Tips dan Panduan Membeli Hyundai H1 Diesel Bekas

Pada pertama kali Hyundai H-1 meluncur di tahun 2010, cukup dilirik para pecinta otomotif. Lantaran jika beberapa APM mengeluarkan MPV mewah seperti Toyota Alphard, VW Caravelle Tranporter dengan harga yang cukup tinggi si bongsor dari negeri Korea ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 300 jutaan.

Hyundai H1 autobild

Melihat volumenya yang luas dengan kofigurasi bangku 3 dan 4 baris, tentunya sangat pas sekali untuk membawa penumpang yang cukup banyak disaat berlibur maupun mudik lebaran. Tiga baris memberikan ruang hingga 9 penumpang. Sementara 4 baris menghasilkan tempat untuk 12 orang. Terlebih kehematan dan kekuatan mesin diesel, H-1 memberi value sangat baik untuk saat ini.

Melihat dimensinya, H-1 setara dengan VW Caravelle Tranporter dengan interior sangat luas. Terdapat 2 pilihan kofigurasi bangku, yaitu 3 dan 4 baris. Tiga baris memberikan ruang hingga 9 penumpang. Sementara 4 baris menghasilkan tempat untuk 12 orang. Ditambah kehematan dan kekuatan mesin diesel, H-1 memberi value sangat baik.

Bentuknya memang bukan selera semua orang, tapi konstruksi semi-bonnet tengah menjadi tren saat ini. Selain memiliki keuntungan pada sisi aerodinamika, juga memberikan ruang interior lapang. Cakram berventilasi di keempat roda dengan teknologi ABS telah menjadi standar. Pelek berdiamater 16 inci dengan balutan ban berukuran 215/70 terlihat pas di balik sepatbor. Sedangkan pintu geser di kedua sisi memberikan kemudahan akses penumpang di belakang sehingga memberikan sisi kepraktisan tinggi.

Mari kita menoleh ke ruang dapur pacu. Hyundai H-1 CRDi menyematkan mesin 2.497 cc berteknologi turbo diesel yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 170 dk dan torsi 392 Nm. Sangat mendukung sekali tenaga yang diberikan untuk melewati jalanan luar kota pada saat tanjakan.

Jika kita melihat bentuknya memang bukan selera setiap orang dengan bentuk yang besar dan cukup panjang. Tetapi hal itu tertutupi dengan muatan hingga 12 penumpang dan konstruksi semi-bonnet tengah menjadi tren saat ini.

Cakram berventilasi di keempat roda dengan teknologi ABS telah menjadi standar. Pelek berdiamater 16 inci dengan balutan ban berukuran 215/70 terlihat pas di balik sepatbor. Selain itu diberikannya pintu geser pada kedua sisi tengah memberikan kemudahan akses keluar masuk penumpang.

Sejarah Hyundai H1 Diesel di Indonesia


2008 : Hyundai menghadirkan H-1 ke Indonesia. Mereka melihat peluang pasar di MPV mewah dengan harga terjangkau. Hal yang menjadi jualan utama H-1 adalah kelegaan ruang. Di dalam mobil ini Anda bisa menjulurkan kaki dengan leluasa seperti limosin, bahkan di jok paling belakang sekalipun.

Saat diluncurkan H-1 baru memiliki satu varian mesin yakni bensin 2.359 cc bertenaga 174 dk. Meski lumayan boros BBM, harga jual hanya Rp 300 jutaan membuat H-1 memiliki daya tarik tinggi.

2010 : Giliran H-1 CRDi masuk ke pasar setelah lama ditunggu. Varian mesin diesel ini lebih bertenaga dan ekonomis ketimbang saudaranya yang bensin. Tapi begitu juga dengan harganya yang lebih tinggi. H-1 CRDi dilempar ke pasar seharga Rp 415 juta atau lebih mahal Rp 45 juta ketimbang versi bensin.

H-1 memakai mesin diesel canggih yang dibekali teknologi Common Rail Direct Injection (CRDi) dan Variable Geometric Turbocharger (VGT). Peredaman kabin pun baik sehingga gangguan suara dari luar bisa direduksi cukup banyak.

Panduan Membeli Hyundai H1 Diesel Bekas


Kondisi Mesin
Saat melakukan test drive lihat apakah ada asap berlebihan ketika berakselerasi. Rasakan juga kebisingan serta getaran mesinnya. Walaupun diesel, semestinya H-1 tetap halus.

Interior Belakang
Siapapun yang membeli H-1 kemungkinan besar senang membawa banyak orang. Dan kadang muatan penumpang banyak ini bisa menggores atau merusak interior. Perhatikan dengan seksama tiap detail interior.

Rem
Karena bobotnya cukup besar, satu hal yang mesti dipastikan kondisinya adalah rem. Kondisi lalu-lintas macet di perkotaan juga menambah berat beban kerja rem di mobil ini.

Dimensi 
Bila Anda berniat mengemudikan sendiri dan tak menggunakan jasa sopir, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan dimensi mobil ini. Meliuk di kepadatan jalan serta parkir bisa memusingkan pengemudi H-1. Juga pastikan garasi rumah Anda cukup untuk memuatnya.

Buku Servis
Karena mobil ini masih baru dan bergaransi, sangat vital untuk memastikan H-1 CRDi pilihan Anda memiliki catatan servis rapi di bengkel resmi. Bila tidak ada, maka garansi yang dimiliki akan hangus.

Suspensi
Meskipun dimensinya mirip dengan Caravelle maupun Alphard, bantingan suspensi H-1 belum sebanding dalam hal kenyamanan dan kehalus­an. Ia memang cukup lembut namun tetap memiliki karakter lebih kasar ketimbang produk Eropa.

Tips Memilih Hyundai H1 Diesel Bekas


Jika Anda ingin membeli Hyundai H-1 diesel bekas, hal utama yang harus diperhatikan adalah sistem pengeremannya. Biasanya yang lebih cepat rusak adalah kampas rem dan piringannya. Hal ini disebabkan kondisi jalan yang macet penuh kondisi stop and go, serta bobot dari mobilnya sendiri yang besar.

Biasanya kalau piringan rem sudah rusak akan terasa bergetar saat direm. Jika kampas remnya aus, gejalanya akan timbul bunyi berdecit. Sisanya tidak terlalu menyusahkan. Cukup ikuti saja petunjuk perawatan sesuai dengan buku servis yang ada dan gunakan bahan bakar diesel yang sesuai rekomendasi.

Bukan karena ini adalah edisi khusus diesel lantas Topgir membahasnya. Namun Topgir memang sepakat untuk merekomendasikan tipe CRDi pada Anda. Konsumsi BBM-nya hemat dan torsi yang dikeluarkan lebih besar dibanding bensin. Hadir dengan dua pilihan Hyundai H1 CRDi Elegance A/T dan CRDi Elegance XG CRDi A/T cukup membuat dilema sendiri untuk memilihnya. Selisih harga hingga lebih dari sepuluh juta pada kedua tipe tersebut membuat Topgir menjatuhkan pilihan pada Hyundai H1 CRDi Elegance A/T karena pada tipe ini sudah diselimuti kemawahan pada kabinnya sehingga memberikan kenyamanan tersendiri disaat melakukan perjalanan.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel