Tips dan Panduan Membeli Daihatsu Luxio Bekas

Konsumen Indonesia unik dibanding nega­ra lain. Mobil berpenumpang lebih dari 5 sangat populer di sini. Budaya guyub membuat kita senang bepergian beramai-ramai, apalagi saat liburan. Selain itu, kapasitas angkut barang yang besar juga menjadi pertimbang­an utama bagi sejumlah kon­sumen memutuskan pembelian mobil.

Daihatsu Luxio autobild

Tapi meski kepraktisan menjadi nilai pertimbang­an penting, nyatanya kenyamanan serta fitur baik juga dituntut konsumen. Dan sebagai pelengkap, mereka juga mengingin­kan mesin bertenaga serta harga murah. Dan salah satu mobil yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan itu adalah Daihatsu Luxio.

Sejatinya mobil ini memiliki karakter sebagai pekerja dan memiliki basis serupa Gran Max yang telah lebih dulu diluncurkan. Artinya ia juga cukup cakap untuk daya angkut tinggi. Namun Daihatsu memberi suspensi lebih nyaman, interior berkualitas serta mesin bertenaga demi menjaring konsumen lebih mapan.

Hasilnya, inilah salah satu MPV 1.500 cc terbesar, ternyaman dan termurah yang ada di pasaran. Apalagi dengan sedikit perbedaan desain pada lampu, Luxio tampil lebih berkelas dibanding saudaranya, Daihatsu Gran Max.

Sejarah Daihatsu Luxio di Indonesia


2007 : Gran Max yang menjadi basis bagi Luxio mulai diperkenalkan ke publik lokal. Ada 2 pilihan mesin yang ditawarkan, yakni tipe 1.3 dan 1.5. Harga yang disodorkan pun cukup menggoda yaitu Rp 100 jutaan.

2009 : Setelah mengalami penundaan, di Februari Luxio meluncur. Meski menggunakan platform serupa dengan Gran Max, Luxio memiliki bantingan suspensi yang lebih lembut. Hal ini dikarenakan perubahan spesifikasi pada sistem suspensi dan penambahan batang stabilizer pada roda depan.

Pintu geser dan mesin kolong juga menjadi poin lebih dari sebuah Luxio ini. Akses keluar masuk menjadi mudah dan kabin lapang dapat tercipta dengan penempatan mesin di kolong. Sedangkan penerapan kelengkapan fitur, menjadi keharusan untuk sebuah mobil keluarga yang mengedepankan kemewahan di kelasnya. Seperti pelek alloy 15 inci, AC double blower, rem ABS dan lampu Xenon sebagai opsional.

Luxio hadir dengan 3 tipe; D, M dan X. pilihan transmisi otomatis hanya pada tipe X saja. Ketiga tipe ini dijual dengan rentang harga Rp 136 – 162 juta.

Panduan Membeli Daihatsu Luxio Bekas


Mesin 
Posisi mesin di bawah membuat hawa panas dari mesin  rentan menyelinap ke kabin. Untungnya, hal telah diantisipasi dengan sistem peredam panas di bagian ini. Namun tak ada salahnya untuk memeriksa kondisinya agar kenyamanan berkendara tetap terjaga.

Kaki-kaki
Ada baiknya mengecek bagian kaki-kaki. Suspensi Luxio lebih halus dari Gran Max, sehingga kurang cocok diajak bekerja terlalu berat. Pastikan tak ada bunyi aneh saat melewati jalan rusak.

Kondisi Interior
Mengingat kapasitas angkutnya yang besar, tak jarang pemilik Luxio menggunakannya pula sebagai pengangkut barang. Hal ini bisa merusak trim interiornya. Bila me­nemukan banyak goresan di dalam, gunakan ini sebagai penurun harga.

Posisi Mengemudi
Posisi mengemudi Luxio kurang ergonomis, salah satu penyebab adalah mesin yang terletak di bawah jok. Rasakan dulu dan pastikan Anda tak bermasalah dengan hal ini.

Bodi
Dimensi Luxio yang besar kadang membuat pengemudi ceroboh menye­rempet saat parkir. Lihatlah kondisi cat apakah masih mulus dan orisinal.

Buku Servis
Walau Luxio mudah dirawat oleh bengkel mana saja, ada baiknya memperhatikan catatan servis di bengkel resmi. Apalagi mobil ini masih terbilang baru. Bila tak ada catatan servis, gunakan sebagai penurun harga.

Tips Memilih Daihatsu Luxio Bekas


Jika ingin membeli Daihatsu Luxio bekas, yang perlu diperhatikan adalah kaki-kaki mobilnya. Karena mobil ini rata-rata menjadi mobil sehari-hari. Sehingga umur kaki-kaki relatif lebih pendek. Jika pemilik sebelumnya melakukan servis tepat waktu sesuai dengan panduan di buku servis, maka mobil Daihatsu Luxio akan baik-baik saja. Karena mesinnya cukup bandel. Lebih baik sebelum transaksi, bawa dulu ke daeler Daihatsu untuk dilakukan pemeriksaan pada mobil.

Bagi Anda yang hendak mudik bersama keluarga dan belum memiliki tunggangan andalan, Topgir pun merekomendasikan Luxio sebagai salah satu alternatif. Tinggal perhatikan beberapa sisi, agar mendapat yang kondisinya masih baik.

Topgir merekomendasikan Luxio versi teratas sebagai pilihan. Fiturnya lengkap dan tersedia dalam varian otomatis. Tapi bila Anda hanya menginginkan kapasitas besar dan suspensi nyaman, tipe D pun sudah bisa memuaskan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel