Tips dan Panduan Membeli Hyundai Getz Bekas

Saat diluncurkan pertama kali di 2003, Getz langsung diserbu pembeli. Mayoritas konsumen terpikat dengan desain bodinya yang ‘ganteng’. Interiornya juga lumayan modern, membuat kabin Getz merupakan tempat yang nyaman di­tinggali.

Hyundai Getz autobild

Bermesin 1.345 cc, Getz secara cerdas masuk ke celah pasar yang kon­sumennya me­ngingin­kan mobil sebesar compact hatchback 1.500 cc dan berharga rendah, namun tak ingin memakai mesin city car yang kurang performa.

Getz menawarkan beragam fitur kepraktisan, se­­perti banyak ruang penyimpanan, gantungan barang di balik bangku depan, spion elektrik, power window dan mekanisme pelipatan bangku belakang untuk memperbesar kapasitas bagasi.

Plus, pilihan transmisi matik 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Keunggulan lain Hyundai Getz yang tak disangka konsumennya adalah kehalusan berkendaranya. Hingga saat ini, Topgir merasa kalau Getz adalah salah satu produk terhalus yang pernah dihadirkan Hyundai. Bantingannya lembut, begitu pula pe­nyaluran tenaga mesinnya. Memang performa mesin Getz kurang menggigit, namun cukup untuk pemakaian sehari-hari. Apalagi konsumsi BBM-nya juga hemat.

Seiring berdatangannya rival kuat seperti Honda Jazz facelift, Toyota Yaris dan Suzuki Swift, beragam upaya dilakukan Hyundai untuk menarik peminat. Misalnya dengan menampilkan wajah baru Getz versi 4 pintu dan 2 pintu di 2007. Produk ini  boleh dibilang akhir generasi Getz, dan dilanjutkan Hyundai i20 pada 2009.

Sejarah Hyundai Getz di Indonesia


2003 : Getz pertama kali diluncurkan Juli 2003 dan masih didatangkan secara utuh langsung dari Korea. Saat itu Getz menawarkan dua varian, Standar dan Limited Edition. Limited Edition sendiri memakai interior sewarna bodi, body kit serta ban 16 inci.

2004 : Getz mulai dirakit di dalam negeri. Nyaris tidak ubahan, kecuali sistem audio 2 speaker ditambah menjadi 4 buah.

2006 :  Ubahan wajah alias facelift dilakukan. Itu pun amat minor, seperti tape double  DIN, body kit  dan pelek alloy 15 inci.

2007 : Getz kembali melakukan facelift. Kali ini lebih berani dengan menawarkaan va­rian 4 dan 2 pintu. Tampilan eksteriornya lebih modis. Lampu depan multireflektor, pelek 15 inci, rem cakram di keempat rodanya de­ngan ABS, sunroof,  sensor parkir hingga on-board computer. Tak ketinggalan head unit double  DIN, cargo net, spion elektrik.

Mesin juga dinaik­kan kapasitasnya menjadi 1.399 cc. Hyundai sepertinya mau habis-habisan di generasi ini. Bahkan untuk varian 2 pintu mereka juga memberi sunroof sebagai standar.

Tapi walau diberi tam­pilan sporty, Getz 2 pin­tu kurang bisa diterima kalangan anak muda. Harga­nya cukup mahal, namun performa mesinnya belum bisa menyamai saingannya dari Jepang.

Panduan Membeli Hyundai Getz Bekas


Mesin
Memasuki usia cukup tua, kondisi mesin harus benar-benar diperhatikan. Lihatlah apa ada kebocoran di mesin, juga perhatikan kehalusan mesinnya. Bila mesin sudah tidak halus, Ada kemungkinan harus dilakukan perbaikan.

Transmisi
Cek kondisi transmisi matik, masukkan tongkat presneling dari ‘P’ ke ‘D’ saat mesin hidup. Apakah entakannya masih kuat. Jika sudah lemah dan terjadi banyak slip, pertanda transmisinya perlu perbaikan dan butuh lumayan besar.

Kaki-kaki
Pastikan kaki-kaki masih dalam keadaan baik dan tanpa bunyi-bunyi aneh. Jika bantingan sudah kasar, Anda kehilangan salah satu keunggulan utama Getz, yakni kehalusannya.

Bodi
Getz biasanya dijadikan mobil harian yang menempuh jarak panjang. Risiko tertabrak pun besar terjadi, apalagi di perkotaan. Bila ada bagian yang sudah tidak orisinal, gunakan ini untuk mengurangi harga jual.

Bekas Modifikasi
Pecinta Getz umumnya anak muda. Anak muda umumnya doyan modifikasi baik audio maupun bodi. Meskipun dijual secara orisinal, lihatlah bekasnya di eksterior atau interior. Karena kebanyakan modifikasi akan merusak bagian ini.

Akomodasi
Getz bukanlah rajanya akomodasi. Apalagi di belakang yang memiliki ruang kaki sempit. Pastikan Anda tidak bermasalah dengan ini dan menjajalnya terlebih dahulu.

Tips Memilih Hyundai Getz Bekas


Pada dasarnya Hyundai Getz mobil yang tangguh. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin meminang Hyundai Getz bekas. Di antaranya kaki–kaki. Biasanya bushing stabilizer sudah harus diganti. Gejalanya adalah timbul bunyi. Harganya tidak mahal, Rp 50 ribu per buah dan hanya menggunakan dua buah.

Lalu jika mobil sudah berjalan 60 ribu kilometer atau lebih, perhatikan sil klep. Karena biasanya oli suka merembes dari bagian ini. Engine mounting juga harus diperhatikan. Biasanya kalau sudah aus getaran mesin lebih kasar dari biasanya. Untuk mobil yang bertransmisi otomatis, jika jarak tempuh sudah mencapai 45 ribu atau lebih, pastikan oli transmisi telah diganti.

Bagi yang berminat untuk membeli Getz, Topgir merekomendasikan tipe 4 pintu SG. Apalagi setelah facelift kelengkapannya meningkat. Tahun pembuatan tipe SG juga lumayan baru, membuat kondisinya relatif lebih baik.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel