Tips dan Panduan Membeli Honda Jazz GE8 Bekas

Inilah mobil yang membuat Honda makin melejit dalam hal penjualan. Generasi kedua Jazz yang berkodekan GE8 ini memang bukan compact hatchback biasa. Mobil ini mampu meneruskan kejayaan Jazz generasi pertama dengan ciri khas desain eksterior kental, namun melakukan perbaikan di semua sektor.

Honda Jazz GE8 autobild

Bisa dibilang kalau Jazz sebuah all-rounder. Hampir segala jenis keperluan bisa dilakukan dengan mobil ini. Ia asyik dikemudikan sendiri mengingat posisi duduk ergonomis dan mesin berkekuatan 120 dk. Ruang dalam dan bagasinya juga lega membuat keluarga bisa terakomodasi pada perjalanan jarak dekat maupun panjang.

Seluruh hal itu masih didukung lagi oleh layanan purna-jual Honda yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Meski harganya tertinggi dibanding kompetitor lain, toh itu tak menghalangi Jazz generasi kedua menjadi salah satu mobil terlaris di kelas kompetitif ini.

Dan karena pesona serta minat tinggi konsumen padanya, harga jual bekas Jazz juga masih tergolong tinggi. Nah, jika Anda berniat menebus dalam keadaan bekas, Topgir akan berikan beberapa tips supaya Anda bisa mendapatkannya dalam kondisi terbaik.

Sejarah Honda Jazz di Indonesia


Tentu saja kesuksesan Jazz terbaru ini tidak bisa dipisahkan dari kejayaan pendahulunya yang keluar di 2003. Setelah 5 tahun, Jazz kembali tampil all new dengan perbaikan di berbagai sektor.

Saat muncul di 2008, publik terpukau dengan desain Jazz yang lebih modern tanpa meninggalkan beberapa ciri khasnya. Ia terlihat jauh lebih keren, namun orang langsung mengenali sosoknya sebagai Jazz.

Kalau sebelumnya ada 2 varian mesin, Jazz terbaru ini hanya memiliki mesin i-VTEC 1.497 cc bertenaga 120 dk. Mesin ini juga cukup irit, sehingga Honda tak lagi memasok versi i-DSI seperti sebelumnya. Namun Honda justru memutuskan untuk memberi 2 varian kemewahan yakni S dan RS.

Transmisi manual dan otomatis tetap dihadirkan, namun Honda tak lagi memakai transmisi CVT untuk varian otomatis. Hasilnya, akselerasi lebih cekatan dan transmisi makin reliable.

Setelah 3 tahun melenggang di pasar, akhirnya Honda pun merilis versi facelift dengan beberapa ubahan penampilan.

Panduan Membeli Honda Jazz GE8 Bekas


Buku Servis
Karena mudahnya merawat Jazz, hampir semua bengkel bisa melakukannya. Kadang pemilik lama pun tertarik untuk merawat bukan di bengkel resmi karena lebih murah. Tapi hal ini bisa membatalkan garansi, sehingga Anda mesti perhatikan dokumen servisnya.

Jarak Tempuh
Jika sudah lebih dari 40.000 km, maka ada beberapa komponen yang mesti diganti seperti filter bensin dan lainnya. Untuk itu perhatikan apakah komponen-komponen tersebut sudah diganti sesuai buku servis.

Kondisi Mesin
Bila pemilik sebelumnya anak muda, periksa juga kondisi mesinnya. Karena tenaga besar dan karakter sport kental, banyak yang senang memodifikasi mesin Jazz. Hindari bila sudah terjadi modifikasi pada komponen mesin. Ini bisa menghilangkan kehematan dan kehalusannya.

Kondisi Jok
Jazz RS memiliki jok berbahan beludru yang halus dan mewah. Tapi bahan ini mudah kotor dan rusak bila pemakai sebelumnya serampangan, seperti menumpahkan minuman atau terkena puntung rokok. Pastikan kondisinya masih baik, karena ini akan memengaruhi kenyamanan berkendara.

Kaca Seret
Problem khas Honda ini masih kadang dijumpai juga di Jazz GE8. Namun tak perlu khawatir, karena ini bisa dilumasi dengan mudah. Pastikan saja karet lis jendela belum rusak.

Kopling
Untuk tipe manual, bila kondisi kopling sudah mesti diganti, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan penurun harga. Ini bisa merendahkan harga Rp 1,5-2 juta.

Tips Memilih Honda Jazz GE8 Bekas


Secara garis besar tak ada yang perlu dikhawatirkan dari Honda Jazz GE8, karena mobil ini relatif baru. Transmisinya juga jauh lebih reliable. Terpenting diperhatikan adalah jarak tempuhnya, dan apakah mobil dirawat sesuai buku servis dari ATPM.

Topgir merekomendasikan tipe RS untuk Anda beli. Selain memiliki bentuk bumper lebih gagah ketimbang S dan berfitur lengkap, varian ini juga lebih mudah dijual kembali.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel