Tips dan Panduan Membeli Honda Odyssey RB Bekas

Honda Odyssey pertama kali hadir pada 2004 dengan dimensi yang panjang dan lebar. Saat itu MPV yang mempunyai model mirip station wagon ini sudah memasuki generasi ketiga. Hingga pada 2009 Honda Indonesia meluncurkan full model change meski sekilas bentuk yang masih mirip generasi sebelumnya.

Tips dan Panduan Membeli Honda Odyssey Bekas

Sementara pada 2012 ada penyegaran di eksterior dan interior. Bentuknya yang pipih serta memanjang rupanya disukai oleh konsumen. Dengan siluet yang melandai membuat posisi menyetirnya mirip sedan serta lebih stabil saat kecepatan tinggi.

Pada eksterior perubahan terjadi pada grill, lampu utama, bumper, lampu belakang serta pelek. Kesan modern muncul dengan garis krom tegas di grill dipadu lampu yang menyipit. Lekukan pada bumper dan bodi juga menampilkan kesan sporti pada Odyssey.

Sementara pada interiornya, Honda melakukan penambahan beberapa fitur. Seperti mode ECON dengan tombol besar berwarna hijau bila ingin berkendara hemat bahan bakar. Suasananya lebih berkelas dengan warna jok kulit yang gelar disertai motif kayu pada dasbor dan pintu.

Tampilan dasbornya juga terlihat lebih mewah dan sporti. Seperti kisi-kisi AC yang kini dibuat horizontal, setir yang sudah palang tiga dan penggunaan material yang lebih baik. Meskipun tata letak tombol, tuas persneling dan konsol masih sama.

Kemewahan kabin tetap dijaga dimana salah satunya ialah mempertahankan fitur pelipatan bangku secara elektrik. Fitur ini memudahkan penumpang ketika ingin memasukan barang ke kabin. Urusan performa, Honda masih menggunakan mesin 2.354 cc 4-silinder i-VTEC bertenaga 180 dk.

Bagi Anda yang ingin meminangnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja yang harus dicek agar tidak perlu merogoh kocek lebih banyak untuk perbaikan?

Sejarah Honda Odyssey di Indonesia


2004 : Honda Odyssey pertama kali hadir dari Importir Umum (IU) dengan tiga varian yakni Absolute, L dan M. Varian M adalah versi standar dengan bahan jok kain, lampu depan halogen serta pelek 15 inci. Sementara varian Absolute paling lengkap dengan adanya lampu xenon, keyless, sunroof serta AC triple blower. Ketika PT Honda Prospect Motor mendatangkan Odyssey versi APM, tampak luarnya mirip varian M namun fiturnya setara Absolute.

2006 : Honda melakukan facelift pada Odyssey dengan ubahan di eksterior. Mulai dari pelek, gril, bumper dan lampu menjadi sasaran penyegaran. Bagian bawah bumper terlihat lebih elegan  dengan adanya lips.

2008 : Dua tahun kemudian Odyssey kembali berganti model. Perbedaan paling mencolok ialah hadirnya lis krom besar di bawah gril. Di model ini, Honda tetap belum mengadopsi pintu geser.

2012 : Berbeda dengan empat tahun lalu, perubahan pada Odyssey generasi ini terlihat signifikan. Mulai dari desain lampu depan, lampu belakang, gril hingga bumper membuat MPV berwujud station wagon ini lebih elegan.

Panduan Membeli Honda Odyssey Bekas


Pelipatan bangku Elekrik
Salah satu fitur unggulan Odyssey ialah pelipatan bangku secara elektrik. Karena memakai sistem elektrik, pastikan fitur ini masih berjalan normal. Bila ada kerusakan, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya atau harganya menjadi lebih murah dari harga pasaran.

Katup valvematic transmisi
Komponen ini salah satu yang vital karena biaya pergantiannya bisa mencapai Rp 25 juta. Untuk mengeceknya bisa dengan cara injak pedal rem sekeras-kerasnya, masukkan tuas persneling ke D dan injak gas sambil tetap menginjak rem. Apabila putaran mesin beberapa saat mendadak turun, ada kemungkinan katup transmisinya rusak.

Kaki-kaki
Bantingan suspensi Honda Odyssey cukup empuk dan stabil. Tetapi bila melihat jalanan di Indonesia banyak yang rusak, pastikan suspensi mobil masih berkondisi baik. Dengarkan dengan seksama apakah ada bunyi dari suspensi ketika melakukan tes jalan.

Ground clearance
Bentuknya yang panjang dan lebar membuat ground clearance Odyssey sangat rendah untuk sebuah MPV. Padahal mobil yang identik dengan keluarga ini biasanya sering dibawa keluar kota. Anda bisa cek bagian bawah apakah kerusakannya masih wajar atau ada bagian yang harus diganti.

Rilis APM
Di Indonesia ada dua versi Honda Odyssey yakni yang dijual oleh importir umum dan Agen Pemegang Merek. Pastikan mobil yang Anda beli dikeluarkan oleh APM karena ada jaminan ketersediaan sparepart dan harga yang lebih terjangkau. Untuk mengeceknya bisa melihat VIN (vehicle identification number).

Buku Servis
Usia Honda Odyssey produksi 2012 paling enam tiga tahun. Selama tahun-tahun tersebut pastikan pemilik sebelumnya melakukan servis rutin untuk menjaga kondisi mobil tetap baik. Melalui buku servis adalah salah satu cara yang tepat.

Tips Memilih Honda Odyssey Bekas


Honda Odyssey cukup banyak dilirik untuk kondisi bekasnya. Kapasitasnya yang memuat 7 penumpang, kenyamanan yang baik, mewah serta fitur yang lengkap. Ini menjadi alasan mengapa MPV ini cocok untuk keluarga di Indonesia.

Urusan mesin tidak ada masalah berat. Cukup pastikan sistem transmisi otomatisnya berfungsi dengan baik. Jangan lupa perawatan berkala yang rutin jadi hal penting untuk memastikan mobil terawat dengan baik.

Tidak banyak varian yang bisa dipilih untuk Honda Odyssey. Namun Topgir merekomendasikan Odyssey yang dijual langsung dari PT Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang Merek. Hal ini karena adanya jaminan sparepart yang beredar di bengkel resmi maupun di pasaran.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel