Tips dan Panduan Membeli Honda Brio Bekas

Produk Honda di masyarakat dikenal sebagai produk yang cukup berkualitas namun mempunyai harga spare part yang terbilang mahal. Tidak heran jika semua produk yang dijualnya dibanderol lebih dari Rp 200 juta. Namun melihat pasar yang semakin berkembang dan menyajikan mobil-mobil murah, Honda tidak tinggal diam. Brio didapuk sebagai mobil perkotaan yang harganya terjangkau.

Tips dan Panduan Membeli Honda Brio Bekas

Honda Brio diciptakan sebagai teman aktivitas rutin sehari-hari Anda ketika menembus kemacetam kota. Mobil ini diklaim mempunyai mesin yang efisien serta tenaga yang cukup untuk sebuah kendaraan operasional keluarga kecil.

Dengan paradigma yang melekat di masyarakat sebagai mobil yang berkualitas, dalam waktu singkat masyarakat menerima dengan positif kehadiran Honda Brio. Buktinya, ribuan unit terjual dalam beberapa bulan saja.

Bahkan saat ini Honda juga mempunyai varian Brio Satya sebagai salah satu peserta di kelas Low Cost Green Car (LCGC). Beberapa kali Topgir me­nguji Honda Brio dengan rival sekelas, hasilnya mobil ini mempunyai tingkat keiritan yang luar biasa. Terbaru, Honda Brio terpilih sebagai mobil paling irit di ajang Liga Irit 2014 silam.

Bila Anda mencari Honda Brio bekas, keuntungannya adalah usianya yang rata-rata masih di bawah lima tahun. Artinya masih cukup layak untuk dibeli dan jarang kerusakan. Tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sejarah Honda Brio


2011 : Inilah tahun pertama Brio dipamerkan kepada publik melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Ketika itu banyak pengunjung yang tertarik karena harganya diprediksi akan jauh di bawah Jazz namun dengan kualitas Honda. PT Honda Prospect Motor menampilkan Honda Brio dengan mesin 1.198 cc bertenaga 90 dk. Harganya saat itu berkisar Rp 150 jutaan.

2012 : Selang se­tahun ke­mudian, PT Honda Prospect Motor akhirnya resmi meluncurkan Honda Brio di Indonesia. Menariknya, yang dijual pertama kali saat itu justru varian mesin 1.298 cc bertenaga 100 dk dan bukan seperti yang dipamerkan di IIMS 2011. Harganya dibanderol mulai dari Rp 149 juta hingga Rp 169 juta.

2013 : Pemerintah mengeluar­kan aturan Low Cost Green Car (LCGC) yang membuat Honda tergoda untuk turut serta. Hingga akhirnya diluncurkan tipe 1.200 cc, termasuk jagoan di sektor LCGC Brio Satya yang dijual mulai dari Rp 106 juta. Pertarungan di LCGC pun kian sengit setelah sebelumnya ada Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Suzuki Karimun Wagon R.

Panduan Membeli Honda Brio Bekas


Mesin
Meskipun rata-rata berumur antara 2 sampai 3 tahun, ada baiknya Anda juga harus memastikan kondisi mesin. Paling mudah adalah memastikan bahwa pemilik sebelumnya melakukan perawatan rutin. Selain itu jangan lupa untuk mencobanya apakah tenaganya masih responsif, akselerasinya mulus serta tidak keluar asap dari knalpot.

Buku Servis
Honda Indonesia memberikan garansi selama 3 tahun ketika pemilik pertama membeli Honda. Namun salah satu syarat garansi masih berlaku ialah perawatan rutin di bengkel resmi. Untuk memastikannya, mintalah buku servis kepada pemilik sebelumnya sehingga mobil Anda masih dalam jaminan Honda.

Airbags
Akhir tahun lalu, PT Honda Prospect Motor mengumumkan recall untuk Honda Brio Satya dan Honda Brio 1.2 A/T produksi September 2013 sampai Juli 2014. Pastikan bahwa Honda Brio bekas yang Anda beli sudah diperiksa dan diperbaiki di bengkel resmi.

Fitur
Dibanding rival sekelasnya, Honda Brio saat baru mempunyai harga paling tinggi. Meski begitu fiturnya tidak terlalu spesial. Sebut saja fitur standar seperti fog lamp, wiper belakang dan defogger untuk mengusir embun dikala hujan.

Akomodasi
Topgir pernah mengadu akomodasi Honda Brio bersama mobil sekelasnya. Hasilnya, mobil ini mempunyai ruang yang sempit baik untul legroom maupun headroom. Begitu juga dengan bagasi yang tergolong masih kecil.

Interior
Meski nama Honda dikenal dengan kualitasnya yang baik, tidak begitu dengan interior Brio. Warna krem pada door trim misalnya, mudah ternodai serta rusak. Periksa dengan teliti dan pastikan tidak ada interiornya yang bermasalah.

Tips Memilih Honda Brio Bekas

Ketika mencari Honda Brio bekas, paling penting ialah pastikan catatan servisnya. Harus dipastikan pemilik sebelumnya rajin melakukan servis rutin ke bengkel resmi. Permasalahan airbags yang diumumkan akhir tahun lalu juga wajib diperhatikan. Pastikan bahwa sudah diperbaiki karena biayanya gratis dengan mengganti komponen di bengkel resmi.

Dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh, Brio E sebagai varian tertinggi lebih Topgir rekomendasikan. Fitur sederhana seperti power window sudah digunakan. Belum lagi dual airbasg di depan berfungsi sebagai perangkat keselamatan pasif di mobil.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel