Tips dan Panduan Membeli Ford Fiesta Ecoboost Turbo Bekas

Hengkangnya Ford dari Indonesia membuat harga mobil bekasnya cenderung turun. Ini menjadi kabar baik bagi Anda yang ingin mencicipi kehebatan teknologi turbo. Berikut tips beli mobil bekas Ford Fiesta Ecoboost turbo di Indonesia.

Tips dan Panduan Membeli Ford Fiesta Ecoboost Turbo Bekas

Dua tahun lalu PT Ford Motor Indonesia (FMI) meluncurkan Ford Fiesta generasi terbaru dengan dua pilihan mesin yakni 1.500 cc dan 1.000 cc dengan turbo. Ford pun berkampanye bahwa mesin turbo miliknya mempunyai tenaga yang besar namun konsumsi bahan bakar yang sangat irit.

Dari hasil pengetesan Topgir memang terbukti. Konsumsi BBM dalam kotanya 12,98 km/l lebih irit sedikit dari varian 1.500 cc yang mencapai 12,39 km/l.

Sedangkan saat di tol, teknologi turbo lebih terasa bermanfaat karena konsumsi BBM bisa mencapai 21,27 km/liter. Angka tersebut jauh meninggalkan mesin 1.500 cc dengan catatan 17,24 km/l saja.

Pun soal akselerasinya, dorongan tenaga besar dari turbo membuat Ford Fiesta 1.000 cc Ecoboost sanggup menyelesaikan 0-100 km/jam dalam tempo 10,67 detik saja. Berbeda dengan model 1.500 cc yang mengukir waktu 12,39 detik.

Tidak hanya perubahan di mesin, desain eksterior juga diubah oleh Ford. Terlihat gril depan dengan bentuk trapezoidal mendominasi wajahnya. Tarikan garis tegas terlihat pada model lampu, bumper, kap mesin juga sepatbor.
Desain belakangnya juga terlihat lebih modern dibanding generasi terdahulu. Terlihat dari desain roof spoiler yang dibuat menyatu dengan bodi sehingga terlihat kokoh.

Juga desain lampu yang dinamis dengan pengaplikasian diffuser untuk menciptakan kesan mobil kencang. Perbedaan antara tipe 1.500 cc dengan 1.000 cc Ecoboost hanya emblem S Ecoboost di kiri pintu bagasi.

Interiornya terlihat rapi dengan tata letak yang mudah dioperasikan. AC climate control memberikan kesan mewah. Sementara desain panel instrumen dan kemudi menguatkan nuansa anak muda. Lantas apa saja yang harus diperhatikan dan cek ketika Anda ingin membeli Ford Fiesta bekas ini?

Sejarah Ford Fiesta di Indonesia


2010: Memanfaatkan momen Indonesia International Motor Show (IIMS), PT Ford Motor Indonesia meluncurkan dua tipe mesin Ford Fiesta 1.400 cc dan 1.600 cc dengan 11 pilihan warna. Harga yang terjangkau mulai dari Rp 167 juta ditawarkan kepada konsumen dan hatchback ini pun mendapat perhatian banyak dari pengunjung IIMS dan masyarakat Indonesia.

2013: Fiesta mengalami facelift dengan wajah yang lebih sporty. Tak tanggung-tanggung bentuk wajah menganut desain trapezoidal lewat grilnya. Ajang IIMS 2013 menjadi event untuk memperkenalkan hatchback ini. Ia hadir hanya dengan satu pilihan mesin baru yakni 1.5 L Duratec.

2014: PT Ford Motor Indonesia meluncurkan tipe terbaru Fiesta 1.000 cc Ecoboost. Melalui teknologi turbo yang modern, Ford mengklaim mobilnya mempunyai tenaga yang besar seperti 1.500 cc dengan konsumsi yang lebih irit.

Panduan Membeli Ford Fiesta Ecoboost Turbo Bekas


Fitur
Ford Fiesta mempunyai fitur yang berlimpah. Seperti keyless entry, sensor hujan juga FORD SYNC. Nah, pastikan semua fitur bekerja dengan normal. Bila Anda menemukan kejanggalan, segera cek ke bengkel resmi atau bengkel spesialis Ford yang mampu menanganinya.

Akselerasi
Ketika dulu selagi baru, Topgir menemukan gejala mengentak saat berakselerasi keras. Gejala ini memang tidak sampai merusak kenyamanan, tapi pastikan Anda tidak terganggu olehnya. Mintalah sesi test drive kepada sang pemilik agar Anda merasakannya.

BBM
Teknologi canggih yang digunakan pada mesin turbo Ford Fiesta mewajibkan Anda untuk menggunakan BBM ber kualitas baik. Dengan oktan minimal 92 sudah cukup agar mesin tetap awet dan mendapatkan tenaga optimalnya.

Jok
Mengingat ini bukan lah mobil keluarga, perlu diperhatikan bahwa jok di Fiesta ini agak keras. Desain semibucket mampu menopang tubuh dengan baik ketika bermanuver. Namun konsekuensinya jok itu kurang nyaman bagi Anda yang sering berpindah posisi duduk.

Catatan Servis
Umumnya pemilik Ford Fiesta adalah pengguna sehari-hari. Kondisi stop and go serta jarak tempuh yang sudah jauh menuntut Anda memperhatikan catatan servisnya. Terlebih teknologi mesin yang diusung sudah modern. Artinya membutuhkan perawatan yang rutin agar performa tetap terjaga.\

Tips Memilih Ford Fiesta Ecoboost Turbo Bekas


Populasi Ford Fiesta terbaru cukup banyak karena memang teknologi turbo yang dimilikinya sudah modern. Paling penting perhatikan perawatan rutinnya. Usianya yang masih muda seharusnya membuat sang pemilik tidak malas untuk melakukannya.

Efek turbo di Ford Fiesta Ecoboost lebih terasa di putaran tengah ke atas. Bila menggunakan BBM yang tepat, maka performanya akan sangat baik yaitu mendapatkan akselerasi prima dengan bahan bakar irit.

Dari dua tipe mesin yang dijual, Topgir merekomendasikan 1.000 cc Ecoboost. Mengingat desain eksterior, interior juga fitur tidak jauh berbeda. Maka mesin menjadi pilihan bijak ketika Anda membeli yang lebih irit konsumsi bahan bakarnya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel