Tips dan Panduan Membeli Mazda Biante Bekas

Sedikit terlambat Mazda menghadirkan High MPV di Indonesia. Namun, Mazda segera mengeluarkan Biante pada tahun 2012 dengan desain yang apik nan menawan. Pun dengan momen yang pas karena pasar sedang jenuh dengan Nissan Serena yang belum beralih generasi.

Tips dan Panduan Membeli Mazda Biante Bekas Autobild

Biante memiliki ba­nyak kelebihan, terutama di sektor kenyamanan. Mobil ini memiliki banting­an yang luar biasa lembut dan halus. Bantingan suspensinya empuk tanpa menjadi lembek dan mampu meredam getaran jalan secara memuaskan. Ini jelas berbeda dengan pada umumnya produk Mazda yang relatif keras. Pada awal kehadirannya Biante memiliki kapasitas mesin 1.998 cc bertenaga 150 dk dengan konsumsi BBM masih berkisar di 7,9 km/l di dalam kota. Namun di tahun 2013, Biante menghadirkan mesin baru Skyactiv yang mampu memberikan tenaga lebih besar, namun optimal dalam mengolah BBM.

Kini Biante sudah mulai mengisi pasar mobil bekas di Indonesia. Anda pun dihadirkan 2 pilihan yang menarik. Oleh sebab itu, apa saja yang harus diperhatikan ketika hendak membeli Biante dalam kondisi seken?

Sejarah Mazda Biante di Indonesia


2012: Untuk pertama kalinya PT Mazda Motor Indonesia (MMI) menghadirkan Biante pa­da saat ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia IIMS. Hanya memiliki satu pilihan model yakni 2.0 A/T bermesin 2.000 cc dan transmisi otomatis 5-speed. Momennya begitu pas karena Nissan Serena belum ganti model dan Toyota Nav1 belum dijual. Ia pun mendulang sukses.

Sebagai sebuah High MPV beratap tinggi, akomo­dasinya masuk dalam level memadai. Pintu geser elektris mudah dioperasikan dan bangku baris kedua dan tiga dapat diatur terpisah. Walau mekanismenya tidak sepraktis Nissan Serena dan Toyota Nav1. Ayunan suspensi lembut begitu membuai untuk perjalanan jauh.

2013: Hanya selang sa­tu tahun, MMI menghadirkan kemba­li Biante di IIMS 2013. Tentu­nya dengan pengembang­an berupa mesin baru berteknologi Skyactiv dan padanan girboks otomatis 6-speed. Dengan mesin ini, Biante berhasil merevisi konsumsi BBM yang lebih irit dibandingkan pendahulu­nya. Di sini teknologi Start/Stop mesin bertajuk iStop cukup mengambil peran. Lain dari itu, ia masih sama dengan pendahulunya

Panduan Membeli Mazda Biante Bekas


Fitur
Khusus untuk Biante yang dilansir tahun 2013 telah disemati banyak fitur dengan teknologi terkini, salah satunya ialah i-stop. Memang belum ada masalah dalam fitur ini, namun tidak ada salahnya untuk memperhatikan karena fitur tersebut cukup berpengaruh untuk mengoptimalkan konsumsi BBM dan belum teruji daya tahan produknya.

Kaki-kaki
Sejatinya MPV menyediakan akomodasi yang cukup untuk mengangkut penumpang. Terlebih Biante mampu diisi hingga delapan penumpang. Melihat daya tampung yang banyak dan infrastruktur Indonesia yang masih dalam proses pembangunan, Anda perlu memperhatikan kondisi kaki-kaki pada Biante yang akan Anda pinang.

Pintu Geser Elektris
Meski masih tergolong baru, bukan berarti pintu geser tidak perlu Anda perhatikan. Dalam sehari pintu geser bisa dibuka dan tutup berkali-kali. Belum lagi jika yang membuka dan menutup tidak sabaran dan memaksa mendorongnya supa­ya lebih cepat. Pastikan mekanismenya dapat berjalan dengan baik.

Bengkel Resmi
Mazda memang bukan pendatang baru di Indonesia. Khusus untuk pemilik mobil Mazda di Jakarta, pastinya tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bengkel resmi. Namun bagaimana untuk pemilik Mazda di daerah-daerah selain Jakarta? Mudah saja, ketahui dulu bengkel resmi di daerah Anda atau bengkel yang memang biasa memegang mobil Mazda.

Service Record
Pastikan Biante yang akan Anda pinang memiliki catatan servis yang rutin di bengkel resmi. Dikarenakan mobil ini masih tergolong baru, pastinya akan berpengaruh pada garansi yang diberikan oleh pihak Mazda.

Tips Memilih Mazda Biante Bekas


Biante memang memiliki banyak kelebihan, diantaranya di sektor kenyamanan dan akomodasi yang memadai. Oleh sebab itu Biante sangat pas digunakan sebagai armada untuk keluarga. Untuk masalah kerusakan, sejauh ini Biante belum mengalami masalah apapun, namun jika Anda ingin membeli, pastikan mobil tersebut memiliki history di bengkel resmi, karena hal ini berpengaruh pada garansi mesin yang diberikan.

Dari dua varian yang ada, Topgir merekomendasikan untuk meminang Biante yang dilansir tahun 2013 dan telah disemati teknologi Skyactiv. Karena dengan teknologi ini plus dukungan i-stop, dapat mereduksi penggunaan BBM yang jauh lebih efisien.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel