Tips dan Panduan Membeli All New Kia Picanto Bekas

Kecil, lincah, dan efisien dalam pemakaian bahan bakar. Tiga hal inilah yang membuat KIA Picanto banyak dicari orang meskipun dalam kondisi bekas

All New Kia Picanto Autobild

Bicara hatchback berukuran kecil KIA Picanto memang punya prestasi yang gemilang. Mobil mungil asal Korea Selatan ini banyak diincar kaum commuter perkotaan seperti Jakarta yang membutuhkan mobil compact, mesin yang lincah, dan tetap memiliki efisiensi penggunaan bahan bakar.

Pada 2011, PT KIA Mobil Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merk mobil KIA di Tanah Air menghadirkan All New KIA Picanto sebagai generasi kedua dari KIA Picanto. Desainnya berubah total dari Picanto sebelumnya sekaligus mengusung mesin berkapasitas 1.250 cc 4-silinder DOHC Dual CVVT baru yang di atas kertas mampu meletupkan tenaga hingga 87 dk dengan torsi 121 Nm.

Dengan torsi yang cukup besar namun ditunjang ukuran bodi yang mungil serta bobot mobil yang hanya 1.030 kg, All-New KIA Picanto mampu memberikan akselerasi yang sigap dengan pencapaian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) 10,05 km/liter untuk pemakaian dalam kota dan 15,25 km/l pada penggunaan luar kota.

Teknologi MDPS (Motor Driven Power Steering) yang mampu mengatur berat setir tergantung tingkat kecepatan, bisa memberikan kemudahan dalam berkendara. Semakin kencang mobil dijalankan, setir akan semakin berat putarannya, sebaliknya ketika mobil berjalan lamban termasuk saat parkir setir terasa ringan. Hal ini membuat mengendarai All-New KIA Picanto cukup user friendly sehingga banyak kaum hawa atau para pelajar yang baru saja mengendarai mobil memilih kendaraan ini.

Dengan umur mobil yang belum terlalu tua, menjadi nilai lebih ketika Anda memilih All-New KIA Picanto yang sudah dalam kondisi bekas pakai, sehingga mobil masih terasa baru.

Sejarah Kia Picanto di Indonesia


2004 KIA Picanto pertama kali dipasarkan sebagai penerus KIA Visto yang sudah terhenti produksinya pada tahun 2000-an. Saat itu mesinnya menggunakan 1.1-liter empat silinder. Di beberapa negara lain ada juga pilihan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. Di Indonesia, KIA Picanto generasi awal ini dikenal dengan istilah Picanto lampu kotak.

2007 KIA Picanto mengalami facelift pertama dengan perubahan desain bumper, lampu depan dan belakang serta bertambahnya dimensi bodi. Dikenal dengan istilah Picanto lampu kacang, mesinnya masih sama dengan generasi terdahulu.

2010 KIA Picanto kembali mengalami facelift. Di Indonesia namanya menjadi KIA Picanto Cosmo. Ubahannya tidak terlalu signifikan hanya pada bentuk foglamp, dan aksen merah pada grille depan.

2011 Generasi All-New KIA Picanto yang saat ini beredar di Indonesia. Mesinnya berubah jadi 1.200 cc Kappa empat silider dengan pilihan tranmsisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Banyak yang menyebut sejumlah keluhan pada KIA Picanto terdahulu sudah tidak terjadi lagi di generasi paling gress ini.

Panduan Membeli Kia Picanto Bekas


Service record
PT KIA Mobil Indonesia (KMI) telah memberikan garansi hingga 5 tahun terhadap produk-produk terbarunya, termasuk pula All New KIA Picanto. Melihat usinya yang belum menyentuh 5 tahun, maka selayaknya All-New KIA Picanto bekas pun masih memiliki garansi dari KMI. Karena itu service record di bengkel resmi bisa terdeteksi. Jika hal ini tidak ada oleh pemilik sebelumnya, sebaiknya ganti pilihan Anda ke unit yang lain.

Mesin
Boy Hendri, Owner Bengkel Garasi 30 yang menyediakan jasa layanan perbaikan khusus Hyundai dan KIA menyebutkan, sebelum menimang All-New KIA Picanto sebaiknya cermati bagian mesin. Caranya mudah, cukup dengarkan suara mesin dengan seksama. Jika suara mesin terlalu kasar berarti ada yang tidak beres pada salah satu bagiannya. Perhatikan pula kolong mobil dan sela-sela kompartemen mesin. Jika terlihat ada bagian oli yang menetes, maka bisa dipastikan seal-seal pada mesin sudah aus atau perlu diganti.

Performa
Sebagai mobil yang belum terlalu tua sejatinya performa yang masih mumpuni. Sebelum benar-benar menebus All-New KIA Picanto yang Anda incar, sebaiknya lakukan test drive atau uji jalan. Perhatikan benar bagaimana perpindahan gigi baik untuk yang tipe transmisi manual maupun matik. Adakah gejala transmisi menghentak, atau tenaga terlalu boyo. Jika hal itu terjadi maka bisa dipastikan ada masalah pada system transmisi ataupun kelistrikan mobil tersebut. Perbaikannya perlu tune up hingga bongkar transmisi dan turun mesin.

Mesin
Sebagai mobil yang peruntukannya bagi jalan raya perkotaan, All-New KIA Picanto memiliki torsi yang tidak terlalu besar. Karenanya ketika menemui jalan menanjak harus dipindah ke posisi gigi 1 atau L agar mesin tetap responsif.

Akomodasi
All-New KIA Picanto juga memiliki posisi sandaran punggung kursi belakang yang tegap dengan akomodasi ruang penumpang belakang yang tidak terlalu lebar. Ini sebaiknya Anda pertimbangkan jika menjadikan All-New KIA Picanto sebagai mobil keluarga sementara Anda memiliki putera-puteri yang sudah beranjak remaja.

Kualitas BBM
Banyak pemilik All-New KIA Picanto yang terasa ngelitik, itu bukan lantaran buruknya kualitas mesin mobil Korea tersebut namun karena memang anjuran pihak pabrikan yang menyarankan kualitas BBM minimal RON92 seperti Pertamax atau Shell Super.

Tips Memilih Kia Picanto Bekas


Memiliki umur yang masih terbilang muda membuat All-New KIA Picanto dalam kondisi bekas tidak terlalu punya banyak masalah. Hal terpenting yakni service record. Dengan adanya histori servis berkala dari pemilik sebelumnya, maka akan terdeteksi bagian mana saja dari mobil yang sudah mengalami pergantian komponen. Selain itu service record ini menjamin garansi 5 tahun yang diberikan KMI terhadap All-New KIA Picanto.

Sebelum meminang All-New KIA Picanto bekas, sebaiknya lakukan uji jalan alias test drive. Rasakan bagaimana tarikan mesin, handling, kaki-kaki dari mobil yang bersangkutan. Jika terasa ada gejala mesin terlalu boyo atau setir narik ke arah tertentu, maka bisa dipastikan mobil tidak layak untuk Anda bawa pulang karena pernah mengalami accident.

All-New KIA Picanto bertransmisi otomatis akan sangat cocok untuk pemakaian dalam kota, mengingat kondisi lalu lintas di kota-kota besar di Indonesia sudah sangat padat, sehingga bisa didapat kepraktisan dan kenyamanan berkendara. Konsumsi BBM-nya juga masih terbilang irit dan gejala transmisi menghentak pada KIA Picanto Cosmo sudah tiada.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel