Pilihan Hatchback Mewah Eropa Bekas Terbaik di Indonesia

Padatnya lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia membuat banyak pengguna jalan memilih mobil dengan ukuran tidak terlalu besar dan praktis. Mobil tanpa buntut pun menjamur khususnya di kota-kota besar. Dimensinya yang kompak membuatnya nyaman dikendarai sehari-hari. Dari ketiga Medium Hatchback Eropa di bawah ini siapa yang memiliki penawaran terbaik?

Pilihan Hatchback Mewah Eropa Bekas Terbaik di Indonesia

MINI COOPER S


Mengusung mesin 1.598 cc 4 silinder bertenaga 184 dk jelas membuat potensi mesin MINI Cooper S yang dicangkoki turbocharger ini langsung terasa. Pedal gas ditekan, ia pun melesat cepat. Artinya performa Cooper S bisa memenuhi hasrat pecinta Medium Hatchback kencang.

Berbeda dengan varian Cooper, kap mesin Cooper S diberi air scoop untuk menangkap udara segar untuk mendinginkan intercooler. Gril model heksagonal dan air intake di bagian bawah gril bertugas mendinginkan rem depan mempertegas karakter kencangnya tersebut.

Selain performa, kelebihan Cooper S juga mencakup pengendalian. Secara umum, ia bisa mengimbangi kualitas handling VW Golf. Sementara desain eksterior dan interior yang mempertahankan ciri khas MINI menjadi daya tariknya. Sayangnya di pasar mobil bekas, Anda harus mengeluarkan perhatian lebih untuk memburunya, karena populasinya sedikit.

Tahun: 2012-2015
Mesin: 1.598 cc 4 silinder, 184 dk
Harga: Rp 500 juta – 650 juta
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 15,3/9,2 km/l
Kapasitas Tangki : 50 liter

Keunggulan :
Desain
Tenaga mesin
Pengendalian

Kelemahan : 
Harga
Suspensi
Ruang kabin

BMW Seri-1


Dari jajaran keluarga Seri-1, BMW 116i tersedia dalam dua varian yaitu Sport Line dan Urban Line yang masing-masing memiliki gaya tersendiri.

BMW 116i dilengkapi mesin berkapasitas 1.598 cc didukung teknologi TwinPower Turbo. Alhasil mampu memproduksi tenaga 136 dk, serta torsi maksimum 220 Nm yang sudah dapat dicapai pada 1.350 rpm.

Selain layar berukuran 6,5 inci untuk memantau aktivitas iDrive, tersedia fitur lain yang tak kalah menarik. Driving Experience Control merupakan fitur terbaru dari BMW, memiliki empat mode berkendara, yaitu Eco, Comfort, Sport, serta Sport-Plus. Fitur ECO PRO bisa membantu pengemudi dalam menghemat bahan bakar.

Akan tetapi, sama seperti MINI, populasi Seri-1 di bursa mobkas bisa dibilang terbatas plus harga yang terlampau tinggi. Hal ini menjadi titik kelemahannya.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.598 cc 4 silinder, 136 dk
Harga: Rp 350 juta – 420 juta
Konsumsi BBM tol/dalam kota : 15,6/10,1 km/l
Kapasitas tangki: N/A

Keunggulan :
Desain
Konsumsi BBM
Fitur

Kelemahan : 
Harga jual
Ruang kabin

Volkswagen Golf MK VI


Anda tidak akan menyangka di balik tampilannya yang menawan, Golf Mk VI menyimpan mesin berperforma tinggi dengan banyak teknologi pendukung di dalamnya.

Golf Mk VI tak hanya mengalami pembenahan di sektor penampilan, pengembangan mesin pun dilakukan untuk meningkatkan tenaganya dengan menggabungkan turbo dengan supercharger atau TSI. Tidak hanya itu, sistem transmisi DSG sangat mendukung performanya. Sistem suspensi Golf MkVI juga ciamik dengan menerapkan Adaptive Chassis Control (ACC) untuk mengatur kekerasan suspensi.

Terlepas dari spesifikasi, Golf memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan 2 rival sekelasnya ini. Populasinya di pasar mobil bekas cukup banyak, sehingga Anda dapat memilih dengan leluasa Mk VI yang pas dengan Anda.

Dari tiga pilihan hatchback tersebut, VW Golf Mk VI menjadi pilihan paling memikat. Sebenarnya, nyaris Topgir berpindah hati kepada MINI. Tapi harga di pasar mobil bekas untuk MINI sangat tinggi, hal itu disebabkan jumlah unitnya yang terbatas. Seperti halnya BMW Seri-1. VW Golf Mk VI memiliki keungulan lebih dibandingkan dua rival sekelasnya saat ini.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.400 cc 4 silinder turbo, 160 dk
Harga: Rp 240 juta – 270 juta
Konsumsi BBM tol/dalam kota: 15,7/9,2 km/l
Kapasitas Tangki : 55 liter

Keunggulan :
Kenyamanan
Fitur
Desain

Kelemahan : 
Varian sedikit
Suspensi
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel