Tips dan Panduan Membeli Honda Freed Bekas

Diawali dari segi desain. Tampang depan masih tersisa siluet wajah Jazz dan City yang memang satu platform dengannya. Tapi mulai dari pilar B hingga akhir buritan adalah ciri MPV tulen yang cenderung mengotak.

Honda Freed autobild

Sekilas, bagian depan dan belakang itu adalah mix dari segitiga dan bujur sangkar, makanya Honda menyebutnya dengan sebutan tri angular square form.

Meski kurang familier, namun desain ini menuai banyak keuntungan bagi Freed. Yaitu, aerodinamika memadai dan maksimalisasi ruang kabin dari tengah ke belakang. Sehingga Freed mendulang poin tinggi di sektor akomodasi.

Ia mampu menampung 7 penumpang dengan baik meski kursi baris ketiga lebih layak dihuni anak kecil. Bangku paling belakang ini juga mudah dilipat hingga menjelma jadi ruang bagasi ekstra luas untuk menampung barang.

Freed pun mempunyai sliding door untuk kemudahan akses ke kabin. Pintu tersebut tak hanya fungsional tapi juga mendukung impresi mewah.

Asyiknya, ia memiliki versi Power Sliding Door (PSD) yang membuat buka-tutup pintu tengah dapat dilakukan via tombol di dasbor.

Desain dasbor rendah juga menyimpan nilai tambahan. Selain visibilitas meningkat, ini membuat interior jadi terkesan lapang. Ditambah penempatan tuas transmisi di dasbor, membuat legroom semakin lega karena tak ada ‘bangunan’ yang menyita ruang kaki.

Satu kekurangannya, Freed generasi pertama ini masih menggunakan tuas AC mekanis model geser. Tak ada yang salah dengan kinerjanya, hanya saja ia terlihat kuno. Inilah item yang mengganggu citra Freed sebagai mobil modern.

Freed menggunakan mesin yang sama dengan Jazz dan City. Yaitu unit 1.497 cc bertenaga 118 dk. Tapi Honda melakukan penyesuaian pada manajemen mesin agar tenaganya cocok dengan bodi yang lebih besar dan berat dibanding Jazz.

Sampai kini Freed belum mengalami penggantian model. Jadi tampilannya masih layak bersanding dengan mobil baru lainnya.

Apalagi, Freed produksi pertama di Indonesia masih masuk dalam masa garansi. Anda pun lebih mudah melakukan perawatan karena tinggal mengikuti perawatan berkala yang dijadwalkan buku servis.

Sejarah Honda Freed di Indonesia


PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Freed pertama kali pada Juni 2009. Saat itu Freed keluar dalam 2 pilihan, dengan atau tanpa Power Sliding Door (PSD). Kedua tipe Freed mengusung transmisi otomatis 5-percepatan.

Selang setahun kemudian, HPM menanggapi saran konsumen mengenai tuas AC mekanis yang terlihat kuno.

Tepat pada Juli 2010, Freed revisi pun resmi diedarkan. Highligts-nya berada di area interior. Sakelar AC kini memakai model elektrik dan dilengkapi climate control. Sedangkan eksterior hampir tiada beda dengan sebelumnya.

Paling hanya di spion yang kini dilengkapi lampu sein plus pelipat elektris, dan ada tambahan tail gate spoiler pada buritan.

Keduanya tetap dijual dengan dua varian, PSD atau tidak. Dan versi improvement inilah yang masih bertahan hingga sekarang.

Panduan Membeli Honda Freed Bekas


Buku Servis
Pastikan Freed yang akan Anda tebus memiliki Buku Servis.  Ini penting untuk melihat riwayat mobil tersebut.  Dari buku servis pula Anda mendapat panduan untuk melakukan langkah servis berikutnya.

Lost Motion Com
Ini merupakan jeroan internal mesin. Jika Lost Motion (LM) patah, maka akan timbul suara kasar seperti ketukan yang tak berarah. Tapi tenang saja, PT HPM telah menanggulangi hal ini dengan melakukan recall. Artinya, Anda terbebas dari segala biaya untuk memperbaikinya. Walaupun pindah tangan tapi garansi masih berlaku. Track record pun masih terekam di bengkel resmi di mana mobil tersebut melakukan servis oleh pemilik sebelumnya.

Sistem Elektrikal dan Engine Management
Cek sistem elektrikal dan engine management. Jangan sampai airbag sudah tidak berfungsi tapi lampu indikatornya sengaja dimatikan.

Kaca Seret
Kaca seret memang penyakit Honda, terutama di sisi pengemudi. Solusinya mudah, yaitu dengan memberi pelicin pada rel kaca jendela. Pilih lubrikan water base yang tidak bermasalah dengan karet.

Sambungan Pelat
Perhatikan sambungan-sambungan/klem di tulang-tulang panel bodi. Mobil bekas tabrakan memang bisa dikembalikan bentuknya seperti semula, tapi konstruksi klem pelat bodi tak bisa dibohongi. Pastikan Anda memilih mobil yang bebas dari klem cacat.

Tips Memilih Honda Freed Bekas


Meski generasi pertama dan statusnya kini menjadi mobil bekas, namun mobil ini masih menjadi incaran sebagai kendaraan utama keluarga. Dimensinya yang kompak, memiliki fitur komplit dan kabin lapang membuatnya laku keras di pasar mobil bekas. Terlebih lagi generasi terbaru Honda Freed hingga saat ini sudah dikonfirmasi tidak akan masuk ke Indonesia sehingga membuatnya tampak eksklusif.

Untuk memilih Honda Freed, Topgir menyarankan untuk mengambil versi PSD. Pintu geser elektrik tak hanya memudahkan proses keluar-masuk kabin, tapi juga membuat Freed yang Anda tumpangi terlihat sangat mewah. Anda pun lebih percaya diri mendarat di lobi mal saat hendak berbelanja.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel