Tips dan Panduan Membeli Chevrolet Spin Bekas

Akomodasi yang ba­nyak lebih dari lima orang, kabin lega serta harga terjangkau, membuat masyarakat Indonesia lebih memilih Compact MPV. Grup otomotif asal Amerika Serikat, Gene­ral Motors pun berani berinvestasi pada jenis produk ini dan menunjuk dua negara berkembang yakni Brasil dan Indonesia se­bagai basis produksi.

Tips dan Panduan Beli Chevrolet Spin Bekas

Kejenuhan pasar akan merek dan model yang itu-itu saja, membuat ke­hadiran Spin sejak April 2013 menarik banyak minat masyarakat. Se­olah ada alternatif pilihan yang tidak kalah mena­rik dengan label negeri Paman Sam.

Meskipun masih seba­gai pilihan alternatif, bukan berarti tampilannya bisa dipandang sebelah mata. Secara dimensi cukup luas dengan panjang 4.340 mm, lebar 2.620 mm dan tinggi 1.685 mm. Kenyamannya juga bisa dirasakan melalui ayunan suspensi Independent Type McPherson di depan serta Semi Indent Torsion beam di belakang.

Paling menarik dari Che­vrolet Spin ialah varian­nya yang banyak dengan tiga pilihan jenis mesin. Dua ialah mesin bensin 1.200 cc dan 1.500 cc yang mempunyai spesifikasi 4-silinder DOHC 16-valve Dual VVT-i. Sementara satunya ialah diesel turbocharger berkapasitas 1.300 cc 4-silinder dengan torsi tinggi khas diesel yakni 190 Nm.

Tidak hanya pilihan me­sin, transmisi pun ju­ga disediakan opsi baik ma­­nual dan otomatis. Mena­rik rasanya karena belum banyak Compact MPV yang mempunyai banyak va­rian khususnya opsi mesin diesel. Bagi para pencinta diesel, ini menjadi sebuah pilihan baru yang bosan akan merek itu-itu saja.

Usai dua tahun berlalu, Chevrolet sempat meluncurkan varian tambahan yakni Spin Activ dengan gaya crossover. Dengan kehadiran varian baru tersebut, bukan tidak mungkin banyak pemilik Spin sebelumnya menjual kondisi bekas dengan harga yang terjangkau berkondisi baik.

Sejarah Chevrolet Spin di Indonesia


2013 Tepat pada April, PT Gene­ral Motors Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) Chevrolet meluncurkan perdana Chevrolet Spin. Kehadiran Compact MPV ini mendapat respon positif dari masyarakat karena harganya yang terjangkau, diproduksi di In­do­nesia dan adanya pilihan varian diesel.

Selama ini para pemain Compact MPV lebih nyaman untuk menjual varian bensin de­ngan dalih kualitas bahan bakar diesel tidak sebaik bensin. Namun Chevrolet percaya diri untuk membuktikan bahwa Compact MPV diesel mempunyai daya pikat untuk pencinta diesel.

2014 Setahun usai peluncur­an Spin, Chevrolet coba me­nawarkan varian baru. Bernama Spin Activ, PT Gene­ral Motors Indonesia ingin memberikan opsi untuk para pencinta crossover. Ada side body molding menambah kesan maskulin pada sosok Compact MPV ini.

Panduan Beli Chevrolet Spin Bekas


Mesin
PT General Motors Indonesia pernah melakukan recall terhadap lebih dari 10.000 unit Spin di Indonesia. Adanya laporan gangguan pada katup ventilasi di sistem bahan bakar membuat Chevrolet harus melakukan penggantian. Begitu juga pelindung fuse box di area mesin yang mengalami masalah baik varian diesel maupun bensin harus diperbaiki. Cek dua komponen tersebut bahwa pemilik sebelumnya sudah menggantinya secara gratis di bengkel resmi Chevrolet.

Buku Servis
Usia mobil yang tergolong muda, semakin mudah mengidentifikasi apakah pemilik sebelumnya merawat mobilnya dengan baik atau tidak. Cukup minta buku catatan servis bengkel resmi sebagai bukti sehingga Anda tidak mendapat produk yang bermasalah untuk jangka panjang.

Kaki-kaki
Kebanyakan pemilik Compact MPV pernah membawa mobilnya keluar kota. Terlebih saat libur mudik ke kampung halaman. Perjalanan yang jauh dengan kondisi jalan yang rusak membuat kinerja kaki-kaki dituntut ekstra. Tidak ada salahnya Anda mengetes sebelum membelinya di jalanan rusak bahwa suspensinya tidak bermasalah.

Kursi
Ketika Topgir mencobanya pertama kali, kursi Chevrolet Spin terasa keras untuk ukur­an Compact MPV. Padahal mobil keluarga di desain untuk kenyamanan. Topgir pun pernah memberi tips untuk mengubah kursi Spin menjadi lebih empuk dan nyaman dengan berkonsultasi pada bengkel jok.

BBM
Khusus untuk yang mesin diesel, teknologinya sudah modern. Bila Anda tertarik membeli varian ini, ada baiknya menggunakan bahan bakar berkualitas baik seperti Pertamina-DEX atau Shell Diesel. Keuntungannya performa bisa optimal dan umur mesin lebih panjang.

Akselerasi
Ada tiga pilihan mesin yang digunakan Chevrolet Spin dengan tenaga yang berbeda-beda. Namun dibanding kompetitornya, akselerasi Spin tidak terlalu baik. Ini bisa menjadi catatan untuk Anda khususnya pada tipe mesin bensin. Sementara mesin diesel dengan torsi lebih tinggi unggul pada putaran bawah.

Tips Memilih Chevrolet Spin Bekas


Sejak kehadirannya di Indonesia, Chevrolet Spin mendapat respon yang baik dan bengkel menjadi lebih aktif. Selama dua tahun ini belum ada permasalahan berat yang saya temukan. Tetapi saat terjadi recall karena bagian katup ventilasi di sistem bahan bakar dan pelindung fuse box bermasalah itu menjadi fokus pengecekan. Pastikan komponen tersebut sudah diganti oleh bengkel resmi. Selebihnya cukup cek servis rutin oleh pemilik sebelumnya melalui buku servis.

Dari sembilan varian Chevrolet Spin yang dijual, Topgir merekomendasikan 1.300 cc LTZ M/T. Meskipun masih bertransmisi manual, tetapi mesin diesel pada Compact MPV masih sangat jarang dan keiritannya sudah terbuktikan. Dari segi tenaga memang kalah dengan 1.200 cc bensin, tetapi torsinya unggul jauh sehingga cocok untuk kondisi lalu lintas ‘stop and go’.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel