Pilihan Mobil Keluarga Diesel Bekas Terbaik

Tak sedikit peminat MPV bermesin diesel di Indonesia. Selain soal kapasitas penumpang dan barang, mesin dieselnya pun diangap bisa mereduksi pengeluaran biaya operasional. Untuk itu, Topgir menghadirkan 3 pilihan MPV diesel yang beredar di bursa mobkas. Manakah yang terbaik?


Isuzu Panther


Isuzu Panther adalah pemain lama di Indonesia. Sayang model yang saat ini beredar sudah dihadirkan sejak 2000. Sehingga desain eksterior dan interiornya terlihat membosankan.

Bicara soal mesin ia masih menggunakan mesin diesel konvensional. Sehingga karakter mesin diesel yang memiliki getaran berlebih dan suara kasar masih muncul. Selain itu Panther konsumsi BBM-nya juga tidak sebaik rivalnya.

Ruang kabinnya tergolong memadai untuk penumpang dan barang meski tak selega Innova. Suspensinya memang empuk tapi mengayun dan limbung ketika menikung. Meski Isuzu menyediakan pilihan transmisi otomatis pada Panther, tapi ketersediaan di bursa mobkas sangat jarang. Mayoritas yang tersedia adalah unit dengan transmisi manual.

Harga : Rp 125 juta – Rp 135 juta
Tahun : 2009- 2012
Mesin : 2.499 cc turbodiesel, 80 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol: 8,8/14,3 km/l
Kapasitas Tangki : 55 liter

Keunggulan :
Performa
Fitur
Nyaman

Kelemahan :
Purna jual
Limbung
Pengendalian

Chevrolet Spin 1.3 Diesel l LTZ MT


Chevrolet mengedarkan Spin diesel hanya di 2013. Oleh sebab itu secara jumlah, tidak banyak di pasar mobil bekas. Jadi butuh effort untuk mencari unit bekasnya.

Chevrolet Spin memiliki keunggulan dalam pengolahan bahan bakar yang irit. Dengan memiliki mesin bekapasitas 1.248 cc bertenaga 75 dk dan torsi puncak 190 Nm, perolehan konsumsi bahan bakar 20 km/l saat di tol mudah diraih.

Walau hanya memiliki transmisi manual 5-speed, tapi handling Spin cukup andal di jalan perkotaan, body roll yang ditimbulkan tergolong wajar dan getaran mesin pun teredam dengan baik. Untuk kenyamanan penumpang, tersedia AC double blower dengan kisi AC hingga ruang bangku deret ketiga.

Harga : Rp 125 juta – 135 juta
Tahun : 2013
Mesin : 1.298 cc turbodiesel, 75 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 13,8/20,9 km/l
Kapasitas Tangki : 53 liter

Keunggulan :
Konsumsi BBM
Tahun lebih muda
Bantingan suspensi empuk

Kelemahan :
Populasi
Citra merek
Akomodasi penumpang

Toyota Kijang Innova Diesel


Toyota Kijang Innova menjadi memiliki bodi paling bongsor di trio MPV ini. Tak ayal, ia memiliki kelebihan dalam hal akomodasi bagi penumpang dan barang.

Bicara soal mesin, Kijang Innova Diesel memiliki mesin yang paling bertenaga. Tak hanya itu, Toyota pun menyediakan pilihan yang lengkap untuk urusan transmisi.

Meski bodinya bongsor, tapi torsi 200 Nm lebih dari cukup untuk melajukan di lalu lintas perkotaan yang padat. Teknologi mesin yang lebih canggih berupa common-rail dan turbo, membuatnya lebih hemat BBM dibanding rivalnya dari Isuzu.

Dari ketiga pilihan MPV bermesin diesel yang tersedia kali ini, pilihan Topgir jatuh pada Toyota Kijang Innova dengan ragam kelebihannya. Ia pun memiliki mesin paling besar, kabin lapang dan populasi besar di pasar mobkas. Sedangkan rivalnya, masih memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengannya.

Harga : Rp 125 juta – 135 juta
Tahun : 2010
Mesin : 2.494 cc turbodiesel, 102 dk
Konsumsi BBM dalam kota/tol: 10,9/16,2 km/l
Kapasitas Tangki : 55 liter

Keunggulan :
Tenaga
Fitur
Akomodasi

Kelemahan :
Konsumsi BBM
Tahun tua
Bantingan suspensi
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel