Tips dan Panduan Membeli Honda CRV RD4 Gen-2 Bekas

Bentuknya kompak layaknya SUV, memiliki pengendalian seperti sedan, serta berkapasitas 7 penumpang ala MPV. Sebuah kombinasi menarik. Hingga sekarang, inilah satu-satunya generasi CR-V berkapasitas 7 penumpang. Generasi ketiga yang menggantikannya di 2007 kembali menganut konsep 5 penumpang.
   
Honda CRV autobild

Dibangun oleh pabrikan yang sangat berpengalaman membuat sedan, tak pelak CR-V terasa bagaikan SUV berbeda dari para pesaingnya. Posisi duduk ergonomis serta pengendalian lincah menjadi salah satu nilai utamanya.
   
Kuncinya adalah penerapan sistem suspensi double wishbone yang biasanya cuma terdapat di sedan. Alhasil, pada setiap posisi suspensi, sudut kemiringan ban akan selalu terjaga konstan. Namun, kemampuan off-road CR-V tak setangguh kebanyakan SUV tulen. Toh Honda membuat mobil ini sebagai solusi masyarakat perkotaan yang ingin memiliki sedikit fleksibilitas.
   
Transmisi 5 percepatan yang diusungnya juga lumayan canggih karena dilengkapi fitur grade logic control. Jadi saat menanjak atau menurun, komputer akan membaca sudut kemiringan jalan dan memilihkan posisi gigi transmisi paling tepat. Mobil ini pun terasa responsif di berbagai kondisi.
   
Membeli CR-V generasi kedua juga tak akan menyulitkan Anda. Selain cukup mudah dicari, perawatan di bengkel resmi pun lumayan terjangkau.

Sejarah Honda CRV RD4 Gen-2 di Indonesia


Diluncurkan pada 2002 lalu, mobil ini disiapkan meneruskan kesuksesan generasi pertama yang berumur hanya 2 tahun di Indonesia dikarenakan terlambat dimasukkan. Fenomena CR-V generasi pertama sedikit banyak membantu penjualan mobil ini. Apalagi modelnya masih mencirikan CR-V dengan lampu belakang tinggi di pilar.
   
Mesin 1.997 cc DOHC i-VTEC yang diusungnya memberi tenaga lebih besar. Kalau generasi pertama dengan kapasitas serupa hanya memproduksi 128 dk, CR-V yang ini bisa menembus 150 dk. Selain itu, tersedia pilihan transmisi manual serta otomatis. Sayangnya opsi 4WD tidak lagi dikeluarkan Honda karena alasan harga jual.
   
Memasuki 2005, CR-V melakukan penyegaran berupa facelift. Bentuk lampu depan, gril, lampu belakang, pelek serta beberapa detail lain menjadi semakin segar. Berita gembiranya lagi, untuk pertama kalinya Honda menambah varian mesin 2.354 cc DOHC i-VTEC untuk CR-V. Mesin Accord ini membuat performa CR-V makin gesit.

Panduan Membeli Honda CRV RD4 Gen-2 Bekas


Kaca Jendela
Setelah umur pemakaian beberapa tahun, besar kemungkinan kaca depan menjadi sulit dibuka tutup. Segera lumasi atau serahkan ke bengkel resmi bila ini terjadi. Pasalnya,  bila dibiarkan hal ini bisa merusak karet kaca.

Kaki-kaki
Konstruksi suspensi CR-V mirip dengan sedan untuk pengendalian presisi. Namun, daya tahannya di medan rusak tidaklah setangguh SUV murni macam Jeep atau Land Rover. Untuk itu cek apakah kondisi kaki-kaki masih bagus dan tidak disiksa pemilik sebelumnya.

Service Record
Honda termasuk mobil yang perawatannya mudah. Tak heran banyak pemilik mempercayakan mobilnya ke bengkel selain resmi. Hal ini mungkin tidak masalah bagi sebagian besar mobil, namun bila tidak ada service record lengkap Anda bisa minta harga jual dikurangi.

Kondisi Jok
Bahan beludru di CR-V cukup halus dan berkualitas baik. Namun, bila pemilik sebelumnya tidak rapi, bahan ini juga mudah rusak, apalagi bila terkena gesekan atau puntung rokok. Bila jok dalam kondisi terbungkus, intiplah bagian dalamnya untuk memastikan keadaan masih baik.

Kekerasan Suspensi
Karena dirancang mengakomodasi 7 penumpang, suspensi CR-V generasi kedua ini paling keras di antara generasi lainnya. Bila Anda sering memakainya sendiri, ada baiknya melakukan test drive untuk mengetahui apakah bantingan mobil ini masih masuk toleransi Anda.

Bangku Paling Belakang
Jangan harapkan bangku belakang selega dan senyaman MPV. Karena sesungguhnya bangku paling belakang ini hanya untuk menampung 2 orang tambahan selama waktu terbatas.

Tips Memilih Honda CRV RD4 Gen-2 Bekas


Untuk hal mesin, Topgir tidak pernah menemui problem berarti dari CR-V generasi kedua ini. Bahkan Topgir berani menjamin akan kualitas dan daya tahannya yang sangat baik.

Hal yang perlu diperhatikan adalah suspensi depan, khususnya peredam kejut alias shock breaker. Untuk mengeceknya mudah saja, kendarai mobil melewati jalan agak rusak dan dengar apakah ada suara tidak normal. Selain itu, karena CR-V ini masih memakai power steering hidraulis, ada baiknya memeriksa kebocoran minyaknya. Untuk tipenya sendiri, silakan memilih tipe bermesin 2.0 L sebab kemampuannya sudah mencukupi untuk penggunaan harian serta lebih mudah dalam hal perawatan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel