Pilihan Mobil Keluarga Bekas Paling Nyaman dan Mewah

Di Indonesia, MPV adalah salah satu jenis mobil paling popular. Beberapa kelebihannya adalah mampu membawa keluarga dan kerabat dalam jumlah banyak serta memiliki kenyamanan mumpuni. Tak heran jika MPV banyak diburu dipasaran, termasuk dalam kondisi second hand.

Hampir semua mobil keluarga di Indonesia mampu menampung minimal 7 orang di dalamnya. Namun untuk akomodasi, tidak semua mobil keluarga memiliki ruang penyimpanan barang yang lapang, terutama di kelas MPV kompak.

Berbeda dengan MPV high roof, komposisi akomodasi untuk orang dan barang begitu mumpuni. Alhasil, di kelas ini Anda akan memiliki beragam keuntungan terhadap kenyamanan keluarga saat pelesir.

Pilihan Mobil Keluarga Bekas Paling Nyaman dan Mewah

Mobkas Pilihan kali ini, kami fokuskan pada pilihan MPV dengan atap yang terhitung tinggi. Dengan adanya atap tinggi, maka headroom semakin luas sehingga terasa lapang untuk penumpang. Termasuk untuk mereka dengan tinggi 185 cm ke atas.

Selain itu, penggunaan sliding door juga memberi kemudahan bagi penumpang belakang karena aksesnya luas. Tambahan lagi, kebanyakan dari pilihan kami ini tercitra sebagai tunggangan yang mewah, jadi cukup Ampuh menjaga gengsi Anda saat bersilaturahim.

Toyota Previa

Adanya sunroof ganda yang terletak di penumpang depan dan bangku baris kedua sontak membuat Toyata Previa terlihat mewah. Populasi yang terhitung jarang memang menyulitkan Anda saat berburu, namun setelah dapet menjadikan keberadaannya cukup eksklusif.

Bangku baris ketiga dan kedua bisa digeser hingga membuat kabin semakin akomodatif. Yang jadi catatan adalah material dasbor yang bagi beberapa pemilik disebut terasa kurang mewah.

Tahun: 2008
Mesin: 2.362 cc 4-silinder,156 dk
Harga: Rp 280-325 juta

Keunggulan :
Sunroof ganda
Bangku fleksibel
Model eksterior

Kelemahan :
Material dasbor
Populasi
Konsumsi BBM

Volkswagen Caravelle


Menyesuaikan karakter asal negaranya Jerman, VW Caravelle unggul akan kualitas buatannya. Dibikin dengan material pilihan sehingga selain nyaman juga punya daya tahan mumpuni. Begitu juga dengan kenyamanan yakni bantingan suspensi yang stabil dan mantap.

Tapi jangan berharap banyak pada kemampuannya bermanuver karena ia tidak lincah. Beberapa pemilik mengakui perawatan Caravelle cukup menyita biaya. Sebabnya karena onderdil yang mahal dan bengkel resminya tidak banyak. Toh jika Anda mendapat unit yang kondisinya baik, Anda akan meraih kenyamanan istimewa sepanjang perjalanan.

Tahun: 2005
Mesin: 2.461 cc 5-silinder turbo diesel,129 dk
Harga: Rp 260-325 juta

Keunggulan :
Kualitas Jerman
Kabin lapang
Suspensi empuk

Kelemahan :
Kurang lincah
Populasi
Perawatan

Hyundai H-1 CRDi Elegance A/T


Hyundai H-1 tampil dalam 2 pilihan mesin, namun yang kami rekomendasikan adalah unit bermesin diesel. Tenaganya mungkin ‘hanya’ 170 dk, tapi besaran torsinya mencapai 392 Nm sehingga membuatnya terasa perkasa meski bermuatan penuh sekalipun.

MPV asal negeri ginseng ini punya akomodasi luar biasa. Ada pilihan 8 dan 12 penumpang. Walaupun pintu gesernya belum elektrik, tapi bukaannya sangat lega jadi sungguh membantu akses kabin. Sedikit masalah adalah model eksterior yang bagi sebagian orang terkesan biasa saja.

Tahun: 2010 – 2011
Mesin: 2.497 cc 4-silinder turbo-diesel, 170 dk
Harga: Rp 270 – 320 juta

Keunggulan :
Torsi besar
Ruang kabin lapang,
Kapasitas penumpang

Kelemahan :
Model eksterior
Citra Korea

Nissan Serena Highway Star


Merupakan produk MPV buatan Nissan yang mengutamakan nilai kenyamanan. Hal itu terlihat dari bantingan suspensi dan busa jok yang empuk. Hanya saja memang pengendaliannya terasa limbung saat bermanuver di kecepatan tinggi. Belum lagi fitur pintu gesernya yang elektris. Penumpang kian praktis masuk-keluar kabin.

Didukung fitur pelipatan bangku, Nissan Serena mampu memuat barang bawaan banyak. Biarpun desain eksteriornya terlihat usang namun itu memberi nilai positif terhadap headroom.

Tahun: 2010-2012
Mesin: 1.998 cc 4-silinder,147 dk
Harga: Rp 195 – 250 juta

Keunggulan :
Suspensi empuk
Akomodasi
Captain seat

Kelemahan :
Model usang
Limbung
Agak boros BBM

Toyota Alphard 2.4G

Alphard merupakan salah satu MPV laris Toyota di Indonesia. Terutama segmen MPV mewah. Selain modelnya menarik, kabin mobil ini juga mewah dan lengkap. Pengaturan bangku depan bisa dilakukan oleh penumpang baris kedua.

Kendati bodinya bongsor, tapi ia tetap terasa cekatan karena mesin yang bertenaga. Oh ya, tak sedikit pemilik yang mengakui kaki-kaki Alphard terasa ringkih. Kerap berbunyi terlebih jika mobil kerap melintas di jalan rusak dan minim perawatan. Yang pasti, harganya terhitung stabil berkat nama besar Toyota dan populasinya yang memang banyak.

Tahun: 2010 - 2011
Mesin: 2.362 cc 4-silinder,170 dk
Harga: Rp 625 – 700 juta

Keunggulan :
Kabin mewah
Nyaman
Harga stabil

Kelemahan :
Populasi banyak
Kaki-kaki lemah

Nissan Elgrand 3.5


Datang sebagai pesaing Toyota Alphard, Nissan Elgrand mempunyai tampang yang tak kalah menawan. Yang kami rekomendasikan ini adalah unit bermesin 3.500 cc V6. Lebih bertenaga pun dengan kehalusan getaran istimewa.

Saat kami coba, ia mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 8,47 detik. Sangat baik untuk MPV berbobot 2 ton. Di kabin, selain getarannya luar biasa halus, fiturnya pun sangat mewah. Lapisan kulit mewah dan terasa mahal. Begitu juga sunroof untuk kabin belakang yang memberi rasa istimewa.

Hanya saja saat memilikinya Anda harus siap dengan konsumsi BBM yang tak irit. Di rute dalam kota, hasil tes kami hanya meraih 6,3 km/l.
Tahun: 2011
Mesin: 3.498 cc V6, 280 dk
Harga: Rp 635-700 juta

Keunggulan :
Tenaga mesin
Sangat halus
Kemewahan kabin

Kelemahan :
Citra tidak sepopuler Alphard
Lonsumsi BBM

KIA Sedona


MPV asal Korea ini terkenal karena bantingan suspensinya yang empuk. Tidak hanya itu, layout dasbor dan joknya yang berbahan kulit membuat KIA sedona terkesan sebagai mobil mewah.

Meski tenaganya tertahan di putaran rendah, raungan mesin MPV ini terasa halus. Dan karena kabinnya yang lega, KIA sedona memberikan kesan menyenangkan saat berpergian bersama keluarga.

Saat menebusnya Anda akan diuntungkan oleh harganya yang bersahabat. Namun ingat karena harganya yang ‘jatuh’ itu pula membuat ia tidak cocok dijadikan mobil investasi yang hendak Anda jual untung di kemudian hari.

Tahun: 2003-2005
Mesin: 2.497 cc V6, 175 dk
Harga: Rp 70 – 125 juta

Keunggulan :
Harga bersahabat
Mewah
Mesin kuat

Kelemahan :
Depresiasi
Citra merek
Boros BBM
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel