Pilihan Mobil Bekas Terbaik untuk Mahasiswa dan Pelajar

Memilih mobkas untuk mahasiswa tidaklah sulit. Umumnya mereka membutuhkan mobil dengan beberapa kelebihan seperti tampilan keren, berdimensi kompak dan konsumsi bahan bakar irit. Berikut pilihan mobil bekas hatchback untuk mahasiswa.

Pilihan Mobil Bekas Terbaik untuk Mahasiswa dan Pelajar

Tak sedikit pelajar di perguruan tinggi yang mengandalkan mobil pribadi untuk aktivitas sehari-hari. Selain praktis dan nyaman, mobil pribadi juga lebih fleksibel untuk menghadapi padatnya waktu kuliah dan ragam kegiatan lain.

Namun tidak semua mobil cocok untuk pelajar perguruan tinggi. Umumnya mereka menginginkan mobil yang irit bahan bakar agar tidak memberatkan kantung mahasiswa.

Selain itu, mereka juga umumnya menghendaki mobil yang terlihat keren karena sesuai dengan jiwa muda yang dinamis. Tambahan lagi, sebisa mungkin dimensi mobil tersebut berukuran kompak agar lincah untuk bepergian di kepadatan kota.

Berdasarkan parameter itu, hatchback adalah jenis yang sangat familier. Tampilannya keren, mobkas pilihan kami kali ini juga mayoritas berkonsumsi bahan bakar irit. Sementara untuk dimensinya tidak terlalu besar bahkan ada beberapa di antara mereka yang masuk dalam kelas Small Hatchback.

Honda Jazz RS A/T

Di kelas hatchback kompak, Honda Jazz termasuk mobil yang mudah dijumpai. Banyak kaum muda yang menyukainya, karena selain desainnya yang sporti dan memliki pengendalian presisi sehingga asyik dikendarai.

Sayangnya meski sudah masuk di varian RS namun ia belum memiliki tombol audio di setir. Tapi kerennya dibanding dengan model yang paling baru, semua roda di Jazz RS generasi ini sudah dibekali dengan rem cakram.

Di balik dimensi bodinya yang kompak, di kabin terasa lega dan nyaman. Kepraktisan Honda Jazz juga bisa diandalkan. Dengan adanya pelipatan bangku cerdasnya, volume bagasi menjadi lebih luas dan Anda bisa menaruh barang bawaan lebih praktis dan lebih banyak berkat pelipatan bangku lantai rata.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 120 dk
Harga: Rp 170-180 juta

Keunggulan :
Model sporti
Pengendalian
Kepraktisan

Kelemahan :
Belum ada tombol audio
Bantingan suspensi

Mazda2 R A/T


Desain eksteriornya tak kalah bersaing dari Honda Jazz. Keren dengan aura sporti. Soal fitur hiburan, Mazda2 ini termasuk lengkap. Head unit selain mampu terhubung dengan gadget, sistem navigasi dan internet pun sudah terintegrasi.

Soal kenyamanan, mobil Mazda ini memang bukan yang terbaik di kelasnya. Namun, karena sistem suspensinya yang terbilang agak rigid justru membuat pengendalian Mazda2 ini menjadi asyik karena lincah. Layout dasbor yang menarik makin menguatkan citranya sebagai mobil yang didesain untuk mereka yang berjiwa muda.

Tahun: 2013
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 103 dk
Harga: Rp 165 jutaan

Keunggulan :
Fitur berlimpah
Pengendalian
Model menarik

Kelemahan :
Kabin sempit
Bantingan agak keras

Nissan March A/T


Meski masuk dalam kelas hatchback kecil, tapi Nissan March memiliki kabin selega Compact Hatchback. Kenyataannya, di model sekarang (current model) March memiliki varian bermesin 1.500 cc yang notabene merupakan kapasitas mesin mayoritas di kelas hatchback kompak.

Karena ber-legroom lega, membuat penumpang tidak cepat lelah selama perjalanan. Selain itu, untuk bantingan suspensinya pun terbilang empuk.

Sayang headrest kursi belakang menyatu dengan kursi. Dengan ketinggian yang tak bisa diatur, agak mengurangi kenyamanan saat ingin bersandar. Mesin 3-silindernya tangguh dan sangat irit, meski untuk akselerasi ia sangat jauh dari kencang.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.198 cc 3-silinder, 76 dk
Harga: Rp 105-110 juta

Keunggulan :
BBM sangat hemat
Kabin lapang
Model cantik

Kelemahan :
Akselerasi varian otomatis
Headrest kursi belakang
Limbung

Toyota Yaris A/T


Tak kalah menggodanya, Yaris juga banyak disukai lantaran mempunyai mesin yang tangguh dan irit. Sehingga dapat memberi keleluasaan soal budget transportasi mahasiswa. Pas bagi mereka yang sering melalui jalur rawan kemacetan. Selain itu dimensi bodi yang kompak juga memberi kemudahan saat ingin menyalip kendaraan lain.

Desain dasbor dengan posisi panel instrumen di tengah memang bukan kesukaan banyak orang. Akan tetapi di sisi lain berimbas positif terhadap visilibitas yang luas. Cocok untuk Anda mahasiswi yang baru saja lulus kursus mengemudi.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 109 dk
Harga: Rp 150-160 juta

Keunggulan :
Legroom
Kompartemen kabin
Jaringan Toyota

Kelemahan :
Panel instrumen tengah
Interior sederhana

Honda Brio E A/T


Bisa dibilang adik dari Honda Jazz, Brio mempunyai model yang tak kalah menarik dan sporti. Pun begitu dengan kualitas berkendara dan aspek fun to drive, sehingga banyak pelajar perguruan tinggi yang tertarik untuk meminangnya. Fitur mobil ini lengkap karena sudah dibekali foglamp, sensor parkir, rem ABS dan immobilizer.

Akomodasi baris kedua terhitung luas untuk ukuran mobil di kelasnya. Selain konsumsi BBM irit, tenaga besar membuat akselerasi Honda Brio termasuk impresif.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.339 cc 4-silinder, 100 dk
Harga: Rp 125-135 juta

Keunggulan :
Fun to drive
Konsumsi BBM
Fitur

Kelemahan :
Akomodasi sempit
Material interior
Bagasi

KIA Picanto A/T


Model menarik, dimensi kompak, dan harga tangan kedua yang cukup terjangkau menjadikan mobil ini tawaran menarik sebagai mobil pertama untuk anak kesayangan.

Mesinnya pun salah satu yang paling bertenaga untuk ukuran mobil 1.200 cc. Tak heran soal akselerasi dan efisiensi bahan bakar Picanto patut dibanggakan. Tersedianya transmisi otomatis tentu akan memudahkannya untuk dikendarai.

Citra sebagai mobil Korea memang masih kalah pamor dibanding kebanyakan mobil Jepang. Tapi dengan adanya fitur seperti foglamp, on board computer, dan sensor parkir mahasiwa pun akan dimudahkan ketika parkir di areal parkir kampus yang terbatas.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.248 cc 4-silinder, 87 dk
Harga: Rp 105-110 juta

Keunggulan :
Pengendalian
Model eksterior, akselerasi

Kelemahan :
Akomodasi
Sinyal radio
Image Korea

Suzuki Swift GX A/T


Pertama kali diluncurkan, Swift cukup mendapat respons  positif di pasar. Kerena tak kalah sporti soal desain, tidak sedikit juga anak muda yang memantapkan pilihannya pada mobil ini.

Hanya saja pamor Swift bisa dikatakan kalah saing dengan rival sekelasnya seperti Honda Jazz atau Mazda2. Namun jika itu bukan persolan, fitur mobil ini cukup memadai. Di setir sudah ada tombol audio yang memudahkan Anda untuk mendengarkan musik kesayangan sembari berkendara.

Kemudian salah satu yang menarik adalah penggunaan mesin versi terbaru berkode K14B yang serupa dengan mesin Suzuki Ertiga. Asyiknya, penurunan kapasitas yang lebih kecil 100 cc dari generasi Swift sebelumnya, tetap memberikan performa menarik tapi mampu menghemat konsumsi BBM.

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.372 cc 4-silinder, 94 dk
Harga: Rp 140-160 juta

Keunggulan :
Desain sporti
Irit BBM
Fitur

Kelemahan :
Kabin terbatas
Model tak berbeda jauh dari sebelumnya

Ford Fiesta A/T


Soal model eksterior rasanya tidak perlu diragukan lagi, ia kelihatan begitu menarik. Namun, gengsi mobil Amerika sekaligus kental akan citra mobil reli membuat Ford Fiesta begitu digandrungi ketika pertama kali diluncurkan di Indonesia.

Fiturnya lengkap. Sebut saja tombol start/stop engine, voice command dan SYNC yang memudahkan panggilan telepon sudah menjadi standar. Sayangnya dari semua kelebihan yang Ford Fiesta miliki harus terkendala soal aftersales yang membuatnya memiliki nilai depresiasi cukup tinggi.

Jika itu bukan persoalan, Fiesta memiliki pengendalian mumpuni serta sudah dilengkapi fitur keselamatan seperti rem ABS, kontrol traksi dan dual airbags.

Tahun: 2013
Mesin: 1.499 cc 4-silinder, 109 dk
Harga: Rp 160 jutaan

Keunggulan :
Fitur
Gengsi
Pengendalian

Kelemahan :
Aftersales
Tenaga mesin
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel