Pilihan Sedan Bekas Murah dan Irit di Indonesia

Sedan memang belum mampu menuai penjualan yang baik di Indonesia. Meski begitu, sedan punya kelebihan tersendiri yang tidak bisa disaingi mobil di segmen bodi lain. Center of gravity rendah, membuat mobil ini punya bakat alami yang menyenangkan di tikungan. Bicara kenyamanan, sedan juga menjadi tolok ukur. Sedan pun masih dipercaya sebagai mobil peningkat prestise penggunanya. Jika status baru masih dirasa memberatkan anggaran, berikut tiga small sedan bekas yang bisa Anda pertimbangkan.


Toyota Vios TRD Sportivo AT


Sebagai top of the line Vios, varian TRD Sportivo tampil dengan wajah lebih dinamis. Tubuhnya diimbuhi aerokit, seperti pada bumper, side skirt dan diffuser. Kesan elegan terpancar dari aplikasi panel krom di gril.

Rona sporti terus berlanjut ke dalam. Setir dengan bagian bawah pipih adalah contohnya. Mantap saat digenggam dan memberi rasa yang pas ketika digerakkan. Head unit sudah pakai 2 DIN dan warna interior beige dan area tengah dasbor bertema piano black.

Bicara fitur, Vios TRD Sportivo juga cukup lengkap. Ada smart key lengkap dengan keyless entry, tombol Start/Stop mesin, kontrol audio di setir, lampu xenon dengan pengatur tinggi otomatis dan immobilizer. Tak ketinggalan, mesin 1NZFE 1.497 cc 4 silinder terbukti menyuguhkan paduan antara performa kuat dan efisiensi konsumsi bbm.

Tahun : 2012
Mesin : 1.497 cc 4 silinder, 109 dk
Harga : Rp 140 juta - 150 juta
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 13,7/18,6 km/l
Kapasitas Tangki : 42 liter

Keunggulan :
Durabilitas
Resale value
Konsumsi BBM

Kelemahan :
Posisi duduk
Handling
Layout dasbor

Peugeot 207 Sedan Sportium AT


Peugeot 207 Sedan punya tampilan nyaris serupa dengan 206 Hatchback. Misalnya, kap mesin serupa 206 dengan kisi udara di sisi pengemudi. Headlamp dengan desain diamond cut-nya terlihat memikat.

Mengusung nama Sportium, bumper depan dilapisi body kit tebal hingga menginvasi rumah foglamp. Kesan sebagai pembelah angin terpampang dari tampilan lip spoiler dramatis.

Di dalam, dasbor 207 Sedan juga mirip 206 hatchback. Hanya saja panel instrumen 207 Sedan diberi warna latar putih. Peugeot 207 Sedan Sportium hadir dengan material bangku paduan antara kulit dan fabric. Desainnya memberi kesan dinamis dan berkelas.

Performanya tergolong biasa saja, dengan 13,6 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Pengendalian cukup lincah dan ayunan suspensi lembut jadi kelebihan produk berlambang Singa ini.

Tahun : 2012
Mesin : 1.597 cc 4 silinder, 110 dk
Harga : Rp 145 jutaan
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 9,08/13,2 km/l
Kapasitas Tangki : 50 liter

Keunggulan :
Desain eksterior
Kualitas interior
Bantingan suspensi

Kelemahan :
Tenaga
Konsumsi BBM boros
Fitur

Mazda2 Sedan R AT


Stylish tapi sporti adalah menjadi arahan desain mobil ini. Tampilannya amat mirip dengan sang adik, Mazda 2 Hatchback. Pembedanya mungkin dari desain foglamp tempak lebih sederhana. Selebihnya bagai pinang dibelah dua, tampilannya sulit dibedakan jika dipandang dari depan.

Ruang kabinnya tidak terlihat perbedaan signifikan. Varian R ini dibalut fabric dengan paduan warna abu-abu yang dominan, serta aksen hitam pada sisi-sisi dan bagian belakang kursi.

Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam 11,73 detik, lebih baik dari Peugeot 207 Sedan. Suspensi varian R lebih menonjolkan kenikmatan berkendara, dibanding memuja kenyamanan. Terasa stabil ketika menikung dengan kecepatan tinggi, tapi sedikit keras untuk melahap jalan-jalan rusak.

Small Sedan Mazda ini dibekali sistem audio in-dash. Material plastik yang digunakannya terkesan murah, tapi head unit dengan layar sentuh memiliki fungsi lengkap. Mulai dari CD dan DVD player, koneksi USB, hingga TV tuner. Tak ketinggalan, tampilan kamera parkir pun sudah tersedia di head unit-nya.

Mazda2 Sedan, berhasil Topgir nobatkan sebagai yang terbaik. Desainnya paling menarik dengan aura sporti yang kental. Fiturnya berlimpah, handling serta akselerasinya juga yang paling baik. Di lain sisi, Peugeot 207 Sedan sayangnya belum mampu berbicara banyak, mesinnya kurang bertenaga plus fiturnya pun minim. Jika lebih sensitif, Toyota Vios mampu menggoda berkat nama besar Toyota dan durabilitasnya yang tersohor.

Tahun : 2012
Mesin : 1.498 cc 4 silinder, 103 dk
Harga : Rp 120 jutaan
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 10,9/20,3 km/l
Kapasitas Tangki : 42,8 liter

Keunggulan :
Desain eksterior sporti
Fitur
Handling

Kelemahan :
Bantingan suspensi kaku
Material interior
Kabin sempit
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel