Tips dan Panduan Membeli Hyundai i20 Bekas

Hyundai i20 yang menggantikan Hyundai Getz diluncurkan di Indonesia untuk bertarung di kelas Compact Hatchback. Mobil yang dikembangkan untuk pa­sar Eropa ini merupakan produk global dan dirilis untuk pasar Tanah Air. Awalnya PT. Hyundai Mobil Indonesia selaku ATPM menghadirkan dua tipe i20, yaitu GL dan XG pada tahun 2008. Setahun kemudian i20 hadir dengan tipe CRDi yang bermesin diesel.

Hyundai i20 autobild

Fitur yang ditawarkan cukup menawan karena sudah tersedia Lingkar kemudi three spoke yang dilengkapi kontrol audio, fitur pelipat spion elektrik dan Multi Information Display akan menjadi kelengkapan standar. Bahkan untuk tipe XG sudah dilengkapi sunroof.

i20 hadir  dengan dua pilihan mesin bensin dan turbodiesel. Pilihan mesin diesel, menjadikan i20 satu-satunya Compact Hatchback yang menye­matkan dapur pacu ra­cikan Rudolf Diesel.

Performa Hyundai i20 juga cukup menawan dengan dua pilihan mesin. Meski dengan kapasitas yang lebih kecil dari kompetitornya, dengan kapasitas mesin 1.400 cc, i20 mampu menghasilkan tenaga sebesar 100 dk dan torsi sebesar 139 Nm.

Pun begitu dengan tipe CRDi. Kapasitas mesin diesel 1.400 cc yang dilengkapi turbo intercooler, mampu menghasilkan torsi maksimal sebesar 224 Nm sejak 1.750 rpm.

Kondisi ini tentu se­suai dengan konsep sebuah mobil kompak yang dinamis. Kian asyik, teknologi common-rail yang dise­matkan mampu meminum solar biasa.

Hyundai i20 juga me­nawarkan aura Eropa pada sekujur bodinya. Tersirat dari dimensi bodi­nya yang lebih besar dari kompetitornya. Konsep V-shape pada tampilan depannya dan belakang begitu dominan dan berkarakter. Apala­gi dengan airdam besar di bumper dan dua garis tegas di kap mesin. Dimensi lampu belakang yang besar mem­buatnya tampil mena­rik dan lebih elegan untuk se­buah Compact Hatchback.

Saat mengendarai di kemacetan kota Jakarta, kita pun juga akan terhibur dengan Head unit yang ter-integrated dan mampu memutar CD dengan format MP3 serta telah dilengkapi auxuliary. Bahkan untuk tipe XG sudah dilengkapi dengan i-Pod dan konektor USB berikut 4 speaker dan tweeter.

Sejarah Hyundai i20 di indonesia


2008 : PT. Hyundai Mo­bil Indonesia selaku ATPM menghadirkan Hyundai i20 dengan dua tipe i20, yaitu GL dan XG untuk menggantikan Hyundai Getz. Ia hadir dalam transmisi otomatis dan manual.

2009 : PT. Hyundai Mobil Indonesia menghadirkan tipe CRDi dengan mesin diesel bertransmisi manual. Dengan hadirnya mesin diesel pada tipe CRDi, menjadikan­nya sebagai satu-satunya com­pact hatchback yang menyematkan dapur pacu dengan mesin Diesel.

Panduan Membeli Hyundai i20 Bekas


Pedal Gas
Pedal gas Hyundai i20 terasa berat saat kita menginjak nya. Hal itu karena kabel gas Hyundai i20 panjang dan jalurnya berliku-liku. Pastikan hal ini tidak mengganggu Anda.

Kaliper Rem
Kaliper rem Hyundai i20 harus sering di lumasi. Karena kalau tidak, ia akan kering dan akan menimbulkan bunyi-bunyi yang akan mengganggu Anda. Pastikan Anda rajin untuk memeriksa hal tersebut.

Steering Rack
Steering Rack Hyundai i20 harus diseting secara periodik. Karena kalau tidak, biasanya akan ada celah dan menyebabkan bunyi di bagian power steering. Pastikan Anda rajin untuk memeriksa hal tersebut.

Varian Mesin
Jika ingin membeli mobil ini, pilihlah Varian mesin Diesel.  Mesin diesel common-rail yang dilengkapi Variable Geome­tric Turbocharged (VGT) ini cukup irit dan mempunyai torsi sebesar 224 Nm yang cukup asyik digunakan sehari-hari. Tapi untuk varian ini hanya tersedia transmisi manual.

Interior
Perhatikan interiornya sebelum membeli. Karena mobil ini menjadi mobil sehari-hari. Sebaiknya pilihlah mobil dengan interior yang bersih dan bebas dari noda permanen.

Tips Memilih Hyundai i20 Bekas


Jika ingin membeli Hyundai i20 bekas, pastikan mobil tersebut mempunyai service record yang lengkap. Agar kerusakan yang terjadi dapat di deteksi. Biasanya masalah pada mobil ini terjadi bunyi pada kaliper rem. Cara mengatasinya cukup dilumasi saja dengan minyak dari bengkel resmi. Selain itu, bawalah mobil tersebut ke bengkel resmi untuk dilakukan general check-up

Pilihan terbaik versi Topgir adalah versi diesel. Meskipun manual, tapi mobil ini cocok  digunakan sehari-hari jika dilihat dari aspek efisiensi. Torsi yang besar akan memberikan keasyikan tersendiri buat Anda saat harus menyalip kendaraan lain.

Tapi jika Anda lebih mementingkan transmisi otomatis, sebaiknya membeli yang tipe GL. Selain terdapat sunroof, fitur yang ditawarkan tipe ini cukup menarik.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel