Pilihan Mobil Langka Bekas Anti Mainstream dan Collector Item

Berbeda dengan orang awam, membeli mobil sejatinya memang digunakan untuk mendukung kesibukan mobilitas keseharian kita. Tapi berbeda dengan orang yang kita sebut sebagai kolektor atau yang ingin tampil beda. Bila sudah menjadi incarannya, berapapun harganya mereka pasti akan menebusnya.

Beberapa faktor yang mendasarinya adalah seperti kemewahan, performa, model eksterior, teknologi, fitur, bahkan unit produksi yang terbatas menajdi salah satu alasannya.

Tidak mesti mobil keluaran tahun tua yang harus didapatkan. Populasi yang terbatas-lah yang menjadi pilihan mobil-mobil ini siap menjadi collector item. Apa saja pilihannya?

Audi TT 1.8T


Berbeda dengan kebanyakan mobil sport asal Jerman lainnya, Audi TT memiliki model yang terbilang unik. Cukup banyak orang yang terkesima dari desain ekteriornya. Citra sebagai mobil mewah dan premium juga dikuatkan dari model 2-pintunya.

Biarpun jantung penggerak mobil ini berkapasitas 1.800 cc, ia sudah cukup cepat dan asyik untuk digeber. Ia sudah dilengkapi dengan teknologi turbo, alhasil tenaga yang dihasilkan pun mampu mencapai angka 158 dk.

Tahun: 2000 - 2003
Mesin: 1.796 cc 4-silinder turbo, 158 dk
Harga: Rp 290 – 325 juta

Keunggulan :
Model unik
Fitur banyak
Mudah dukemudikan

Kelemahan :
Posisi duduk kurang ergonomis
Akselerasi

smart ForTwo


smart merupakan mobil berdimensi mungil yang lincah. Selain sanggup meliuk-liuk dijalanan perkotaan yang padat, ia juga praktis dan mudah dalam hal parkir.

Akomodasi memang bukan keunggulannya, ia hanya dapat dimasuki oleh dua orang penumpang. Menariknya mobil ini mempunyai cukup banyak fitur contohnya seperti atap panoramik, kontrol traksi, eco mode, dan keyless entry.

Tahun: 2010-2011
Mesin: 999 cc 3-silinder, 71 dk
Harga: Rp 175-180 juta

Keunggulan :
Lincah
Fitur lengkap
Atap panoramik

Kelemahan :
Bantingan suspensi keras
Akomodasi terbatas

Honda Accord 3.5 VTi-L


Dibekali teknologi rasio setir variabel, pengendalian Honda Accord terbilang presisi dan menyenangkan saat dikemudikan. Dengan varian 3.5 yang merupakan kasta tertinggi, Honda menjejalinya dengan mesin V6 sehingga tenaga yang dihasilkan pun cukup besar, mencapai 271 dk.

Ruang kabinnya juga lega baik di depan maupun belakang, Anda akan merasa betah serta nyaman. Alhasil bantingan suspensi Accord yang dirasa keras dapat terbayar lunas oleh kualitas kabin yang akomodatif.

Tahun: 2011
Mesin: 3.471 cc V6, 271 dk
Harga: Rp 380 jutaan

Keunggulan :
Fitur
Akomodasi lapang
Fun to drive

Kelemahan
Material interior
Belum ada smart key

Toyota Kijang Innova 2.7 V

Dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan Toyota Fortuner, Kijang Innova 2.7 memiliki tarikan yang paling oke. Fiturnya juga lengkap contohnya seperti multi information display, steering wheel control, dan dual airbag.

Karena diproduksi dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan varian Innova yang lain, mungkin Anda agak sulit untuk menemukannya di pasaran. Namun bila sudah mendapatkannya, kemewahan, kepraktisan dan ketangguhan mesin Toyota Fortuner ada pada mobil ini.

Tahun: 2005
Mesin: 2.694 cc 4-silinder, 160dk
Harga: Rp 170 jutaan

Keunggulan :
Tenaga besar
Fitur lengkap
Kemewahan

Kelemahan :
Konsumsi BBM boros
Varian terbatas

Hyundai Getz 3-doors


Meskipun hanya bermodelkan Compact Hatchback, yang menjadi sorotan adalah pintunya yang hanya berjumlah dua alias model kupe. Sebuah tawaran menarik bagi Anda yang ingin tampil beda dengan harga yang terjangkau.

Teknologi mesin Hyundai Getz memang biasa saja, tapi suasana kabinnya tergolong hening. Dimensinya yang tidak besar juga mendukung untuk berlalu lintas di jalanan perkotaan padat.

Tahun: 2002
Mesin: 1.345 cc 4-silinder, 97 dk
Harga: Rp 80 jutaan

Keunggulan :
Fitur
Model 2-pintu
Kabin hening

Kelemahan :
Teknologi mesin biasa
Unit jarang dipasaran

Hyundai i20 CRDi


Compact Hatchback asal Korea ini memiliki eksterior yang bagus layaknya mobil keluaran Eropa. Untuk menemani aktifitas sehari-hari i20 juga dirasa masih cocok. selain tangguh, mesin dieselnya pun tergolong efesien mengkonsumsi BBM.

Hanya saja, Hyundai i20 hanya tersedia pilihan transmisi manual. Populasi dipasaran mobil bekas juga sedikit, perlu ekstra sabar ketika ingin meminangnya. Tapi yang cukup menarik dari mobil ini adalah Ia tetap asik untuk dikendarai karena memiliki pengendalian yang mumpuni.
Tahun: 2010
Mesin: 1.396 cc 4-silinder turbo commonrail, 90 dk
Harga: Rp 140 jutaan

Keunggulan :
Fun to Drive
Akselerasi kuat
Irit BBM
Mesin diesel

Kelemahan :
Hanya ada versi manual
Populasi bekas minim

Toyota Prius


Karena menggunakan mesin hybrid, konsumsi BBM Toyota Prius terbilang efesien. Dibantu dengan tombol Power Mode, perpaduan tenaga mesin 1.800 cc dengan motor listrinya juga membuat Prius dapat beraselerasi cukup baik.

Ruang kabin baris kedua Prius cukup terbatas untuk diduduki orang dewasa, volume bagasinya juga terbilang sempit. Namun dasbor mobil ini terlihat menawan serta cukup atraktif. Pengemudi akan merasa betah dan nyaman ketika memasuki kabin dan mulai menjalankannya.

Tahun: 2006
Mesin: 1.798 cc 4-silinder+motor elektrik, 76 dk + motor elektris 76 dk)
Harga: Rp 290 jutaan

Keunggulan :
Hemat konsumsi BBM
Kabin mewah
Pengendalian

Kelemahan :
Kabin baris kedua terbatas
Bagasi sempit

Toyota Camry Hybrid


Satu lagi produk Toyota yang menngunakan mesin hybrid selain Toyota Prius. Camry Hybrid datang dengan model yang lebih elegan dan mewah cocok untuk mereka para eksekutif.

Karena sempat dipilih menjadi mobil dinas kenegaraan, Toyota Camry mempunyai kualitas kabin yang nyaman. Salah satunya didukung oleh fitur pengaturan jok elektrik. Sehingga posisi duduk menjadi lebih ergonomis. Karena beremblem hybrid, untuk perawatan mobil ini terbilang mahal, Harga jual sekennya juga masih relatif tinggi.

Tahun: 2012
Mesin: 2.493 cc 4 silinder hybrid, 156 dk + motor listrik 143 dk
Harga: Rp 600 jutaan

Keunggulan :
Konsumsi BBM
Model menarik
Kabin nyaman

Kelemahan :
Biaya perawatan mahal
Harga jual seken masih tinggi

Mazda RX-8


Sorotan utama mobil ini sebenarnya terletak pada mesin rotari-nya. Dapur pacunya mampu menjangkau angka 9.000 rmp saat dipacu. Handling-nya pun dirasa mantap. Sayang, kegaharannya tersebut harus ditebus dengan konsumsi BBM yang boros.

Dalam kondisi standar, Mazda RX-8 sudah mempunyai penampilan yang keren dan sporty. Pintu akses penumpang belakang dibuat menyatu dengan pintu depan, sehingga menyerupai model kupe. Ruang kabin lega dan mampu menampung penumpang dewasa dengan nyaman.

Tahun: 2010
Mesin: 1.306 cc rotari, 250 dk
Harga: Rp 490 jutaan
Keunggulan :
Handling mantap
Muat 4-penumpang
Mesin halus

Kelemahan :
Konsumsi BBM boros
Torsi di putaran randah

Mercedes-Benz SLK 200 Kompressor


Sama-sama mempunyai atap terbuka dengan BMW Z4, Mercedes-Benz SLK juga mempunyai tampang yag tak kalah atraktif. Bila atapnya sudah tertutup secara utuh, mobil sport Mercy ini akan terlihat manis dari berbagai arah.

Untuk ukuran kelas mobil sport, tenaga sebesar 163 dk memang dirasa tidak terlalu gahar. Tapi nilai positifnya terletak pada kabinnya. Selain elegan dari luar, mobil eksotik Mercy ini juga memiliki suasana kabin yang nyaman dan mampu mereduksi suara bising dari luar.

Tahun: 2004
Mesin: 1.796 cc 4-silinder supercharger, 163 dk
Harga: Rp 580 jutaan

Keunggulan :
Atap terbuka
Mesin halus
Desain cantik

Kelemahan :
Akselerasi
Tenaga mesin terbatas

BMW Z4 3.0


Impresinya luar biasa, dengan model atap terbuka dan kupe penampilan BMW Z4 begitu eksotis. Akan menjadi banyak sorotan orang-orang ketika Anda mengendarainya di jalanan perkotaan.

Untuk performa, tenaga hingga 231 dk merupakan magnet terbesar yang dimiliki Z4. Kegaharan mobil sport BMW ini juga didukung dengan pengendalian yang presisi. Namun, bila ingin meminangnya Anda sudah harus siap untuk biaya perawatannya yang termasuk mahal.

Tahun: 2004
Mesin: 2.998 cc 6-silinder, 231 dk
Harga: Rp 680 jutaan

Keunggulan :
Atap terbuka
Pengendalian preisi
Model sporty

Kelemahan :
Perawatan mahal
Bantingan suspensi keras
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel