Tips dan Panduan Membeli Hyundai i20 Diesel Bekas

Banyak orang yang mempunyai stereotip bahwa mesin diesel adalah mobil berbodi besar. Padahal mobil-mobil berdimensi kecil pun sah-sah saja menggunakan mesin yang khas dengan tenaga putaran bawahnya.

Hyundai i20 autobild

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai memberi bukti bahwa tidak selalu mesin yang identik dengan kebisingan ini cocok untuk mobil model hatchback. Dan i20 menjadi salah satu mobil bermesin diesel berdimensi kecil.

Hyundai i20 memang bukan satu-satunya hatchback di Indonesia yang bermesin diesel, karena masih ada Ford Focus yang menjadi rivalnya. Namun mobil ini terasa spesial karena mesin yang ditanamkannya tanpa busi dengan volume silinder kecil yakni 1.396 cc.

Bila dibandingkan dengan varian bensin, jelas mobil ini memberikan sensasi berbeda karena sangat asyik diajak berakselerasi. Sebabnya tidak lain karena limpahan torsi di putaran rendah seperti mesin diesel pada umumnya.

Mesin diesel yang digunakan oleh i20 tergolong modern karena sudah disematkan Variable Geometric Turbocharger + intercooler dan penggunaan common-rail bertekanan hingga 1.350 bar. Hasilnya, torsi yang dihempaskan mencapai 225 Nm pada 1.750 rpm

Meskipun torsinya cukup besar untuk ukuran hatchback, tenaga yang disemburkan hanya 90 dk. Tetapi dengan tenaga tersebut sudah lebih dari cukup untuk menjalani rutinitas Anda sehari-hari.

Sayangnya, Hyundai tidak bermain lama di varian diesel ini karena produksi berakhir pada 2011. Varian yang hadir pun hanya bertransmisi manual, sehingga bagi Anda yang sering berhadapan dengan kemacetan butuh tenaga lebih untuk memindahkan persneling.

Sejarah Hyundai i20 di Indonesia


2008: Kehadiran i20 pertama kali dan didapuk menggantikan hatchback andalan Hyundai sebelumnya, Getz. PT. Hyundai Mobil Indonesia selaku Agen Pemegang Merek menghadirkan Hyundai i20 dengan dua tipe i20, yakni GL dan XG. Hadir dalam transmisi otomatis dan manual membuat konsumen bebas memilih sesuai selera.

2009: Selang satu tahun kemudian, PT. Hyundai Mobil Indonesia menghadirkan tipe CRDi dengan mesin diesel bertransmisi manual. Kehadiran mesin diesel pada tipe CRDi menjadi cara unik untuk merangkul konsumen pencinta diesel yang membutuhkan mobil untuk menjalani rutinitas sehari-hari.

Panduan Membeli Hyundai i20 Diesel Bekas


Pedal Gas
Saat Anda menginjak pedal gas Hyundai i20 akan terasa berat. Penyebabnya adalah kabel gas i20 lebih panjang dan jalurnya berliku-liku sehingga membutuhkan ekstra tenaga untuk mendapatkan tenaga yang diinginkan.

Kaliper Rem
Meskipun bertransmisi manual, kaliper rem i20 CRDi harus sering dilumasi. Jangan remehkan hal ini karena bila kering akan mengeluarkan bunyi yang menganggu Anda saat mengemudi. Periksa selalu baik saat servis rutin ke bengkel maupun cek sendiri saat mobil berada di garasi rumah.

Steering Rack
Bila Anda mendengar bunyi pada bagian power steering, maka bisa jadi ada kerusakan pada steering rack. Peranti ini memang harus diseting secara periodik dan bisa Anda lakukan saat melakuan servis di bengkel.

Suspensi
Pada mobil-mobil besar yang menggunakan mesin diesel memang suspensinya terasa empuk. Tapi jangan harap hatchback diesel ini seempuk suspensi modil diesel berbodi besar, karena bodinya yang kecil membuat bobotnya lebih ringan. Alhasil pada bagian suspensi dibuat lebih kaku dan memang kurang nyaman bila melahap jalanan tidak rata.

Mesin
Banyak yang bilang bahwa mesin diesel tidak memerlukan perawatan rutin karena lebih awet dibanding bensin. Tapi jantung pada mobil ini harus Anda cek apakah performanya masih baik atau sudah terlalu lama tidak di servis. Jangan sampai tergiur dengan mesin dieselnya tanpa mengecek performanya.

Interior
Besar kemungkinan mobil ini digunakan oleh pemilik sebelumnya untuk perjalanan sehari-hari beraktivitas. Perhatikan kualitas interiornya seperti jok, apakah ada noda yang membekas. Ketelitian sangat diperlukan saat mengecek interior ini dan pilih yang masih bersih.

Tips Memilih Hyundai i20 Diesel Bekas


Hyundai i20 diesel salah satu mobil langka yang banyak dicari untuk pencinta diesel. Bila Anda ingin mencari mobil ini butuh waktu yang panjang mencarinya. Kalau memang sudah menemukannya, jangan lupa mengecek kondisi mesinnya. Masih banyak konsumen diesel yang beranggapan bahwa mobil tidak perlu dirawat secara rutin. Padahal itu bisa berefek panjang dan membuat performa mobil menurun. Ja­ngan lupa juga saringan solar turut dicek.

Tak dapat dipungkiri bahwa pilihan i20 bermesin diesel merupakan pilihan rekomendasi Topgir. Alasannya cukup simpel, eksklusivitas lantaran jumlah unit yang tersedia sangat terbatas.

Bila Anda dapat memperolehnya, maka performa menjadi keunggulan dari i20 CRDi. Meski bertransmisi manual, namun ia dapat diandalkan untuk mobilitas sehari-hari. Irit BBM dan karakter mesin diesel sangat asyik dikendarai dalam kondisi stop and go serta fun to drive ketika diajak pelesir ke luar kota. Tak ada kesulitan berarti saat ingin melakukan overtake kendaraan di depannya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel