Tips dan Panduan Membeli Jeep Wrangler JK Bekas

Mendengar kata Jeep yang terlintas pasti sosok mobil berbodi besar, gagah dan khas dengan mobil pria. Khusus tipe Wrangler JK, mobil ini didesain untuk Anda pencinta off-road.

Jeep Wrangler JK autobild

Secara global, Jeep Wrangler telah hadir sejak era 80-an. Kebutuhan konsumen yang hobi off-road dipenuhi oleh pabrikan asal Amerika Serikat ini. Saat ini di Indonesia ada dua tipe yang beredar di pasar mobil bekas, yakni tipe 3.600 cc dan 3.800 cc.

Pada 2011 Jeep Wrang­ler JK diluncurkan di Indonesia. Desain yang khas tampak dari eksteriornya. Jeep seperti membiarkan identitas Wrangler sehingga hanya bagian bumper depan dan fog lamp yang berubah bentuk.

Perubahan besar terlihat pada interior seperti desain dasbor yang lebih ergonomis. Desain instrumen panel (spidometer) dengan ring krom dan kombinasi cahaya dari indikator menimbulkan kesan mewah pada mobil gagah ini.

Kemewahan juga tampak pada bangku dan doortrim yang dibalut dengan kulit. Fitur-fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HAS), HillDecent Control (HDC), dan Trailer Sway Control (TSC) masih disematkan pada Wrangler JK.

Pada mesin tipe 3.776 cc 6-silinder tenaganya mencapai 202 dk dengan torsi 321 Nm. Sementara generasi terbarunya yakni All-New Jeep Wrangler berkapasitas 3.600 cc V6 DOHC menghempaskan tenaga 290 dk dan torsi puncak 350 Nm.

Transmisi keduanya juga berbeda. Tipe 3.776 cc menggunakan transmisi otomatis 4-speed override dengan tambahan teknologi hydraulic actuated clutch dual-mass fly wheel system. Sementara 3.600 cc bertransmisi otomatis 5-speed.

Sejarah Jeep Wrangler JK di Indonesia


2011: PT Garansindo Inter Global se­ba­gai distributor resmi Jeep meluncurkan Wrangler terbaru di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 5 varian mulai dari Jeep Wrangler Sport, Sport Unlimited, Saha­ra , Rubicon dan Rubicon Unli­mited.

Jeep Wrangler 2011 me­ng­a­lami perubahan pada sisi ergonomi dan material di semua modelnya. Mobil tersebut dilengkapi de­ngan pengatur audio di lingkar setir, cruise control serta fitur handsfree.

2013: Dua tahun suk­ses menjual Jeep Wrangler JK, PT. Garansindo Inter Global kembali memboyong generasi terbaru Wrangler. Ada tiga pilihan yang ditawarkan, yakni New Jeep Wrangler Sport, New Jeep Wrangler Rubicon, Daily Drive Jeep, sebuah segmen terbaru Jeep.

Perubahan pada Wrangler 2013 antara lain meliputi seat cu­ 9shion, lampu baca, cup holder serta sistem audio. Ada dua pilihan mesin, pertama berkapastias 3.600 cc V6 DOHC bertenaga 290 dk dan torsi 350 Nm. Kedua mesin diesel berkapasitas 2.800 cc CRD bertenaga 200 dk dengan torsi 460 Nm. Namun untuk mesin diesel hanya ada pada varian Wrangler Sport Platinum.

Panduan Membeli Jeep Wrangler JK Bekas


Kelistrikan
Bila Anda mencari Jeep Wrangler JK yang diluncurkan pada 2011 dengan mesin 3.800 cc, ada baiknya cek kondisi kelistrikannya. Banyak pemilik sebelumnya yang memarkir mobilnya dalam waktu lama di garasi. Akibatnya, kabel-kabel digigit oleh tikus.

Buku Servis
Catatan servis sangat penting untuk mobil yang biasa digunakan pada medan berat. Meskipun pemilik sebelumnya mungkin tidak pernah menggunakannya untuk off-road, tetapi catatan servis tetaplah penting untuk memastikan mobil ini terawat dengan baik.

Sasis
Mengingat mobil ini di desain untuk off-road, bukan tidak mungkin pemilik sebelumnya tidak detil membersihkan area sasis bagian dalam. Bila noda tanah atau lumpur tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan karat lebih cepat dari waktunya.

BBM
Tenaganya memang sangat besar, jangan heran bila mobil ini tergolong boros BBM. Pastikan pemilik sebelumnya menggunakan bahan bakar tanpa timbal. Karena ini berpengaruh pada performa mesin saat berakselerasi.

Bodi
Saat digunakan untuk off-road, batu-batu kecil pasti bersentuhan dengan bodi. Perhatikan dengan detil apakah seluruh bodi tidak terlalu banyak goresan. Terkecuali bila Anda memang niat untuk menggunakan off-road dan tidak mempermasalahkan kondisi bodi yang banyak lecet.

Interior
Interiornya tergolong mewah baik produksi 2011 maupun 2013. Bahan kulit yang menyelimuti jok dan door trim perlu perhatian khusus karena tidak murah bila Anda ingin mengganti bahan orisinal pada bagian tersebut.

Tips Memilih Jeep Wrangler JK Bekas


Pembeli harus lebih teliti saat memeriksa kabel-kabel di kolong mesin. Sering kali menemukan kendala eksternal seperti kabel yang digigit tikus karena terlalu lama didiamkan di garasi. Sela-sela mesin juga harus ditengok apakah bebas kotoran tanah karena mobil ini didesain untuk off-road. Kalau untuk yang 2012 tidak banyak kendala berarti karena umurnya rata-rata masih 2 - 3 tahun sehingga hanya perlu cek catatan servisnya.

Kami merekomendasikan Anda untuk membeli Jeep Wrangler JK produksi 2013 bila untuk digunakan setiap akhir pekan atau di jalan raya. Mesinnya yang lebih irit dengan 3.600 cc dibanding produksi 2011 menjadi nilai tambah. Performanya tidak berbeda jauh. Dibawa off-road pun tidak masalah.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel