Pilihan Mobil Bekas Merk VW di Indonesia

Mobil Jerman memiliki citra tinggi dalam hal kualitas, kemajuan teknologi, faktor keselamatan serta kenikmatan berkendara. Kehebatan serta ketelitian insinyur Jerman benar-benar tercermin pada produk yang dibuatnya.

Tapi harga mobil Jerman cenderung tinggi, bahkan kerap sangat mahal. Nah, di antara merek-merek Jerman yang ada di Tanah Air, VW merupakan yang paling terjangkau harganya. Tak heran mereka memiliki motto sebagai “My First German Car”.

Pilihan Mobil Bekas Merk VW di Indonesia

Bagi Anda yang menginginkan mobil Jerman dengan harga lebih terjangkau lagi, maka membeli VW bekas bisa menjadi sebuah solusi. Berikut kami pilihkan beberapa produk VW yang layak dibeli secara bekas.

VW Golf TSI MkVI


Lagi-lagi VW membuat gebrakan ketika generasi keenam Golf muncul. Sementara versi GTI-nya mirip sebelumnya, hadir tipe TSI bermesin kecil. Namun kapasitas kecil ini disokong oleh supercharger dan turbo sehingga mampu menghasilkan 160 dk.

Tenaganya beda sedikit dengan GTI, mobil ini mampu menembus 0-100 km/jam dalam 8 detik. Tapi konsumsi BBM-nya sendiri sangat irit. Itu membuat TSI menjadi tipe Golf terlaris di Indonesia. Namun ada sedikit kasus mekatronika girboks yang dilaporkan. Pastikan saja tak ada masalah transmisi, dan mestinya masih garansi.

Tahun: 2010-2012
Mesin: 1.390 cc 4-silinder, 160 dk
Harga: Rp 240-270 juta

Keunggulan :
Mesin efisien
Performa
Bantingan empuk
Transmisi DSG

Kelemahan :
Audio sederhana
Isu mekatronika
Harus oktan 95

VW Golf GTI MkV


Inilah GTI yang membawa lompatan teknologi sangat besar dibanding generasi sebelumnya. Mesinnya mampu menghasilkan 200 dk serta dibarengi girboks revo­lusioner berkopling ganda. Hasilnya GTI MkV langsung populer di saat kemunculannya.

Hingga saat ini harga jualnya masih relatif tinggi. Waspadai kondisi girboks, kaki-kaki serta AC-nya. Karena bagian-bagian itu yang kerap bermasalah bila tak dirawat dan diperlakukan benar.

Tahun: 2005-2009
Mesin: 1.998 cc 4-silinder, 200 dk
Harga: Rp 275-350 juta

Keunggulan :
Model menarik
Performa
Kepraktisan
Transmisi DSG

Kelemahan :
Bantingan agak keras
Masalah AC
Harga masih tinggi

VW Caravelle

Mendapatkan ketenarannya saat KTT Non-Blok 1994, kesuksesan Caravelle di Indonesia terus berlanjut. Meski di Eropa banyak digunakan sebagai merek komersial, Caravelle di Indonesia disulap menjadi MPV mewah lambang status.

Kualitas bantingan hebat serta akomodasi super-lega menjadi alasan lain orang memilih Caravelle. Tapi sebaiknya gunakan jasa pengemudi bila membeli mobil ini, karena pengalaman berkendara di Caravelle jauh dari mengasyikkan.

Tahun: 2005-2006
Mesin: 2.460 cc 5-silinder, 174 dk
Harga: Rp 280-340 juta

Keunggulan :
Bantingan suspensi
Transmisi DSG
Akomodasi lega
Kualitas

Kelemahan :
Posisi mengemudi
Fitur biasa saja
Manuverabilitas

VW New Beetle


New Beetle yang lahir di awal milenium seakan menjadi obat rindu penggemar VW Kodok. Bentuknya modern namun masih kental meneruskan guratan nenek moyangnya. Sesuai perkembangan zaman, tentu saja New Beetle bermesin injeksi modern dan diletakkan di depan.

Mobil ini cukup menyenangkan untuk dikendarai sendiri. Tapi bila untuk keperluan keluarga, konfigura­si 2 pintu serta kabin belakang agak sempit akan lumayan menyulitkan. Kemudian performanya biasa saja, walau pasti lebih hebat dibanding VW Kodok klasik.

Tahun: 2000-2004
Mesin: 1998 cc 4-silinder, 115 dk
Harga: Rp 190-240 juta

Keunggulan :
Bentuk menawan
Kehalusan
Ergonomis
Interior unik

Kelemahan :
Performa biasa
Belakang sempit
Kepraktisan

VW Touran

VW menyebut Touran sebagai sporty MPV. Dan itu ada benarnya, karena ketika dikendarai Touran tak terasa seperti MPV 7 penumpang. Mesin TSI dari Golf serta transmisi DSG 7-speed membuat laju Touran lincah dan efisien.

Untuk ukuran medium MPV, akomodasi Touran memang tak sebesar beberapa rivalnya, namun ia masih bisa menampung 7 orang secara baik. Kualitas bantingannya juga premium, namun fitur yang diusung mobil ini tergolong biasa saja.

Tahun: 2009-2012
Mesin: 1.390 cc 4-silinder, 140dk
Harga: Rp 185-300 juta

Keunggulan :
Kenyamanan sedan
Kepraktisan
Akomodasi
Fun to drive

Kelemahan :
Material interior
Eksterior biasa
Fitur biasa

VW Scirocco R


Scirocco R merupakan hatchback paling berperforma di antara jajaran produk lainnya. Tenaga yang dihasilkan bahkan jauh di atas Golf GTI. Selain itu ia juga dilengkapi pano­ramic sunroof yang membuatnya kian tampil keren.

Dibangung dengan basis serupa Golf Mk6, sayangnya Scirocco memiliki interior senada saudaranya. Artinya tidak menggairahkan seperti bentuk luarnya. Tapi dengan fitur lengkap serta pengendalian lebih baik, Scirocco R merupakan satu produk VW paling asyik dikendarai.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.998 cc 4-silinder, 256 dk
Harga: Rp 550-600 juta

Keunggulan :
Performa mesin
Pengendalian
Bentuk menarik
Fitur lengkap

Kelemahan :
Desain interior
Harga tinggi
Kepraktisan

VW Polo


Entry level dari VW ini berharga cukup mahal saat baru, namun lumayan terjangkau begitu dalam keadaan bekas. Bila yang Anda cari adalah performa tinggi khas mobil Jerman, maka mobil ini tidak layak jadi pilihan.

Tapi kalau tujuan Anda adalah membeli mobil rasa Eropa dengan kualitas baik dan hemat BBM, maka Polo merupakan salah satu alternatif terbaik. Ia nyaman dikendarai, bantingannya seperti mobil premium serta kualitas kabin khas VW.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.390 cc 4-si­linder, 85dk
Harga: Rp 200-230 juta

Keunggulan :
Harga terjangkau
Bantingan empuk
Kehalusan
Konsumsi BBM

Kelemahan :
Performa lemah
Kabin sempit
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel