Tips dan Panduan Membeli Mazda 2 Bekas

Kelas Compact Hatchback 1.500 cc yang sejak 2004 dikuasai oleh Honda Jazz membuat sejumlah merek lain tergiur akan pasar ini. Tak terkecuali Mazda. Meski harus menghadapi merek besar yang terlebih dahulu eksis seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris, mereka toh tak gentar. Mazda2 pun menjadi senjata andalan mereka.

Mazda 2 autobild

Saat ini Mazda2 memiliki populasi cukup banyak di Tanah Air. Alhasil, pasar bekasnya juga cukup sehat layaknya para pe­saing kuat lain. Kekuatan mesin serta penampilan bodi yang stylish membuatnya digemari kalang­an muda.

Walau memiliki basis serupa Ford Fiesta, Mazda memilih bentuk bodi yang secara radikal berbeda dibanding saudaranya. Tapi ia tetap mirip dengan Fiesta dalam hal keakuratan pengendalian. Apalagi di tipe R yang memiliki ban 16 inci berprofil 45 yang menambah kepresisiannya.

Dalam hal kelengkapan mobil ini juga cukup menonjol. Saat peluncuran saja ia sudah memiliki sistem audio terintegrasi. Bahkan Mazda kemudian memberi sistem hiburan yang cukup canggih de­ngan layar TV terintegrasi serta kamera parkir. Versi terakhir dari Mazda2 juga memiliki fasilitas browsing internet. Hal ini se­suai dengan gaya hidup modern.

Popularitas Mazda2 membuat harga bekas mobil ini cukup bertahan. Dan ini semakin menguatkan Mazda sebagai merek unggulan di Indonesia.

Sejarah Mazda 2 di Indonesia


2009 : Mazda2 diperkenalkan ke publik untuk pertama kalinya. Ia bahkan diluncurkan jauh sebelum Ford Fiesta yang berbagi basis dengannya. Mengusung mesin 1.498 cc bertenaga 103 dk, Mazda2 mungkin bukan yang tercepat di kelasnya. Tapi dalam hal pengendalian ia sangat bertaji. Saat peluncuran Mazda2 ditawarkan dalam 2 trim kemewahan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

2010 : Mazda menambahkan entertainment system canggih di mobil ini. Layar TV besar terintegrasi kini hadir di dasbor, membuat tampilannya lebih mewah dan modern. Fungsi yang ditawarkan juga cukup banyak, meliputi pemutaran berbagai format multimedia, kamera mundur sampai navigasi. Fitur ini hadir di tipe teratas.

2012 : Revisi dalam bentuk facelift dilakukan ke mobil ini. Dari luar ada sedikit perbedaan pada detail lampu dan bumper. Sedangkan di dalam, sistem hiburan canggihnya diperhebat dengan kemampuan browsing internet. Sebuah fitur yang bahkan mobil premium pun masih jarang memilikinya.

Panduan Membeli Mazda 2 Bekas


Mesin
Karena banyak anak muda memiliki mobil ini, bisa jadi mesinnya sering dipakai berakselerasi. Sebetulnya ini tidak akan menjadi problem, asalkan tidak dilakukan modifikasi berlebihan dan dirawat sesuai jadwal.

Velg
Penggunaan ban profil 45 memang membuat pengendalian membaik, tapi pelek rentan rusak saat melibas jalan rusak terlalu cepat. Periksalah kondisi peleknya apakah masih baik, karena penggantian pelek asli menuntut biaya lumayan besar.

Entertaiment System
Karena termasuk salah satu kelebihan mobil ini, cek sistem hiburannya. Cobalah semua fiturnya dan pastikan masih berfungsi baik. Lihat juga apakah layar monitornya masih bersih dari goresan kuku atau benda tajam.

Ruang Belakang
Mazda2 tidak diciptakan sebagai mobil keluarga besar, oleh sebab itu ruang belakangnya juga terbatas. Pastikan hal ini tak bermasalah dengan kebutuhan Anda.

Buku Servis
Karena relatif masih baru, perawatan Mazda2 seharusnya dilakukan di bengkel resmi. Mintalah buku servis dan perhatikan apakah perawatan dilakukan secara reguler di bengkel resmi.

Transmisi
Bila Anda memilih varian transmisi otomatis, harap dicatat bahwa sistemnya masih cukup konvensional dan tak dilengkapi moda perpindahan secara manual. Bila ingin yang lebih agresif, sebaiknya pilih transmisi manual.

Tips Memilih Mazda 2 Bekas


Yang harus Anda cermati adalah siapa pemilik mobil ini sebelumnya. Karena Mazda2 banyak dipakai anak muda. Kecenderungannya mereka gemar otak­atik mobil. Bisa ganti pelek, suspensi, audio, jok, body kit, bahkan mesin. Jika Anda suka ubahan tersebut, tidak masalah. Bahkan bisa menjadi bonus. Tapi alang kah baiknya Anda mendapatkan komponen standar dari part yang sudah dimodifikasi itu.

Bila kondisi mobil standar, coba perhatikan bagian-­bagian yang Topgir sebutkan di atas. Jangan sungkan bertanya pada pemiliknya bila ada jejak bekas modifikasi. Selain bisa untuk bahan negosiasi harga, Anda juga mesti perhitungkan biaya perbaikannya kelak.

Sebagai mobil anak muda, ada tendensi pemiliknya mengemudi agresif. Periksa kaki­kaki, terutama depan, sebagai area paling berpotensi mengalami kerusakan. Jangan lupa periksa bodi mobil dari risiko bekas tabrakan. Cermati juga kondisi mesin. Pastikan tidak ada suara aneh dari sana.

Untuk sebuah mobil, value for money Mazda2 cukup baik. Maka sebab itu, Topgir cukup merekomendasikan mobil ini, terutama tipe tertinggi yang sudah menggunakan pelek alloy 17 inci, navigasi satelit, monitor layar sentuh, lampu LED, dan DVD player. Harga relatif terjangkau bila dibanding rival seperti Honda Jazz atau Toyota Yaris.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel