Tips dan Panduan Membeli Mazda 8 Bekas

Di Indonesia cukup banyak pilihan MPV mewah seperti Honda Odyssey, Toyota Alphard dan Nissan Serena. Namun masih ada satu opsi yang menarik untuk dimiliki yakni Mazda 8.

Mazda8 autobild

Meskipun berbentuk layaknya MPV, desain khas Mazda yakni sporty tetap dijaga pada mobil ini. Lampu depan menggunakan sistem proyektor dengan bohlam HID membuat tampilannya terasa elegan.

Garis horizontal pada bagian grill membuat tampilannya terlihat sederhana. Secara bentuknya, Mazda 8 boleh dibilang masih terlihat konvensional belum ada sentuhan modern. Belum banyak lekukan atau garis tegas yang menjadi ciri khas mobil masa kini.

Di dalam kabin, nuansa mewah lebih terasa seperti jok kulit berwarna cerah dengan trim kayu gelap di beberapa sisi. Panel instrumen juga terlihat keren saat mesin dinyalakan, seperti tampilan 3D di spidometer.

Beberapa kelebihan dari mobil ini diantaranya bantingan suspensinya yang halus, irit dan fitur navigasi yang mebantu pengemudi. Khusus untuk barisan ketiga, akses penumpang lebih mudah karena sudah menggunakan sistem elektrik dan captain seat.

Sejarah Mazda 8 


2006 : Tahun kelahiran Mazda 8 di dunia. Sebelumnya, Mazda mempunyai produk bernama Mazda MPV. Kehadiran Mazda 8 didapuk sebagai pengganti Mazda MPV. Jepang menjadi negara pertama penjualan MPV berbodi besar ini. Tahun 2005 sebenarnya Mazda sudah meperkenalkannya di Tokyo Motor Show namun saat itu belum resmi dijual. Mazda 8 ini pun menjadi generasi ketiga dari Mazda MPV.

2008 : Mazda memperkenalkan versi facelift. Penyegaran di eksterior seperti desain bumper dan lampu kabut yang baru. Transmisi otomatis lima percepatan menggantikan empat percepatan yang selama ini digunakan. Hadir pula varian enam percepatan dengan 4WD.

2012 : Usai menghentikan produksi versi Turbo pada 2010, tahun ini Mazda meluncurkan versi mesin 2.500 cc dengan transmisi otomatis 5 percepatan. Sekaligus varian ini menggantikan mesin 2.300 cc 4 percepatan yang dijual di China.

Panduan Membeli Mazda 8 Bekas


Mesin
Mempunyai kapasitas mesin yang besar disertai teknologi canggih artinya bahan bakar yang digunakan oleh Mazda 8 memerlukan minimal oktan 92. Periksa apakah mesin tidak menggelitik sebagai tanda pemilik sebelumnya menggunakan bahan bakar yang tepat.

Catatan Servis
Memang belum terlalu tua umurnya karena 2011 pertama kali Mazda 8 meluncur di Indonesia. Bagi Anda yang mendapatkan tahun ini, ada baiknya mengecek catatan servis mengingat teknologi mobil ini sudah cukup canggih dan butuh perawatan rutin.

Arm rest
Mengingat model jok Mazda 8 captain seat dimana tiap jok mempunyai sandaran tangan atau arm rest, ada baiknya cek kinerjanya. Apakah masih lancar untuk di naik-turunkan atau sudah longgar sehingga mudah turun. Ini penting karena berguna untuk akses Anda masuk ke dalam kabin.

Fitur
Mazda 8 memang sudah mengusung pintu geser elektrik, keyless entry, bagasi elektrik serta transmisi tiptronic. Sayangnya, fitur standar MPV mewah seperti on-board computer, cruise control atau bahkan auto door-lock belum disematkan.

BBM
Menggunakan mesin berkapasitas besar lebih dari 2.000 cc membuat konsumsi bahan bakar minyak untuk Mazda 8 minimal oktan 92. Penggunaan BBM kurang dari oktan 92 akan memperpendek umur mesin Anda.

Performa Mesin
Jangan berharap banyak dengan performa dari mesin 2.300 cc milik Mazda 8 ini. Dibanding kompetitornya, dia tidak terlalu bagus baik dari akselerasi maupun tenaganya. Namun beruntung terbantu dengan konsumsi BBM yang tidak terlampau boros.

Tips Memilih Mazda 8 Bekas


Tidak sering Topgir merekomendasikan Mazda 8 kepada konsumen karena memang populasinya tidak terlalu banyak dan juga bukan terbaik di kelasnya. Tetapi bagi Anda yang memang menyukai mobil ini, alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di bengkel resmi sebelum membelinya. Terutama untuk mobil yang telah memiliki umur lebih dari 5 tahun sejak dijual baru.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel