedua. Ciri khas Big Sedan yaitu kabin lapang juga didapat dari mobil ini. Kemudian untuk menambah keasyikan saat berkendara, Honda Accord menawarkan fitur seperti cruise control dan tuas paddle-shift di balik kemudi. Teknologi rasio setir variabel (VGR) juga membuat pengendalian Accord makin lincah.

Mengutamakan model tapi juga memiliki kualitas mesin yang mumpuni. Mazda6 menjadi tawaran yang menjanjikan. Teknologi mesin SKYACTIV-nya mampu menyuguhkan akselerasi menggembirakan tapi juga diiringi dengan konsumsi BBM yang irit.

Bantingan memang terasa kaku, tapi itu berbuah manis untuk pengendalian saat bermanuver. Cocokuntuk Anda yang berkarakter sporti baik dari sisi performa ataupun penampilan. Mazda6 juga menawarkan segudang fitur dan menjadi yang terlengkap di antara rivalnya.

Selain fitur auto start/stop, mobil ini juga dilengkapi peranti keselamatan canggih. Dibenamkan fitur Smart City Brake Support, ia sanggup mengerem otomatis sebelum terjadi benturan dengan objek lain.

Dengan harga harga bekas lebih rendah dari Accord, Anda akan memeroleh performa memuaskan dari 6, ia menjadi yang tercepat dengan 8,5 detik menuntaskan sprint 0-100 km/jam.

Kesimpulan Accord 2.4L VTi-L ES VS Camry 2.5 V A/T VS Mazda6 2.5 A/T VS Teana 250 XV A/T


Soal variannya, Toyota Camry patut berbangga hati karena ia menjadi satusatunya yang memiliki 3 tipe varian. 2.5 G AT, 2.5 V AT dan Camry Hybrid adalah beberapa pilihannya. Tidak ada perbedaan berarti soal desain eksterior dari ketiganya, yang membedakan hanyalah mesin yang digunakan Camry Hybrid.

Ia menggunakan mesin 4 silinder 2.494 cc yang menghembuskan tenaga 156 dk. Istimewanya, ia juga dibekali dengan motor listrik yang mampu melontarkan 142 dk. Mesin dan motor listriknya dapat bekerja secara bergantian pada kecepatan rendah. Namun, ia juga dapat bekerja secara simultan saat anda membutuhkan akselerasi cepat.

Mazda6, Honda Accord, dan Nissan Teana hanya memiliki satu varian saja. Tapi Mazda6 diikuti dengan pilihan warna Soul Red yang harus berbeda 3 juta dari varian standarnya.

Intinya, Setiap mobil memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, dalam pertarungan kali ini, Mazda6 tampak mendominasi untuk urusan keasyikan berkendara, performa hingga fiturnya. Ini semua berkat lontaran tenaganya yang terbilang paling besar. Hebatnya, ia juga menjadi salah satu yang paling efisien dalam mengolah bahan bakar.

Ia mutlak memenangkan pertarungan ini, apalagi mengingat ia yang paling menyenangkan untuk dikemudikan meski harus mengorbankan kenyamanan karena bantingan suspensinya yang keras. Tak hanya soal ‘rasa’, Mazda meracik 6 dengan fitur yang lengkap di segmen Big Sedan dengan harga jual yang tidak lebih mahal dari sebuah Accord di pasar mobkas.

Tentu Accord harus puas berada di posisi kedua, penyegaran pada eksteriornya tak banyak mendongkrak untuk mengalahkan Mazda6. Meski fiturnya juga terbilang cukup banyak, ia harus kalah lengkap dengan Mazda6 yang menetapkan standar cukup tinggi di pertarungan ini. Bukan berarti ia tak memiliki kelebihan, ia masih terasa lebih lembut dari Mazda6 dengan tawaran kesenangan mengemudi yang cukup baik, walaupun bukan yang paling nyaman dan paling menyenangkan untuk dikemudikan.

Posisi ketiga dan keempat ditempati oleh Toyota Camry dan Nissan Teana. Faktor utama yang menjadi penentu adalah fitur dan desain lebih modern yang melengkapi Camry.

Teana memang dijual dengan harga paling murah dan kenyamanan superior. Sayang soal desain, Ia memang berkesan paling tua dan Anda perlu jasa seorang ‘sopir’ untuk menikmati kenyamanan yang disuguhkan.


Mazda 6 

+: Akselerasi, handling, fitur, fun to drive
-: Bantingan suspensi, layanan after sales, harga 


Honda Accord 2,4L VTI-L ES 

+: Desain eksterior, visibilitas, citra merek
-: Harga, kualitas interior, performa 


Toyota Camry 2.5V AT 

+: Layanan after sales, kualitas interior, pilihan varian
-: Fitur, handling, performa 


Nissan Teana 250 XV

+: Kenyamanan, konsumsi bbm, harga
-: Desain, fun to drive, fitur
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel