Tips dan Panduan Membeli KIA Sportage Bekas

Sulit ditampik minat masyarakat terhadap SUV semakin besar. Termasuk pasar mobkas SUV yang mengalami pertumbuhan. Salah satu produk yang bisa jadi incaran adalah Kia Sportage. Inilah tips beli mobil SUV Kia Sportage bekas di Indonesia

Tips dan Panduan Membeli KIA Sportage Bekas

Sulit ditampik minat masyarakat terhadap SUV semakin besar. Termasuk pasar mobkas SUV yang mengalami pertumbuhan. Salah satu produk yang bisa jadi incaran adalah Kia Sportage. Inilah tips beli mobil SUV Kia Sportage bekas di Indonesia.

Tren SUV kian digemari karena bodinya yang besar dan mampu melewati berbagai medan dengan kelebihannya ground clearance yang tinggi. Kia Sportage yang produksi 2011-2013 bisa menjadi opsi menarik untuk Anda mencari mobil bekas model SUV.

Bila sedang mencari mobil yang berbeda dan populasinya tergolong jarang, Kia Sportage salah satu pilihan yang menarik. Desainnya yang khas tidak bosan untuk dipandang.

Kia Sportage ini menggunakan mesin Theta II 2.000cc D-CVVT bertenaga 166 dk di 6.200 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 196 Nm pada 4.000 rpm. Sudah cukup untuk sebuah SUV berbadan bongsor ini.

Dari hasil pengetesan Topgir ketika baru, pengendaliannya terasa ringan sehingga cukup nyaman ketika bermanuver baik di medan berat maupun jalan tol.

Soal desainnya, cukup banyak perubahan dibanding generasi sebelumnya. Seperti gril yang terlihat lebih gelap karena berkelir hitam serta menggunakan desain kisi-kisi garis menyilang bermotif seperti ketupat sebagai saluran udara. Gril desain tiger-nose masih terlihat jelas sebagai identitas produk KIA.

Lampu kabutnya berbentuk memanjang dengan bumper lebar berlatar hitam. Pada bagian samping, desain pelek terlihat banyak pahatan yang menimbulkan efek tiga dimensi. Kesan elegan kian terasa dengan desain palang lima dan lapisan krom.

Fitur-fitur yang tersemat juga cukup. Seperti fitur GPS yang membantu Anda ketika mencari rute jalan ke tempat tujuan. Airbag, ABS, EBD dan BA menjadi fitur keselamatan standar yang dipasang oleh pabrikan asal Korea ini. Dengan harga bekasnya di rentang Rp 160 juta hingga Rp 270 juta menjadikannya menarik sebagai pilihan Medium SUV.

Sejarah KIA Sportage di Indonesia


2005: Pertama kali Kia Sportage hadir di Indonesia dan banyak dipakai oleh pejabat pada masanya. Bentuknya masih tergolong kaku dengan gril horizontal dan bumper berwarna hitam besar. Lampu yang besar dan bulat di masanya terlihat cocok untuk mobil SUV. Ia menggunakan mesin bensin Theta II 2.000 cc.

2010: Hampir 5 tahun PT Kia Mobil Indonesia tidak meluncurkan generasi terbaru, akhirnya pada tahun ini muncul dengan ubahan signi kan. Secara global, ini adalah generasi ketiga sehingga tidak heran di Indonesia ada yang menyebutnya Kia Sportage III.

Bentuk lampu yang pipih serta gril yang sudah mengadopsi Tiger-Nose membuatnya terlihat lebih modern dibanding pendahulunya.

2014: Kia Sportage mengalami penyegaran khususnya desain eksterior. Tidak terlalu signi kan, bagian detail seperti lampu belakang, gril, lampu kabut dan bumper. Namun ada ubahan di mesin di mana generasi ini tenaganya lebih kecil dari 166 dk menjadi 158 dk.

Panduan Membeli KIA Sportage Bekas


Mesin
Sebelum membeli Sportage, sebaiknya cermati bagian mesin. Cara paling mudah ialah mendengarkan suara mesin dengan seksama. Jika terdengar kasar, ada yang tidak beres pada salah satu komponennya. Juga perhatikan apakah ada rembesan oli di blok mesin. Jangan lupa juga perhatikan kolong mesin dan sela-sela kompartemen. Apabila Anda melihat ada bekas oli menetes, kemungkinan seal pada mesin sudah aus dan perlu diganti.

Transmisi
Selain mesin, perhatikan pula bagian transmisi. Terutama transmisi matik, pastikan perpindahan gigi berjalan dengan lembut tanpa adanya entakan. Di kecepatan sedang, gigi pun lekas berpindah tanpa tertahan di rpm tinggi (3.500-4.000 rpm).

Suspensi
Mengingat Kia Sportage adalah SUV yang bisa dibawa ke medan berat, ada baiknya cek bagian kaki-kaki. Sebelum membeli, ajak mobil ke jalanan yang rusak sehingga bisa dicek apakah ada bunyi-bunyi di sekitar kaki-kaki ketika mengayun. Bila Anda kurang mengerti soal suspensi bisa bawa montir atau ahli suspensi untuk mengeceknya.

Kondisi plafon
Biasanya pemilik SUV kerap membawa mobilnya untuk kegiatan outdoor. Biasanya pula sehabis beraktivitas, sang pemilik membawa banyak barang seperti sepatu, sepeda lipat atau benda apapun yang bisa mengotori kabin. Termasuk bagian plafon. Bagian ini butuh cara khusus jika sampai terkena tanah atau kotoran lainnya. Pastikan agar plafon mobil incaran Anda tidak terlalu buruk kondisinya.

BBM
Kia sudah menggunakan teknologi canggih pada mesinnya baik bensin maupun diesel. Untuk bensin, Anda harus menyiapkan biaya mengisi bahan bakar minimal oktan 92.

Jok Belakang
Meski mempunyai bodi yang besar, urusan kabin Kia Sportage tidak seluas yang mungkin Anda ekspektasikan. Pada baris kedua ruang kepala maupun kaki tidak terlalu luas. Memang masih cukup nyaman untuk duduk dalam perjalanan dekat, tapi akan terasa cepat lelah ketika perjalanan jauh.

Tips Memilih KIA Sportage Bekas


Kia Sportage termasuk mobil yang populasinya banyak. Untuk yang produksi 2013 tergolong usia muda. Melihat catatan servis bisa menjadi acuan apakah pemilik sebelumnya rajin melakukan perawatan rutin ke bengkel resmi.

Mengingat ini mobil SUV, biasanya banyak pemilik yang menggunakan ke daerah-daerah dengan medan berat. Suspensi bisa jadi salah satu komponen yang harus diperiksa. Mesin juga tidak kalah penting karena dipaksa bekerja keras. Pastikan tidak ada pergantian spareparts karena bisa mengurangi harga jual.

Ada tiga varian yang dijual di pasar mobil bekas untuk Kia Sportage produksi 2011-2013. Ada tipe EX M/T dan A/T serta kasta tertinggi Platinum A/T. Topgir merekomendasikan tipe EX A/T karena tipe ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan selama perjalanan. Fitur-fiturnya pun tidak jauh berbeda dengan tipe Platinum.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel