Tips dan Panduan Membeli Daihatsu Terios Bekas

Pencinta otomotif Tanah Air langsung menyambut hangat kehadirannya. Terbukti begitu di-launching  pada akhir 2006, daftar indennya cukup panjang.

Daihatsu Terios autobild

Daihatsu juga cukup cerdas dalam memadukan ketangguhan mesin, suspensi, interior dan desain bodi yang menawan. Kepraktisan dan tempat penyimpanan barang juga disajikan dengan apik.

Dibanding pendahulunya, Daihatsu Taruna, desain Terios  jauh lebih modern. Lampu depan menyipit dengan model proyektor. Pancaran sinarnya jadi lebih terang dan terarah.

Perpaduan bentuk kaca belakang dan kaca samping belakang cukup menarik. Desain lekukannya seolah menyatu dan menambah luas pandangan penumpang.

Setelah berhasil berkalaborasi bersama Toyota lewat Xenia-Avanza dan merajai di kelasnya, Daihatsu kembali mengkembarkan Terios-Rush. Hasilnya, Terios-Rush menguasai pasar di kelas SUV kecil.

Berkapasitas 1.500 cc tipe 3SZ-VE DOHC VVT-i dan menghasilkan tenaga 109 dk pada 4.400 rpm, mesin Terios terbukti cukup tangguh setelah melalang jalanan selama hampir empat tahun.

SUV serbaguna ini juga memiliki kepraktisan hebat. Bangku belakang misalnya, dapat diatur dalam beberapa konfigurasi untuk mendapatkan keluasan ruang.

Di samping banyaknya tempat penyimpanan, cup holder  disiapkan dari bangku depan, tengah sampai jok belakang. Kelengkapan ini cocok untuk iklim tropis.

Untuk memanjakan penumpangnya, beberapa fitur telah disiapkan. Perangkat head unit double  DIN, AC double blower,  odometer digital, seatbelt  di bangku baris pertama dan kedua sudah menjadi standar di varian TX.

Sejarah Daihatsu Terios di Indonesia


Daihatsu Terios dan saudara kembarnya, Toyota Rush ditawarkan kepada publik pada Desember 2006. Ketika itu sambutan pecinta otomotif cukup antusias.

Sosok Terios terlihat lebih modern dan terkesan berkelas. Berbeda dengan pendahulunya, Taruna, Terios tampil lebih atraktif dan modis. Tak heran, cukup banyak calon konsumen yang kesengsem  dengan Compact SUV  ini. Antrean langsung memanjang saat kran penjualan dibuka.

Tiga varian disodorkan Daihatsu yakni TS, TX M/T dan TX A/T. Terios TS sebagai varian standar dipilah menjadi standar dan standar Plus Extra. Varian TX sebagai model mewahnya, ditawarkan dalam transmisi manual dan otomatis.

Itu pun dipilah lagi TX M/T Standar, Elegant dan Adventure, demikian juga dengan varian matiknya. Total ada 8 pilihan dan 3 warna, yakni silver,  hitam dan biru.

Pertengahan semester kedua 2009, Terios mengalami penyegaran, khususnya di eksterior. Perubahan ini tampak pada front  dan rear bumper guard, foglamp cover,  serta front grill ornament  dengan sentuhan krom sesuai selera konsumen Indonesia.

Di penghujung 2009, Daihatsu menambahkan varian khusus: Cruiser. Varian ini dilengkapi aksesori yang cukup menawan, seperti gril sporty, head unit  dilengkapi TV dan DVD player,  serta alarm. 

Panduan Membeli Daihatsu Terios Bekas


Mesin
Mesin berkode 3SZ-VE DOHC VVT-i, 1.495 cc 4 silinder dan 16 katup cukup perkasa dan irit bahan bakar. Sayangnya suara mesin saat putaran tinggi masuk ke kabin dan cukup mengganggu. Untuk itu ada baiknya Anda menambah peredam di beberapa titik, seperti di pintu dan firewall.

Suspensi
Bantingan Terios agak keras. Saat melibas lubang dan polisi tidur hendaknya hati-hati. Jika tidak, khususnya penumpang di jok belakang akan terguncang keras.

Jok
Tempat duduk baris kedua cukup lega, namun pada baris ketiga sepertinya lebih cocok hanya untuk anak-anak. Jarak sandaran tempat duduk baris kedua dan jok ketiga terlalu sempit. Untuk ukuran kaki penumpang dewasa terlalu sempit, dan jika dipaksakan akan menyiksa.

Tips Memilih Daihatsu Terios Bekas


Salah satu kendala teknis Terios kerap ditemukan  kerusakan bearing  roda dan suspensi depan. Kondisi jalan rusak menjadi salah satu sebab. Di samping beban Terios dan besarnya diameter total roda.

Tapi, penyebab utamanya lebih akibat perilaku kasar pengemudi, seperti menerjang lubang dan polisi tidur dalam kecepatan tinggi. Dengung dan suara berisik dari bagian roda depan mudah terdengar, jika kondisi Terios tidak mendapat perlakuan dan perawatan rutin akan makin meningkat.

Terios memiliki mesin tangguh dan tampilannya menawan. Tapi, jika Anda ingin membeli Terios bekas, lakukan tes jalan. Dengarkan suara mesin dan bunyi dari roda. Perhatikan pula, apakah ada tetesan oli atau tidak. Jika semua oke, Terios cukup menarik untuk dimiliki.

Kali ini, Topgir merekomendasikan Terios TX bertransmisi otomatis sebagai pilihan terbaik, jika kerap digunakan di jalan ibukota. Sebab, Perpindahan gigi transmisi otomatisnya cukup lembut. Kelengkapan fiturnya juga cukup memadahi, seperti pelek alloy  16 inci, door handle chrome, side step,  AC double blower, head unit double  DIN dengan MP3 player, flexi seat,  dan glass holder.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel