Tips dan Panduan Membeli Honda Mobilio CVT Bekas

Inilah tips memilih mobil bekas Honda Mobilio CVT di Indonesia. Sejak awal kemunculannya, Honda Mobilio sukses menjadi tulang punggung penjualan Honda. Begitu juga dengan kenyamanan transmisi otomatis CVT membuat popularitasnya kian menjulang.


Segmen Compact MPV merupakan andalan beberapa APM Tanah Air. Di kelas ini primadonanya juga sudah terkenal dengan duet, Avanza dan Xenia. Namun, banyak produsen yang kemudian memanaskan persaingan di segmen ini. Salah satunya Honda, dengan Mobilio.

Honda selama ini kerap tercitra sebagai mobil Jepang yang fun to drive. Digabung dengan kepraktisan dan akomodasi khas MPV, Mobilio jadi disukai karena memberi warna lain bagi dunia MPV.

Apalagi secara tampilan, lekukan garis-garisnya cukup mampu menggoda calon konsumen. Pada sisinya, Mobilio punya garis tegas yang menonjolkan desain sporti. Lekukan ini secara tidak langsung juga mampu meningkatkan sisi aerodinamika pada mobil, yang ujung-ujungnya memberikan efek pada performa.

Lampu utamanya sangat mencirikan sebuah MPV, tapi dengan kap mesin yang lebih landai. Meskipun secara desain, sebenarnya ia meniru persis saudaranya yakni Brio.

Walau begitu, ini justru menjadi keunggulannya. Posisi duduk yang rendah, membuatnya serasa mengendarai sebuah sedan. Pengendaliannya pun juga tergolong lincah.

Sementara interiornya, memang mirip sekali dengan Brio. Yang membedakan hanya warna dan penambahan bangku pada baris ketiga, yang tergolong lapang. Selebihnya, baik desain ataupun warna interior sangat identik dengan Brio. Kecuali bila Anda mengambil Mobilio keluaran 2016, interiornya sudah berbeda signifikan.

Jantung pacu mobil ini menggunakan basis mesin yang sama dengan beberapa produk Honda lainnya. Mesin berkapasitas 1.497 cc 4-silinder SOHC masih menjadi andalan Honda untuk segmen ini. Berkat tenaga sebesar 118 dk dan torsi 145 Nm, Mobilio menjadi mobil dengan tenaga terbesar di kelasnya. Sedangkan transmisinya, tersedia dua pilihan. Otomatis CVT atau manual 5-percepatan.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi para konsumen pembeli mobil pertama. Nah, apa saja yang harus diperhatikan ketika tertarik memboyong MPV yang cukup banyak peminatnya ini? Cermati ulasan berikut.

Sejarah Honda Mobilio di Indonesia


2013: PT Honda Prospect Motor (HPM) pada tahun ini meluncurkan Mobilio di Tanah Air. Kehadirannya diproyeksikan untuk menjadi pesaing serius Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Konsumen ternyata merespons secara positif. Berkat tampilannya yang sporti dan mesin yang bertenaga serta irit.

Hadirnya Mobilio sangat membantu penjualan PT HPM secara keseluruhan, bahkan ia menjadi tulang punggung. Ketika pertama kali diluncurkan, Mobilio ditawarkan dalam empat varian, yakni tipe S M/T, tipe E M/T, tipe E CVT, dan tipe E CVT Prestige.

2014: Merespons permintaan konsumen, pihak PT HPM menambah lagi satu varian termewah yakni Mobilio RS. Perbedaan tipe Prestige dan RS lumayan banyak, terutama pada sektor eksterior. Tampilannya tak hanya menjadi elegan, tapi juga bertambah sporti.

2016: PT HPM kembali menyegarkan Mobilio agar semakin diterima konsumennya. Hal ini memang sudah sepatutnya, apalagi para kompetitor sudah berbenah lebih dulu. Kali ini, kesan Brio semakin ditinggalkan melalui ubahan baru yang disodorkan.

Panduan Membeli Honda Mobilio CVT Bekas


Mesin
Walaupun usia Honda Mobilio masih tergolong muda, tak ada salahnya bila Anda memeriksa kondisi mesin. Cara paling gampang adalah tanyakan ke pemiliknya apakah ia melakukan perawatan secara teratur. Itu bisa terpantau dari buku servis dan tes jalan.

Suspensi
Di luar dari masalah mesin, suspensi adalah hal berikutnya yang bisa rusak tanpa menunggu usia pakai ideal. Jika pemilik sebelumnya pernah membentur lubang dengan kecepatan tinggi, bisa jadi sistem suspensi baik dari sokbreker hingga lengan ayun mengalami kerusakan. Tes jalan dan dengar apakah ada bunyi-bunyi yang muncul.

Buku servis
Pihak PT HPM memberi garansi bagi pembeli pertama produk Honda selama 3 tahun. Meski begitu PT HPM juga memberi syarat garansi, yaitu perawatan rutin di bengkel resmi. Untuk memastikan hal tersebut, pastikan kepada pemilik sebelumnya soal buku servis. Sehingga mobil yang Anda incar masih dalam jaminan garansi.

Setir ringan
Honda Mobilio menggunakan electric power steering, membuat pengendaliannya mengasyikan. Apalagi ketika bermanuver di jalan perkotaan yang padat. Rancangan suspensi dan sasis yang identik dengan Brio, juga membuatnya terasa lincah. Namun efeknya kurang nyaman ketika dibawa dengan kecepatan tinggi.

Rem non ABS
Varian E M/T adalah satu-satunya Mobilio yang tak dilengkapi dengan rem ABS. Anda harus lebih waspada ketika mengendarainya, karena tak bisa sembarangan menginjak pedal rem. Apalagi saat jalanan licin. Tak lupa manfaatkanlah engine brake agar kecepatan bisa lebih terkendali.

Pelindung Pilar B
Ketika Anda sedang mengetes mobil berjalan, dengarkan dengan baik suara-suara di dalam interior. Apakah ada suara berisik dari pelindung pilar B? Beberapa pemilik Honda Mobilio mengeluhkan bagian ini kerap bersuara berisik. Biasanya bagian ini mudah longgar. Akibatnya akan terdengar suara berisik. Solusinya, Anda harus mengencangkan kembali pelindungnya agar tak mengeluarkan suara ketika berjalan.

Tips Memilih Honda Mobilio CVT Bekas


Honda Mobilio merupakan salah satu produk fenomenal keluaran Honda. Mobil ini melakukan perubahan besar karena penjualannya tergolong banyak ketika pertama hadir. Harus diakui, tampilannya memang lebih keren dibanding kompetitor di kelasnya. Tetapi mengincar versi bekasnya bukan tanpa masalah, walaupun usianya masih muda. Untuk bagian mesin, rasanya cukup cek apakah ada kebocoran di sela-sela mesin. Sementara di interior, memang banyak keluhan soal suara-suara di dalam kabin. Hal ini bisa saja diakali dengan menambahkan peredam. Untuk pilihan varian, menurut saya tipe RS paling sempurna, dengan fitur-fiturnya yang banyak membantu.

Dari sekitar lima varian yang dijual di pasaran, kami merekomendasikan Honda Mobilio RS CVT. Dari segi harga, ia memang lebih mahal dari tipe Prestige. Tetapi fitur yang lebih banyak jadi keunggulannya. Apalagi tampilannya jauh berbeda dari tipe Prestige sekalipun, tipe RS tampak lebih elegan dan sporti.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel