Perbandingan HRV vs SX4 S-Cross vs Juke vs Trax, Mana yang Terbaik?

Inilah komparasi Suzuki SX4 S-Cross AT VS Honda HR-V 1.5 E CVT VS Nissan Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ di Indonesia. Pernah mengenyam manisnya takhta Compact SUV di Indonesia, membuat kehadiran Suzuki SX4 S-Cross patut diperhitungkan.

HRV vs SX4 S-Cross vs Juke vs Trax

Kembali Topgir menghadirkan persaingan sengit di segmen Compact SUV. Pemicunya tak lain hadirnya Suzuki SX4 S-Cross. Ia bukanlah kontestan sembarangan. Mobil ini pernah menjadi kampiun di segmen Compact SUV jauh sebelum hadirnya Nissan Juke, Honda HR-V, ataupun Chevrolet Trax.

Pertanyaannya kini, seberapa potensialkah S-Cross memberikan tantangan yang berat bagi ketiga rivalnya tersebut. Bahkan saat bicara momentum, kehadiran SCross yang terlambat, jelas merupakan catatan tersediri di saat para kontestan sudah meraup pangsa pasarnya masing-masing.

Untuk membuktikan siapa yang terbaik, Topgir menghadirkan 4 tipe andalan dari masing-masing model. Khusus Honda HR-V, Topgir memilih yang bermesin 1.500 cc karena alasan kesetaraan kapasitas mesin.

Mereka adalah Suzuki SX4 S-Cross AT, Honda HR-V 1.5 E CVT, Nissan Juke Revolt II dan juga Chevrolet Trax 1.4 LTZ.

S-Cross sendiri kembali hadir dengan perubahan yang esensial. Dimensi bodinya kini nampak lebih panjang dan lebar. Membuatnya jadi salah satu kontestan yang patut diperhitungkan jika bicara soal kenyamanan dalam hal ini kelegaan kabin.

Amunisi di jantung pacu S-Cross memang masih didukung mesin lawas berkode M15A dengan kapasitas 1.491 cc 4 silinder VVT. Potensi mesin ini tergolong setara bila dibandingkan mesin 1.500 cc yang tersemat di HR-V ataupun Juke. Sementara Trax terbilang superior karena mesin 1.364 cc 4 silindernya sudah didukung turbo.

Peluang S-Cross tidak tertutup sampai di situ. Mobil ini masih menyimpan potensi berlimpah utamanya di sisi fun to drive, fitur, hingga value for mo ney. Tapi ancaman S-Cross diyakini bisa dihadapi para rival dengan dingin.

Mengingat ketiga rival juga sudah dibekali kemampuan yang relatif setara. Berikut ketatnya perlawanan kembali yang dilontarkan S-Cross terhadap Trax, HR-V dan juga Juke.

Komparasi Desain Eksterior SX4 S-Cross AT VS HR-V 1.5 E CVT VS Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Wajah S-Cross kini terlihat lebih dinamis. Penggunaan lampu utama proyektor dengan bohlam HID jelas suguhan baru. Sementara desain lampu belakang yang terpisah justru membuatnya mirip Trax.

Honda HR-V 1.5 memang masih didukung lampu utama yang menyipit meski belum menggunakan proyektor. Namun tarikan garis tegas di sisi samping hingga belakang membuat mobil terlihat agresif.

Sementara Trax dengan dukungan pelek besar lebih menegaskan tampilan Compact SUV yang gagah. Ciri khas gril yang terbagi dua dengan desain Bow Tie serta headlamp berukuran besar jadi identitas wajahnya.

Juke khususnya di tipe Revolt tampak lebih gahar dengan sematan aerokit yang diberi imbuhan warna berbeda dengan keseluruhan bodi. Meski desainnya bukan selera banyak orang, ia tetap jadi incaran dengan garis bodi yang atraktif dari depan hingga belakang.

Bicara penampilan, keempat mobil yang diuji punya gayanya masing-masing. Topgir menilai Suzuki S-Cross memiliki penampilan yang relatif sederhana. Fascia diisi oleh dua bilah gril tebal sebagai latar belakang logo “S” yang berada di tengahnya. Sorot lampu menggunakan proyektor HID dengan lampu senja LED yang memberi kesan mewah.

Kesan macho pada desain Suzuki S-Cross muncul dari adanya skid plate warna hitam. Bisa ditemui mulai di fender depan dan berujung di buritan. Dengan begitu, penampilan Suzuki X-Cross berada di koridor yang sama dengan Chevrolet Trax.

Hanya saja, Chevrolet Trax jelas lebih ramping. Namun, tarikan garis bodi di atas setiap rodanya yang menonjol bikin mobil ini terlihat berotot. Apalagi, dengan tambahan lingkar roda 18 inci.

Sungguh berbeda apabila Anda memalingkan mata ke Honda HR-V. Desain futuristis terpancar kuat dari setiap sudut bodi. Pun dengan bentuk lampu depan yang meruncing. Calon konsumen HR-V akan dibuai oleh potongan atapnya yang melandai. Sementara sektor kaki-kakinya masih cukup proporsional dengan lingkar roda 17 inci.

Di luar semua itu, Nissan Juke Revolt menunggu Anda, konsumen yang menyukai crossover berpenampilan eksentrik. Hadir sudah cukup lama, ia tampak menawan dengan imbuhan body-kit.

Komparasi Desain Interior SX4 S-Cross AT VS HR-V 1.5 E CVT VS Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Untuk interior Topgir lebih mengapresiasi desain kabin HR-V yang driver orien ted. Selain material, penempatan tombol juga terasa pas dan jauh lebih sporti. Berbeda halnya dengan kabin S-Cross yang dibuat lebih elegan dengan sisipan soft panel di tengah dasbor. Tapi desain dasbor keseluruhan masih simpel dengan layar monitor berada di bagian tengahnya

Masuk ke dalam kabin Trax, Topgir mendapati impresi yang sedikit bertolak belakang. Joknya cukup empuk, dengan material pelapis kombinasi beledu dan kulit. Beruntung ia sudah mengadopsi beberapa perangkat modern. Paling mencolok tentunya head unit layar sentuh 7 inci layaknya smartphone. Begitu juga dengan speedometer digital dengan angka-angka yang jelas.

Tampilan futuristis juga coba diterjemahkan Juke di kabinnya. Dasbornya banyak ornamen membulat. Begitu juga dengan pengaturan beberapa fitur seperti AC dan mode berkendara. Meski semua porsinya masih dalam taraf mengasyikan.

Komparasi Fitur SX4 S-Cross AT VS HR-V 1.5 E CVT VS Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Sebagai pendatang baru, Suzuki S-Cross dibekali sejumlah fitur seperti cruise control, keyless entry, rain sensor, lampu utama HID, dan immobilizer. Sudah barang tentu terdapat pula paddle-shift untuk menghadirkan sensasi berkendara sporti.

Sebenarnya, sejumlah fitur tadi juga bisa ditemui pada rivalnya. Misalnya saja paddle-shift yang juga terdapat pada Honda HR-V. Begitu juga dengan cruise control yang diaplikasi oleh semua kontestan kecuali Juke.

Sementara itu, Honda HR-V punya tawaran kepraktisan dari fitur auto brake hold dan rem parkir elektris. Sedangkan Chevrolet Trax siap dibawa ke medan off-road ringan berkat adanya fitur Hill Descent Control. Sebuah fitur yang berfungsi mengontrol kecepatan mobil ketika menuruni jalanan curam.

Selain itu, Chevrolet Trax juga dilengkapi kamera pandang belakang. Bahkan jika kontestan lain dilengkapi atap permanen, Trax sudah punya sunroof. Fitur multimedia yang dimiliki Trax terbilang lebih lengkap. Sebut saja voice command hingga media player dengan koneksi Bluetooth.

Sedikit perbedaan ditawarkan Juke dengan suguhan mode berkendara. Jagoan Nissan itu memiliki mode berkendara Eco, Normal dan Sport. Ini fitur yang sangat menyenangkan dan tidak dimiliki oleh semua rivalnya kali ini.

Komparasi Kenyamanan Suzuki SX4 S-Cross AT VS Honda HR-V 1.5 E CVT VS Nissan Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Honda HR-V tampak memiliki manajemen ruang yang baik. Terbukti Topgir bisa menikmati ruang kabin yang terasa lega. Kabin HR-V terasa lebih panjang berkat trik Honda memangkas kontur bangku depan serta plafon di atap penumpang belakang yang berhasil menciptakan akomodasi lega.

Sementara atap yang menurun di bagian belakang juga tidak memengaruhi ruang kepala penumpang belakang yang masih terasa luas. Kelegaan kabin HR-V baru bisa disandingi saat Topgir masuk ke kabin S-Cross. Terutama kelegaan ruang kaki bagi penumpang belakang.

Memang saat duduk di balik kemudi terasa bahwa posisi duduk SX4 agak tinggi. Hal ini menjamin visibilitas yang baik saat memantau keadaan di sekitar mobil. Tidak ada masalah dengan ruang kaki dan kepala. Baik di baris depan atau bahkan di kabin belakang. Sayangnya bagi penumpang belakang, tidak tersedia ventilator AC ataupun soket 12 Volt untuk mengisi daya gadget.

Di sisi lain, Juke yang tampil paling bongsor dari luar secara mengejutkan terasa sempit di bagian kabinnya. Terlebih pada penumpang belakang dengan ruang kaki yang sangat terbatas. Namun saat diajak berjalan melewati medan yang tidak rata, bantingan suspensi Juke lebih empuk dibanding ketiga rivalnya.

Apa yang diberikan Juke sangat bertolak belakang dengan Trax. Bantingan suspensi Trax mirip dengan HR-V yang memang terasa keras. Soal kenyamanan, Chevrolet Trax ternyata juga masih memiliki pekerjaan rumah. Kabinnya tidak cukup terisolir. Terbukti dengan masih terinterupsinya kekedapan kabin oleh suara dengungan mesin.

Namun pada Trax ia sudah memberikan sensasi berbeda dengan hadirnya sunroof walau tidak mendongkrak unsur kenyamanan. Selain headroom dan legroom yang cukup memadai, pada bangku baris kedua, mobil ini sudah menyuguhkan soket 12V.

Komparasi Performa Suzuki SX4 S-Cross AT VS Honda HR-V 1.5 E CVT VS Nissan Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Chevrolet Trax menjadi satu-satunya kontestan dengan kapasitas mesin paling kecil. Namun ia justru memiliki tenaga dan torsi paling besar berkat suntikan turbo. Terbukti jika laju Trax adalah yang paling gesit. Meski bobotnya paling berat, ia bisa menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 8,9 detik.

Trax dengan tenaga besar itu juga punya catatan konsumsi BBM yang oke. Rute dalam kota diselesaikannya dengan catatan 13,2 km/l. Lalu di rute tol ia mencetak 17,5 km/l.

Berbeda dengan Honda HR-V 1.5 E CVT yang memiliki tenaga sebesar 120 dk tercatat memiliki waktu akselerasi yang sama dengan Nissan Juke meski memiliki tenaga lebih kecil, yaitu 114 dk. Hasil tes mencatat HR-V dan Juke sama-sama meraih 11,1 detik untuk berakselerasi 0-100 km/jam.

Kendati demikian Nissan Juke mampu mengolah bahan bakar lebih irit. Baik konsumsi BBM di dalam kota, maupun di tol. Buktinya konsumsi BBM di dalam kota tercatat 14,1 km/l dan tol 20 km/l. Sementara HR-V mencetak 13,7 km/l untuk rute dalam kota dan 17,6 km/l di rute tol.

Performa Suzuki SX-4 SCross? Meski ia masih mengandalkan transmisi konvensional 6 percepatan, tapi ia mampu menghasilkan konsumsi BBM 20,1 km/l saat di tol dan 13,6 km/l di dalam kota. Walaupun akselerasi 0-100 km/jam terhitung biasa saja yaitu 12,5 detik.

Komparasi Biaya Bahan Bakar Suzuki SX4 S-Cross AT, Honda HR-V 1.5 E CVT, Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT dan Nissan Juke Revolt II


Tentunya biaya bahan bakar berhubungan dengan penggunaan jenis bahan bakar dan konsumsi BBM dari mobil tersebut. Untuk memberi gambaran, Topgir menggunakan hasil pengetesan konsumsi BBM yang dilakukan di rute dalam kota untuk keempat compact SUV itu. Pasalnya compact SUV yang menyediakan kursi untuk lima orang lebih sering digunakan di perkotaan.

Jenis bahan bakar yang digunakan pun Topgir menggunakan acuan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil tersebut. Khusus untuk Chevrolet Trax karena ia menggunakan mesin turbo, ia harus menggunakan BBM dengan RON 95 ke atas. Sedangkan HR-V, Juke dan SX-4 S-Cross masih mengandalkan BBM RON 92.


Nissan Juke Revolt II
Konsumsi BBM dalam kota 14,1 km/l
Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan hingga 100.000 km = 7.092,2 liter


Honda HR-V 1.5 E CVT
Konsumsi BBM dalam kota = 13,7 km/l
Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan hingga 100.000 km = 7.299,3 liter


Suzuki SX4 S-Cross AT
Konsumsi BBM dalam kota = 13,6 km/l
Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan hingga 100.000 km = 7.352,9 liter


Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT
Konsumsi BBM dalam kota = 13,2 km/l
Jumlah bahan bakar yang dibutuhkan hingga 100.000 km = 7.575,7 liter

Komparasi Value for Money Suzuki SX4 S-Cross AT VS Honda HR-V 1.5 E CVT VS Nissan Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Di posisi paling mahal bertengger Nissan Juke Revolt dengan bandrol Rp 307,3 juta. Dengan harga ini Anda akan mendapatkan sebuah SUV dengan tampilan berbeda dari yang lain. Kesan nyentrik Compact SUV bertenaga 114 dk bahkan terasa hidup de ngan hadirnya mode berkendara yang tidak dimiliki rival lainnya.

Dengan menggelontorkan dana Rp 300,4 juta Anda dapat membawa pulang Honda HR-V dengan segala kenyamanan kabin yang ditawarkan. Mobil ini juga paling fun to drive dan memilki berbagai fitur apik. Sebuat saja hadirnya paddle-shift, auto brake hold dan rem parkir elektris.

Suguhan berbeda coba diberikan Trax. Bandrol harganya memang masih lebih murah dibanding HR-V dan Juke. Cukup dengan menggelontorkan dana Rp 296 juta, Anda akan mendapatkan satu-satunya Compact SUV bermesin turbo.

Ia juga yang merupakan kontestan paling bertenaga saat ini yang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,9 detik. Mobil ini juga menjadi pemilik fitur terlengkap di kelasnya. Sebut saja hadirnya kamera parkir, sunroof, Hill Descent Control, voice command, dan juga head unit yang sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay.

Sang penantang Suzuki SX4 S-Cross hadir menggebrak dengan suguhan harga paling bersahabat. Model pamungkas ini saja ‘hanya’ dibandrol Rp 259,9 juta. Artinya ada selisih harga Rp 36,1 juta lebih murah dari Trax. Meski begitu S-Cross bukanlah kontestan murahan.

Mobil ini menawarkan kenyamanan prima berkat dimensinya yang lega. Pun dengan tersedianya desain dan fitur yang cukup menggoda, membuat statusnya sebagai penantang jadi patut diperhitungkan.

Komparasi biaya kepemilikan Suzuki SX4 S-Cross AT VS Honda HR-V 1.5 E CVT VS Nissan Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Saat ini pabrikan mobil terlihat berlomba-lomba untuk menghadirkan produknya di segmen SUV di Indonesia. Wajar saja, karena segmen SUV membawa angin segar berdasarkan minat konsumen.

Tentu saja hal ini dijadikan peluang pabrikan mobil untuk menciptakan SUV yang mampu merebut pasar sebesarbesarnya. Termasuk di pasar Compact SUV. Bukti lainnya adalah kehadiran produk teranyar dari Suzuki, yaitu SX-4 S-Cross yang penjadi penantang baru bagi kelas Compact SUV di Indonesia.

Namun seberapa besar biaya kepemilikan compact SUV? Menarik, pasalnya di saat konsumen sudah membeli sebuah mobil, ada biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Seperti biaya bahan bakar, perawatan berkala, penggantian spare part, asuransi kendaraan dan pajak tahunan. Jadi selain harga mobil, biaya-biaya inilah yang perlu dipertimbangkan.

Topgir pun membuat patokan biaya yang harus dikeluarkan hingga 100.000 km untuk biaya konsumsi BBM dan servis berkala, sedangkan pajak kendaraan bermotor dan asuransi per tahun. Untuk mobil-mobil yang Topgir hadirkan adalah Honda HR-V, Suzuki SX-4 S-Cross, Chevrolet Trax dan Nissan Juke.

Kesimpulan SX4 S-Cross AT VS HR-V 1.5 E CVT VS Juke Revolt II VS Chevrolet Trax 1.4 LTZ


Suzuki SX4 S-Cross kembali ke percaturan Compact SUV hanya bermodalkan mesin tunggal. Ia mengusung mesin 1.491 cc 4 silinder VVT. Dari mesin tersebut ditawarkan 2 opsi pilihan transmisi baik itu otomatis 6 percepatan dan juga manual 5 percepatan.

Chevrolet Trax juga hanya mengusung satu jenis mesin. Mobil ini mengandalkan mesin ECOTEC 1.364 cc 4 silinder dengan Turbocharger yang bisa menyemburkan tenaga 140 dk. Adapun komposisi transmisinya mengusung otomatis 6 percepatan dengan mode manual di tuas persneling.

Seperti halnya S-Cross dan Trax, Nissan Juke juga hanya memiliki satu pilihan mesin. Mesin mesin 1.498 cc 4 silinder dengan tenaga 114 dk yang terhubung dengan transmisi otomatis CVT.

Sedikit lebih variatif, mesin pada Honda HR-V ada dua jenis. Pertama ada varian bermesin 1.497 cc 4 silinder dan juga varian 1.799 cc 4 silinder. Pada HR-V 1.5 S tersedia pilihan transmisi manual 6 percepatan. Sementara di tipe lain sudah mengandalkan transmisi CVT.

Kehadiran kembali Suzuki SX4 S-Cross terbukti mampu menjadi ancaman serius. Paling utama tentu di harga jualnya yang paling ramah kantung jika dibanding para rival di kelas Compact SUV.

Bekal harga tersebut juga selaras dengan dukungan pembaruan yang disuguhkannya. Jadi meskipun murah, S-Cross sudah menghadirkan berbagai fitur bernilai sebut saja hadirnya transmisi otomatis 6 percepatan dengan paddle-shift, cruise control, lampu depan HID, serta kelegaan kabin yang baik. Sayang fitur-fitur tersebut juga sudah dimiliki oleh para rival. Pun dengan desain yang tidak cukup menggugah selera.

Berbeda halnya dengan Honda HR-V. Tampang agresifnya diterjemahkan selaras dengan handling mobil yang tajam. Begitu juga dengan desain kabin yang driver oriented sehingga membuatnya jadi begitu fun to drive.

Sementara Nissan Juke, Topgir nilai sudah sepantasnya melakukan pembaruan. Tampangnya memang eksentrik dan hal ini didukung dengan hadirnya mode berkendara yang tidak dimiliki kontestan lain. Tapi sayang dalam hal kenyamanan dan harga jual yang mahal membuat langkahnya jadi sedikit terganjal.

Tempat teratas di pertarungan kali ini masih menjadi milik Chevrolet Trax. Bukan saja dukungan mesin yang paling bertenaga, ia juga terbukti unggul di soal fitur jika dibanding tiga kontestan lain.

Bahkan dengan bandrol harga di bawah Juke dan HR-V, Trax ini sudah menghadirkan Hill Descent Control, kamera parkir, sunroof, head unit canggih, hingga pelek berdiameter paling besar yakni 18 inci. Membuatnya tidak hanya terlihat tangguh tapi juga modern.


CHEVROLET TRAX 1.4 LTZ 
+: Akselerasi, fitur, value for money, model tidak pasaran, orientasi off-road
-: Desain, fun to drive, jaringan aftersales 


HONDA HR-V 1.5 E CVT 
+: Desain, interior lebih menyenangkan, fun to drive, jaringan after sales, varian
-: Harga lebih mahal, fitur sedikit di bawah Trax 


NISSAN JUKE REVOLT II 
+: Mode berkendara, desain eksterior agresif, efisiensi dalam kota, suspensi empuk
-: Model sudah terlalu lama, harga, kabin sempit 


SUZUKI SX4 S-CROSS AT
+: Harga, kelegaan kabin, bantingan sus pensi, mesin irit di rute tol
-: Desain, kesenyapan kabin, ground clearance rendah
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel