Pilihan Mobil Bekas Untuk Ibu Rumah Tangga (IRT)

Bagi ibu rumah tangga, memilih mobil tidak selalu tentang hal teknis. Asalkan praktis, nyaman, kompak dan memiliki model menarik bisa menjadi pilihan menggoda. Apa saja mereka? Inilah pilihan mobil bekas untuk ibu rumah tangga.

Kini mengendarai mobil untuk menunjang segala mobilitas tidak hanya didominasi kaum laki-laki. Wanita modern seperti ibu rumah tangga pun juga berada pada kondisi yang hampir sama.

Sebut saja seperti antarjemput anak sekolah, membeli kebutuhan rumah tangga ataupun untuk sekadar temu sapa dengan teman sosialita seolah sudah menjadi kebutuhan penting.

Pilihan Mobil Bekas Untuk Ibu Rumah Tangga (IRT)

Ada beberapa hal yang dianggap penting di mobil untuk memenuhi kebutuhan mobilitas ibu rumah tangga. Selain tampilannya yang cantik, mobil itu juga harus praktis dan nyaman.

Tak hanya itu, mobil bertransmisi otomatis juga umumnya lebih disukai dengan alasan lebih mudah dikendarai. Terlebih bagi mereka yang kerap melintas di kemacetan, faktor transmisi ini menjadi semakin penting.

Lalu untuk ukuran mobil, akan lebih menarik jika mobil tersebut tidak kecil namun juga tidak terlalu besar. Artinya, mampu menampung banyak barang tapi juga tidak sebesar itu agar tidak merepotkan untuk meliuk di kepadatan lalu lintas.

Honda Freed


Selain memiliki model menarik, dimensi bodinya yang tidak terlalu besar membuat Honda Freed mudah meliuk di kepadatan jalan. Posisi duduk mobil ini juga agak tinggi sehingga memberi keuntungan pada visibilitas pengendara.

Aplikasi pintu geser elektris membuat akses masuk-keluar penumpang belakang lebih mudah. Sangat memudahkan untuk ibu rumah tangga. Namun memang soal akselerasi, mobil ini bukanlah yang terbaik. Tak hanya itu, suspensinya terasa agak keras meski itu berdampak baik pada pengendaliannya.

Tahun: 2012
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 118 dk
Harga: Rp 180 jutaan

Keunggulan :
Pintu geser
7 penumpang
Model menarik

Kelemahan : 
Akselerasi
Konsumsi BBM
Suspensi agak keras

Honda Jazz RS A/T


Tidak hanya oleh kaum laki-laki, para wanita pun banyak yang terpesona oleh model eksterior Honda Jazz yang sporti. Fitur pengaturan jok Ultra Seat sangat membantu memberikan ruang lebih untuk me nampung barang belanjaan di bagasi. Jok belakang bisa dilipat untuk menghasilkan ruang kargo lantai rata.

Walaupun kemudinya belum mempunyai tombol audio, pabrikan Honda menggantinya dengan menyematkan tuas paddle-shift untuk menciptakan kesenangan dalam berkendara. Mesin Honda Jazz juga tergolong hemat dalam mengkonsumsi BBM. Namun, karena modelnya sudah berganti, membuat tampilannya terlihat usang.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 120 dk
Harga: Rp 170-180 juta

Keunggulan :
Fun to drive
Performa mesin
Akomodasi

Kelemahan : 
Fitur minim
Sudah berganti model
Harga masih tinggi

Nissan Juke

Tampil beda. Tampangnya bisa dikatakan unik. Meski bagi sebagian orang, paras uniknya ini bisa berbuah resistensi karena tidak semuanya yang menyukainya.

Nissan Juke juga banyak dilengkapi fitur. Salah satunya yaitu mode pengendaraan Normal, Sport, dan Eco sehingga kaum wanita bisa menyesuaikan dengan karakter mengemudinya. Lainnya adalah seperti Wi-Fi untuk akses internet, sensor parkir, dan on-board computer.

Ketika memasuki kabin, crossover Nissan ini akomodasinya agak terbatas. Kabin belakang Nissan Juke masih dirasa kurang lega untuk ukuran orang dewasa. Namun karena tampangnya yang sporti dan ground clearance yang tinggi cocok untuk wanita yang ingin tampil lebih percaya diri dan tidak terlalu terlihat feminin.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 114 dk
Harga: Rp 160-290 juta

Keunggulan :
Fitur
Konsumsi BBM
Ground clearance tinggi

Kelemahan : 
Akomodasi
Bagasi terbatas
Desain

Toyota Yaris S A/T


Salah satu daya tarik Toyota Yaris yang disukai oleh banyak wanita adalah dimensinya yang kompak, sehingga membuat percaya diri lebih saat berkendara di jalan yang padat. Konsumsi BBM mobil ini juga tergolong irit, sehingga Anda bisa meminimalisir biaya transportasi untuk dialihkan dengan kebutuhan lain yang lebih penting.

Menariknya, hatchback Toyota ini mempunyai banyak laci penyimpanan. Sangat membantu pemiliknya ketika ingin meletakkan berbagai pernak-pernik perlengkapan kaum wanita yang kerap dibawa sehari-hari.

Dilengkapi fitur keselamatan rem ABS dan kantung udara juga menjamin rasa aman berkendara. Panel instrumen tengah harus diakui bukanlah selera semua orang tapi memberikan nilai positif pada visibilitas yang lebih luas.

Tahun: 2012-2013
Mesin: 1.497 cc 4-silinder, 109 dk
Harga: Rp 150-160 juta

Keunggulan :
Konsumsi BBM irit
Kompartemen kabin
Legroom lega

Kelemahan : 
Panel instrumen tengah
Interior sederhana

Hyundai Grand Avega

Memiliki rentang harga bekas yang terjangkau dari kontestan lain kali ini, Hyundai Grand Avega justru memiliki model cukup menggoda dengan desain eksterior seperti kebanyakan mobil Eropa.

Walaupun terlahir dalam wujud Compact Hatchback yang memudahkan untuk dikendarai di situasi jalan padat, mobil Korea ini memiliki ruang kabin yang memadai.

Jika Anda tidak mempersoalkan citra dengan alasan pertimbangan harga lebih ekonomis, Grand Avega juga termasuk mobil nyaman. Tidak hanya ruang kabin lapang, bantingan suspensinya juga empuk dan konsumsi BBM-nya termauk hemat.

Tahun: 2012-2014
Mesin: 1.396 cc 4-silinder, 108 dk
Harga: Rp 120-140 juta

Keunggulan :
Model
Akomodasi
Bantingan suspensi

Kelemahan : 
Citra Korea
Limbung

Toyota Vios G A/T


Walaupun mobil ini lekat akan image sebuah kendaraan taksi, yang membuat mobil ini tetap diincar konsumen salah satunya adalah konsumsi BBM yang hemat. Jadi akan meng untungkan un tuk Anda menekan budget transportasi untuk dialihkan guna keperluan belanja dapur.

Dari sisi kualitas berkendara juga baik. Sama seperti Toyota Yaris, penempatan panel instrumen di bagian tengah dasbor memberikan visibilatas pengemudi yang lebih luas.

Performa mesin yang andal dan tangguh juga di sisi lain memberikan sisi postif untuk pengendara wanita yang terkadang tidak mau dipusingkan oleh masalah yang terlalu berbau teknis. Apalagi jaringan Toyota yang luas membuat servis berkala menjadi mudah.

Tahun: 2012
Mesin: 1.496 cc 4-silinder, 109 dk
Harga: Rp 160 jutaan

Keunggulan :
Kehandalan mesin
Konsumsi BBM
Akselerasi

Kelemahan : 
Sudah berganti model
Citra taksi
Posisi duduk

Nissan Grand Livina 1.5 XV A/T


Dengan model yang lebih menarik dari generasi sebelumnya, MPV Nissan ini tetap nyaman untuk dikendarai karena memiliki bantingan suspensi yang empuk. Konsumsi BBM-nya pun masuk kategori hemat.

Selain itu yang kami senang dari mobil ini adalah adanya roof monitor sebagai pelengkap hiburan kabin. Sehingga Anda dapat memanjakan sang buah hati dengan menayangkan video kesayangan sebagai teman perjalanan saat antarjemput sekolah ataupun saat plesiran.

Hanya saja ia belum dilengkapi fitur keamanan immobilizer. Tapi dari sisi kepraktisan sama dengan beberapa rival sekelas jok baris ketiganya memiliki pelipatan jok yang rata. Sehingga akan memudahkan untuk menaruh barang agar tertata dengan rapi.
Tahun: 2013-2014
Mesin: 1.498 cc 4-silinder, 109 dk
Harga: Rp 150-160 juta

Keunggulan :
Suspensi empuk
Pelipatan jok baris ketiga rata
Konsumsi BBM

Kelemahan : 
Belum dilengkapi immobilizer
Legroom baris ketiga terbatas

BMW 218i Active Tourer


Pilihan yang tepat jika Anda menginginkan sebuah kendaraan tidak sebagai penunjang mobilitas saja tapi juga nilai akan gengsi. Sehingga Anda akan lebih percaya diri ketika bercengkerama bersama teman sosialita.

Seperti kebanyakan mobil BMW yang lain, meski terlahir dalam MPV sekalipun mobil ini tetap memiliki pengendalian yang mumpuni. Kemudian adalah teknologi ban canggih run flat tyre yang membuat mobil bisa melaju di kecepatan menengah meski ban tertusuk paku. Indikator akan menyala dan bisa bertahan cukup lama sampai Anda bisa menemukan bengkel terdekat. Hanya saja mobil ini hanya tersedia dalam satu pilihan varian.

Tahun: 2015
Mesin: 1.499 cc 3-silinder turbo
Harga: Rp 620 jutaan

Keunggulan :
Gengsi Eropa
Pengendalian
Konsumsi BBM

Kelemahan : 
Pilihan varian
Legroom baris ketiga terbatas
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel