Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza, Pilih Mana?

Tidak bisa dipungkiri, Low MPV adalah jenis mobil yang memiliki volume penjualan tertinggi. Mampu mengangkut 7-penumpang dan bisa mengangkut barang bawaan yang banyak, membuat MPV menjamur di jalan raya. Dengan budget 170 jutaan lebih sedikit, Low MPV bekas apa yang layak untuk Anda bawa pulang? Nah, Topgir menawarkan 3 pilihan, yaitu Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza.

Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza

Mesin dan Konsumsi Bahan Bakar
Dari segi  mesin, Mobilio dan Avanza sama-sama memiliki kapasitas mesin 1.500. Sementara Ertiga hanya menggunakan kapasitas mesin 1.400 cc. Mobilio memiliki tenaga terbesar dengan 118 dk/6000 rpm, disusul Avanza di posisi kedua dengan 104 dk/6000 rpm. Karena memiliki kapasitas mesin terkecil, Ertiga berada di posisi buncit dengan hanya menghasilkan 95 dk/ 6000rpm.

Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota, Honda Mobilio menjadi jawara dengan hasil 14,8 km/l sedang Suzuki Ertiga di posisi kedua dengan 13,2 km/l, dan Toyota Avanza di urutan terkhir dengan 12,1 km/l.

Kenyamanan Suspensi
Dari segi kenyamanan suspensi, bantingan keras khas Honda masih melekat di Honda Mobilio. Busa jok Honda Mobilio juga cenderung tipis untuk menambah kelegaan kabin. Toyota Avanza juga cenderung memiliki bantingan suspensi yang cenderung keras karena memiliki sistem gerak roda belakang. Sistem gerak roda belakang membuatnya harus menggunakan setingan suspensi yang sedikit keras karena jika tidak, mobil akan limbung. Lain halnya dengan Suzuki Ertiga, mobil ini memiliki bantingan suspensi yang cukup empuk dan memiliki busa jok yang tebal.

Akomodasi
Dari segi akomodasi bangku baris kedua, Suzuki Ertiga tampil digdaya dengan bangku baris kedua yang bisa digeser maju-mundur dan memiliki legroom yang lega. Untuk legroom Honda Mobilio tidak lebih lega dari Suzuki Ertiga, tapi dirasa cukup. Namun, untuk headroom baris kedua, Honda Mobilio lebih tinggi dari Ertiga, cocok untuk anda yang memiliki tinggi di atas rata-rata. Posisi duduk di baris kedua Toyota Avanza terasa tinggi, sehingga memberikan kemudahan visibilitas dan nyaman di  baris tengah

Harga
Dari segi harga, Toyota Avanza memiliki harga yang paling bertahan dibandingkan kompetitornya. Maklum saja, kekuatan Avanza di segmen low MPV memang sulit digeser terutama di pasar mobil bekas. Namun jangan lupa perhatikan sebelum membeli unit yang akan dipinang. Pastikan mobil tersebut bukan bekas rental.

Kesimpulan Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga vs Toyota Avanza


Sebagai mobil yang khusus diracik untuk pasar Indonesia, Suzuki Ertiga memiliki racikan paling pas di sini. Kenyamanan, kepraktisan, dan akomodasi yang menjadi poin utama sebuah MPV, berhasil di akomodir dengan baik oleh Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga cukup nikmat dipakai setiap hari, sayang teknologi mesinnya masih kalah dari yang lain.

Bagaimana dengan Toyota Avanza? Rasanya Toyota Avanza cukup kerepotan untuk bersaing dengan para dua rivalnya. Karena memiliki sistem gerak roda belakang, racikan suspensi Toyota Avanza kurang memberikan kenyamanan berkendara.

Namun, kekurangan ini bisa ditutupi oleh nama besar Toyota yang memiliki jaringan servis yang sudah tersebar ke penjuru Indonesia. Selain memiliki harga jual bekas yang paling murah, harga jual kembalinya yang stabil, durabilitasnya Toyota Avanza juga yang sudah teruji.

Honda Mobilio sebagai pendatang baru, cukup sukses mengacaukan peta persaingan Low MPV di Indonesia. Meski memiliki basis desain interior dari Brio yang terkesan sederhana, Honda Mobilio mampu membalas dengan memiliki mesin bertenaga paling besar dan konsumsi bahan bakar yang paling irit. Honda Mobilio juga memiliki desain eksterior yang paling segar dan menarik perhatian.

Suspensinya yang sedikit keras, justru membuat Mobilio memberikan sensasi fun to drive lebih bagi anda yang suka mengemudikan sendiri. Dengan segala pertimbangan ini, nampaknya Honda Mobilio menjadi mobil Low MPV bekas dengan harga 170 jutaan yang paling layak untuk anda miliki.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel