Pilihan Mobil Bekas Bermesin Turbo

Untuk pecinta kecepatan, memiliki mobil dilengkapi perangkat turbocharged memang sebuah tawaran yang sulit untuk ditolak, mengingat fungsinya sebagai pendongkrak performa. Apalagi perangkat tersebut dipadukan dengan mesin bensin yang secara umum memiliki tenaga responsif.

Tapi pendongkrak tenaga tersebut kini dipadu dengan mesin berkapasitas mungil. Tujuannya adalah untuk menghemat BBM namun tenaga yang dihasilkan setara dengan mesin berkapasitas besar.

Dengan kapasitas mungil, tentu sangat diuntungkan ketika mesin idle atau berada di tengah kemacetan. Kebutuhan bensin pada mesin mungil akan lebih sedikit dari mobil ber-cc besar. tapi saat memerlukan tenaga di putaran menengah hingga tinggi, maka turbocharged akan mensuplainya.

Apa saja pilihannya? Berikut beberapa mobil pilihan dengan mesin turbo berbahan bakar bensin.

Pilihan Mobil Bekas Bermesin Turbo

Volkswagen Golf GTI Mk.V

Generasi kelima seri Golf ini ketika diluncurkan pertama kali di Indonesia banyak orang yang menyu­kainya. Tidak hanya modelnya yang sporty, tapi performanya juga. Mesinnya minim gejala turbo lag. 0-100 mampu diraih dalam waktu 7 detik ketika tim Auto Bild melakukan test drive.

Mobil ini tersedia dalam varian 3-pintu dan 5-pintu. Sehingga Anda bisa menentukan sesuai kebutuhan. Varian 5-pintu memiliki kepraktisan lebih baik untuk di gunakan bersama keluarga.

Tahun: 2005
Mesin: 2.000, 4-silinder turbo, 200 dk
Harga: Rp 330 jutaan

Keunggulan :
Kemudi presisi
Minim turbo lag
Fun to drive

Kelemahan :
Minus sensor parkir
Jaringan servis

Peugeot 308


Mengadopsi model yang serupa dengan peugeot 206, 308 memiliki model yang lebih modern dan mewah. Sudut headlamp yang tajam dengan foglamp besar juga memberikan kesan agresif dan sporty.

Walaupun torsi mobil Prancis ini terasa agak lamban dikondisi ‘stop and go’, mobil ini tetap nyaman untuk dikendarai. Selain kabinnya tergolong lega, bantingan suspensinya juga lembut. Fitur ABS, EBD, 4 airbags dan brake assist juga sudah menjadi kelengkapan standar.

Tahun: 2008
Mesin: 1.598 cc 4-silinder turbo, 138 dk
Harga: Rp 200 jutaan
Keunggulan :
Handling
Bantingan suspensi lembut
Konsumsi BBM

Kelemahan :
Tenaga di putaran rendah
Jaringan serviss

Mercedes-Benz C200 CGI


Tidak salah bila Anda memilih Mercedes-Benz bila ingin meningkatkan gengsi. Selain modelnya yang mewah dan elegan, C200 mampu memberikan akselerasi yang cukup memukau. Mesinnya sudah dilengkapi dengan perangkat turbo.

Walaupun belum ada fitur smartkey, mobil Jerman ini tetap mempunyai kualitas berkendara yang menyenangkan. Kabinnya juga nyaman karena posisi duduknya ergonomis dan pengendaliannya presisi. Selain itu, jaringan servisnya luas Anda akan mudah untuk melakukan servis berkala.

Tahun: 2010
Mesin: 1.796 cc 4-silinder turbo, 184dk
Harga: Rp 400 jutaan

Keunggulan :
Akselerasi
Fun to drive
Jaringan servis

Kelemahan :
Belum smartkey
Harga termasuk mahal

BMW 535i F10

Melihat sisi luarnya saja sudah bisa memberikan impresi yang luar biasa. Mewah dan berkelas. Salah satu magnet terbesarnya adalah kapasitas mesin 3.000 cc-nya. Mesin twin power turbo-nya agresif dan seolah-olah terasa ingin terus dipacu.

Walaupun suspensi dirasa agak keras, namun ketika memasuki kabinnya Anda akan disuguhkan suasana kabin yang nyaman dan lapang. Fiturnya juga lengkap. Sebut saja seperti Dynamic Driving Control, Automatic Hold Position, dan BMW Efficient Dynamic.

Tahun: 2010
Mesin: 2.979 cc 6-silinder turbo, 306 dk
Harga: Rp 950 jutaan

Keunggulan :
Tenaga mesin
Kabin nyaman dan lapang
Model elegan

Kelemahan :
Bantingan suspensi agak keras
Konsumsi BBM

Mercedes-Benz E200 CGI


Tidak hanya pada C-Class, Mercedes-Benz juga memasangkan perangkat turbo serupa pada E-Class. Ruang kabin yang lapang sekaligus kerja suspensi yang lembut membuat penumpang merasa kian nyaman ketika berkendara.

Dengan kapasitas mesin 1.800 cc dan tenaga 184 dk, E200 tergolong asyik untuk dipacu. Image Mercy yang identik dengan mobil mewah Eropa memang sangat pas untuk meningkatkan gengsi pemiliknya.

Tahun: 2010
Mesin: 1.796 cc 4-silinder turbo, 184 dk
Harga: Rp 480 jutaan

Keunggulan :
Bantingan suspensi empuk
Kabin lapang
Image mercy

Kelemahan :
Belum ada DRL
Pengaturan setir masih manual

MINI Cooper S


Bila ingin tampil berbeda, MINI Cooper bisa Anda jadikan pilihan. Modelnya juga unik baik eksterior maupun interior, dengan teknologi racikan BMW, MINI menjadi hatchback premium dengan banyak fitur.

Disamping mempuyai respon akselerasi yang cepat, Cooper S mempunyai kemudi yang presisi. Mobil ini juga stabil berkat sitem suspensinya yang termasuk rigid. Sayang, baris kedua belum bisa dikatakan lapang untuk diduduki oleh ukuran orang dewasa.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.698 cc 4-silinder turbo, 184 dk
Harga: Rp 550 jutaan

Keunggulan :
Model unik
Fitur lengkap
Fun to drive

Kelemahan :
Bantingan suspensi keras
Baris kedua sempit

Audi A3


Merupakan saudara kembar Golf GTI. Secara visual A3 tampil dengan nuansa sporty sekaligus mewah dengan headlamp xenon. Suasana kabinnya pun serupa, jok dan kemudinya berbahan kulit. Bantingan suspensi yang dirasa agak kaku memberikan tingkat kestabilan yang mumpuni.

Sayangnya penempatan hand brake dirasa kurang ergonomis, saat diaktifkan tuasnya menyentuh arm rest. Untuk fitur, mobil Jerman ini cukup lengkap. Anti Slip Regulation (ASR), sensor parkir, padle shift dan AC climate control dual zone sudah hadir padanya.

Tahun: 2007
Mesin: 1.984 cc 4 silinder turbo, 200 dk
Harga: Rp 275 jutaan

Keunggulan :
Model sporty
Posisi duduk ergonomis
Fitur lengkap

Kelemahan :
Posisi handbrake kurang nyaman
Bantingan agak kaku
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel