Pilihan Mobil Bekas Bertorsi Besar di Indonesia

Tenaga dan torsi adalah output mesin yang memiliki kaitan erat. Keduanya merupakan hasil dari kinerja mesin, dan pencapaiannya tergantung dari banyak hal. Misalnya kapasitas, karakter, konstruksi dan material yang digunakan.

Kendati terdengar rumit, tapi jika disederhanakan, kedua komponen itu, tenaga besar atau torsi besar secara umum menghasilkan 2 karakter mesin yang berbeda.

Tenaga besar lebih memberikan karakter mesin yang enak untuk melaju kencang di kecepatan tinggi. Sementara torsi besar lebih enak untuk dipakai menghela beban berlebih. Itu sebabnya mesin diesel yang punya karakter khas bertorsi besar, lebih jamak dipakai pada kendaraan angkut seperti pikap atau SUV. Bahkan, hampir semua truk dan bis di Indonesia menggunakan mesin diesel.

Pilihan Mobil Bekas Bertorsi Besar di Indonesia

Meskipun begitu, torsi besar tak melulu tentang mengangkut beban. Dalam aplikasi pengendaraan di mobil, mulai hatchback, sedan, SUV, MPV hingga mobil sports, torsi yang besar membuat mobil terasa ‘ringan’ saat melaju di putaran rendah.

Gerak ‘stop and go’, menanjak atau overtake pun mudah dilakukan. Lalu untuk melebarkan pilihan, Topgir memberi pilihan mobil-mobil dari jenis yang beragam. Lantas berapa torsi yang termasuk besar? Memang relatif, tapi kali ini Topgir membatasinya di angka satuan minimal 350 Nm.

Mercedes-Benz E250 Coupe AMG


Dibanding versi empat pintunya, jelas E250 Coupe terlihat lebih memikat dan atraktif. Cocok untuk Anda yang berjiwa muda. Dilengkapi mode berkendara Sport, Mercy bisa memberikan pengendalian lebih lincah serta siap untuk dipacu.

Meski format kupe sedikit mengurangi kepraktisan akses masuk ke dalam kabin, ketika sudah sampai di bangku baris kedua, Anda tetap bisa duduk dengan nyaman. Legroom dan headroom-nya masih memadai untuk ukuran orang dewasa.

Pun begitu dengan kualitas kabin mewah khas Mercy lengkap dengan atap panoramik + sunroof. Sehingga selain membuat kabin terasa lebih lapang, Anda juga bisa merasakan embusan angin segar saat berkendara.

Tahun: 2014
Mesin: 1.991 cc 4 silinder turbo, 211 dk
Harga: Rp 950 juta
Torsi: 350 Nm

Keunggulan :
Desain
Interior mewah
Mode berkendara

Kelemahan
Kepraktisan
Head unit belum dilengkapi GPS

Subaru Impreza WRX STi AT


Citra sebagai mobil balap reli begitu melekat di mobil ini. Apalagi tampilannya termasuk gahar karena bentuk kap mesin yang memiliki air scoop. Soal akselerasi ia memang tidak sekencang versi manual. Akan tetapi transmisi otomatis adalah pilihan tepat jika Anda sering mengendarainya di jalan perkotaan yang identik dengan situasi jalan macet.

Meski begitu jangan ragukan kehebatannya ia tetap asyik untuk diajak berlari kencang. Dari mode berkendara Subaru Intelligent Drive, ketika mode Sport diaktifkan karakter mesin dan transmisi memiliki respons lebih sensitif. Posisi duduknya juga ergonomis karena menggunakan jok semi bucket berdesain sporti.

Tahun: 2013
Mesin: 2.457 cc 4 silinder turbo, 300 dk
Harga: Rp 450 jutaan
Torsi: 350 Nm

Keunggulan :
Citra mobil reli
Posisi mengemudi
Desain sporti

Kelemahan :
Akselerasi tak sekecang versi manual
Unit jarang ada

Hyundai H-1 CRDi


Hyundai H-1 adalah MPV yang tak bisa dianggap remeh begitu saja. Salah satu keunggulannya adalah soal daya angkut sampai 8 orang. Kemudian soal akses masuk-keluar kabin pun mudah karena menggunakan pintu geser, meski sayang pintunya gesernya yang berat itu belum bertenaga elektris.

Tapi di Indonesia pamor Hyundai masih kalah bersinar jika dibanding brand negara tetangga Jepang. Namun, bila itu tidak menjadi persoalan untuk Anda, di kelasnya, H1 bisa dikatakan salah satu MPV yang istimewa berkat torsi besarnya yang jarang dimiliki oleh para rival bermesin bensin.

Untuk memanjakan penumpang, H1 menawarkan kabin lapang dengan legroom dan headroom yang lega. Selain itu untuk bangku baris keduanya sudah menggunkan jok model captain seat yang pastinya nyaman ditumpangi.

Tahun: 2013-2014
Mesin: 2.497 cc 4 silinder turbodiesel, 170 dk
Harga: Rp 290-340 juta
Torsi: 392 Nm

Keunggulan :
Akomodasi penumpang
Kabin sangat lapang
Captain seat di baris kedua

Kelemahan :
Brand image belum kuat
Limbung,
Pintu geser tanpa elektris

Hyundai Santa Fe CRDi


SUV merupakan salah satu kelas yang banyak menawarkan performa mesin dengan torsi besar. Sehingga ketika ingin meminangnya jangan lewatkan Hyundai Santa Fe dari daftar buru Anda. Dalam kondisi diam lalu pedal gas diinjak penuh, roda bisa berdecit (spin) dengan mudah.

Memang soal pamor ia masih kalah, tapi bicara soal desain Santa Fe pun jelas tak kalah saing. Ia memiliki desain mirip kebanyakan mobil Eropa. Bahkan kabin yang lapang mampu memberikan rasa nyaman untuk bisa duduk dengan rileks.

Dan hadirnya sunroof membuat kabin terasa mewah dan lapang. Tak lupa handling akurat khas SUV bersasis monokok turut menghadirkan pengendaraan yang istimewa.

Tahun: 2013-2015
Mesin: 2.199 cc 4 silinder turbodiesel, 197 dk
Harga: Rp 310-400 juta
Torsi: 445 Nm

Keunggulan :
Desain Eropa
Kabin lapang
Fitur

Kelemahan :
Pamor
Resale value
Isu build quality

BMW X5 xDrive35i Executive


Walaupun sudah berganti model dengan desain yang semakin modern, X5 generasi ini tetap menggoda untuk dipinang. Pasalnya ia tetap terlihat gagah dan macho.

Selain itu karena dirancang dengan penggerak empat roda, lengkap dengan tenaga dan torsi besar, X5 seolah siap menemani Anda bertualang ke medan yang lebih beragam. Inilah salah satu SUV mewah di pasaran yang mampu mengombinasikan fleksibilitas SUV dengan pengendalian akurat layaknya sedan.

Tak kalah menarik adalah kelengkapan perangkat hiburan di dalam kabin. Sebagai teman perjalanan, BMW menyediakan monitor berukuran 8 inci untuk penumpang belakang.

Tahun: 2010
Mesin: 2.979 cc 6 silinder turbo, 306 dk
Harga: Rp 600 jutaan
Torsi: 400 Nm

Keunggulan :
Tampilan gagah
Penggerak AWD
Perangkat hiburan

Kelemahan :
Sudah berganti model
Konsumsi BBM

Range Rover Vogue SDV


Banyak orang yang kagum pada SUV besutan Inggris ini. Di balik desain luarnya yang tampak kalem, Range Rover Vogue justru memiliki kabin sangat mewah. Seluruh interiornya dibuat dengan rapi lengkap dengan material berkualitas.

Kabin lapang, senyap, serta diiringi bantingan suspensi yang lembut tentu dapat membuai siapapun yang menumpanginya. Dan keunggulan lainnya adalah, meski ia begitu nyaman dan pas dipakai di jalanan perkotaan, Range Rover Vogue tetap tangguh untuk bermain off-road.

Ia memiliki banyak mode offroad yang bisa disesuaikan sesuai medan jalan dan hadirnya fitur seperti hill descent control serta low range transfer case.

Tahun: 2013
Mesin: 4.367 cc V8, 339 dk
Harga: Rp 2,3 miliar
Torsi: 700 Nm

Keunggulan :
Kabin mewah
Bantingan suspensi
Kemampuan offroad

Kelemahan :
Desain moderat
Harga masih tinggi

Renault Megane RS


Di balik nama besar Renault yang terkenal di ajang dunia balap, Megane RS pun sudah memikat berkat desain bodinya yang sporti. Hal senada juga terjadi di dalam kokpit. Jok semi bucket Recaro memberikan posisi duduk menjanjikan.

Seperti kebanyakan mobil kencang, bantingan suspensi Megane RS dibuat kaku. Meski mengurangi kenyamanan, dampak positifnya membuat ia asyik dikendarai karena memiliki pengendalian yang sangat tajam.

Yang menarik meski headroom bangku baris keduanya terasa paspasan, legroom baris belakang hot hatchback ini terhitung lega, cukup untuk penumpang dewasa berselonjor.

Tahun: 2013
Mesin: 1.998 cc 4 silinder turbo, 265 dk
Harga: Rp 550 jutaan
Torsi: 360 Nm

Keunggulan :
Citra dunia balap
Desain keren
Posisi duduk ergonomis

Kelemahan :
Bantingan suspensi
Akses kabin
Hanya ada transmisi manual
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel