Tips dan Panduan Membeli Honda City GM6 Bekas

PT Honda Prospect Motor (HPM) beberapa tahun silam telah saja meluncurkan Honda City terbaru dengan ubahan minor alias facelift. Bukan tidak mungkin ke depannya City lama akan banyak dijual oleh pemilik sebelumnya. Sehingga, melimpahnya populasi di pasar mobkas akan memudahkan Anda mencari unit dengan kondisi terbaik.

Honda City autobild

Pada sektor performa, City lansiran 2014 ini masih menggunakan mesin yang sama yakni unit 4 silinder 1.500 cc bertenaga 120 dk. Perbedaannya ialah transmisi CVT yang sudah diterapkan sehingga perpindahan gigi lebih halus.

Meski transfer tenaga mesin ke roda menjadi lebih halus, bukan berarti Honda meninggalkan sisi keasyikan berkendara. Seperti hadirnya fitur paddle-shift dan mode transmisi manual 7-speed yang menjadi keunggulan dari para kompetitornya.

Pengemudi juga semakin mudah untuk menemukan gaya berkendara yang hemat berkat ambient meter. Cukup mengacu pada warna hijau, maka itu indikator bahwa Anda mampu berkendara hemat. Hasilnya dalam pengetesan kami dulu, pada rute tol konsumsi bahan bakarnya 19,5 km/l.

Kemampuan akselerasi juga meningkat dengan hadirnya transmisi CVT ini. Dari pengujian kami melalui transmisi otomatis 5 percepatan, City mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 11,1 detik. Lebih cepat 0,3 detik dari pendahulunya yang masih menggunakan transmisi otomatis konvensional.

Soal kenyamanan di kabin, City menawarkan kabin yang terlihat modern. Khas sebuah sedan driver oriented yang tercermin jelas saat berada di balik kemudi. Tidak cepat bosan mengemudikannya.

Sementara layout dasbornya memudahkan pengemudi untuk mengakses seluruh panel seperti perangkat hiburan dan AC. Pun pada penumpang belakang City masih menyisakan ruang yang sangat lapang baik pada legroom maupun headroom.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan dan diperiksa sebelum membeli City bekas dengan produksi tahun 2014 ke atas ini? Berikut pemaparan kami.

Sejarah Honda City di Indonesia


2000: Honda City generasi ketiga memulai debutnya di dunia pada tahun 1996 dan mulai dijual di Indonesia pada tahun 2000 awal sekaligus perubahan minor. Beberapa negara Asia Tenggara merakitnya seperti Thailand, Malaysia, Filipina dan tentunya Indonesia.

2005: Pada November 2005 generasi keempat dari City hadir di Indonesia. Perubahan terjadi di eksteriornya seperti gril depan, lampu depan baru, lampu kabut baru, lampu belakang dan bumper baru. Mesin untuk pasar Indonesia hanya 1 versi yaitu 1.500 cc dengan teknologi i-VTEC.

2009: Generasi kelima Honda City melakukan debutnya di Bangkok, Thailand. Di Indonesia mobil ini diluncurkan pada Januari 2009. Menggunakan mesin yang sama dari generasi sebelumnya 1.500 cc i-VTEC dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

2013: Berbeda dengan generasi sebelumnya, City generasi keenam diluncurkan perdana di India. Masuk ke Indonesia pada bulan April 2014, generasi keenam merupakan versi sedan berbasis platform Honda Jazz generasi ketiga.

Panduan Membeli Honda City GM6 Bekas


Catatan Servis
Sebagai mobil berusia cukup muda, sudah seharusnya Anda melakukan pengecekan catatan servis dari pemilik sebelumnya. Bila buku servis masih ada bisa terlihat apakah pemilik sebelumnya rajin secara periodik melakukan perawatan berkala. Ini mempengaruhi nilai jual mobil serta kondisi mobil sebelum Anda test drive.

Fitur
Generasi keenam dari City ini sudah disematkan banyak fitur seperti mode berkendara melalui tombol ECON, paddleshift dan fitur canggih lainnya. Pastikan seluruh fitur bekerja normal. Seperti ambient meter pastikan berubah warna ketika Anda melakukan eco driving. Pun paddle-shift dicoba untuk menaikkan gigi atau menurunkan gigi.

Kaki-kaki
Meski mobil perkotaan, bukan berarti bagian kaki-kaki tidak perlu pengecekan detail. Mengingat banyak jalanan berlubang seperti di Jakarta, pastikan bantingan suspensi terasa empuk. Begitu juga ban yang dipakai apakah masih dalam kondisi layak jalan atau tidak. Jika tapak ban tidak merata menipisnya, bisa mengindikasikan kaki-kaki ada masalah.

Bahan Bakar
Bahan Bakar Sebagai mobil dengan teknologi mesin modern, sudah jadi kewajiban pemiliknya memberi asupan bahan bakar yang berkualitas bagus. Minimal RON 90 agar performa tetap terjaga. Akan lebih baik bila menggunakan bahan bakar RON yang lebih tinggi agar mencapai performa maksimal.

Interior
Bila pemilik sebelumnya terindikasi menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari, cek dengan jeli seluruh bagian interior. Mulai dari jok, kolong jok, doortrim hingga karpet. Dikhawatirkan banyak kotoran bekas makanan karena kebiasaan pemilik sebelumnya.

Karet-karet
Cuaca berganti dari panas ke hujan membuat karet-karet mobil berpotensi getas. Perhatikan pada bagian ini karena material ini sensitif terhadap suhu tinggi. Bila terlihat ada seperti retakan maka segera ganti dengan karet baru agar tidak ada air merembes ke dalam kabin.

Tips Memilih Honda City GM6 Bekas


Honda City termasuk sedan dengan mesin yang andal. Tidak heran bila Honda masih mempertahankan mesin 1.500 cc i-VTEC karena masih cukup mumpuni. Bila tertarik meminang bekasnya, catatan servis dan kaki-kaki menjadi obyek yang harus dicek. Bisa langsung dibawa ke bengkel resmi untuk kami lihat jejak rekam pemilik sebelumnya.

Di antara dua tipe pilihan yakni transmisi otomatis dan manual, Topgir merekomendasikan Honda City tipe E otomatis. Sebagai mobil yang lebih diorientasi pada perkotaan, maka transmisi otomatis adalah pilihan yang bijak. Anda tidak akan cepat lelah saat terjebak di kemacetan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel