Tips dan Panduan Membeli Mercy C-Class W203 Bekas Taksi

Mewah, nyaman, dan aman. Ketiga kata tersebutlah yang muncul saat kita mendengar nama besar Mercedes-Benz.

Kini impian Anda membeli sebuah sedan Mercedes-Benz keluaran tahun 2007 ke atas dengan harga 100 jutaan. Mobil tersebut adalah mobil bekas taksi Silver Bird yang telah selesai masa operasionalnya.

Mercy C-Class W203 autobild

Meskipun eks-taksi, mobil ini masih terlihat berkelas karena kini ia berwarna hitam polos dan tidak terlihat mobil bekas taksi sedikitpun. Pihak Silver Bird saat itu telah melepas semua perangkat taksi seperti stiker, argometer dan lampu logo di atap.

Rasa berkendara yang ditawarkan dan kenyamanannya sebagai sebuah sedan keluaran Eropa menjadi daya tarik sendiri untuk sebagian kalangan. Selain itu, mobil ini dilengkapi berbagai fitur keselamatan kelas wahid untuk harga di bawah Rp 200 juta. Sebut saja airbag, ABS, EBD, ESP, dan lain-lain menjadi fitur standarnya.

Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para konsumen yang ingin mencicipi pertama kali membeli mobil keluaran Eropa. Namun, status bekas taksi membuat Anda harus memperhatikan lebih detail soal “kesehatan” mobil ini.

Nah, apa saja kira-kira yang harus diperhatikan jika ingin membelinya? Simak ulasan berikut ini.

Sejarah Mercy C-Class W203 di Indonesia


2001: Generasi kedua C-Class ini hadir di Indonesia pada 2001. Ada 3 tipe yang ditawarkan ATPM-nya saat itu, yaitu C200, C240 dan C270 CDI.

Populasi yang paling banyak beredar di sini C200 dan C240. C270 CDI yang bermesin diesel 2.700 cc di Indonesia jumlahnya sangat sedikit, perkiraannya sekitar 50-100 unit saja. Makanya di bursa mobil bekas dua tipe pertama yang banyak ditawarkan.

Perbedaan utama antara C200 dan C240 ada di mesinnya. C200 memakai mesin 4 silinder 2.000 cc sedang C240 berjantung V6 dengan volume total ruang bakar 2.600 cc.

Selebihnya adalah perbedaan di kelengkapan interior saja. C200, misalnya, jok masih berbahan kain, tidak dibekali sunroof, pintu tidak ada wood panel, tidak ada lis krom di bodi, masih andalkan velg kaleng, tidak ada rain sensor, dan lain-lain Sementara C240 sebaliknya.

2003 : Mercedes-Benz mengeluarkan tipe C180 kompresor alias turbo menggantikan C200.

2005 : Pada tahun ini Mercedes-Benz mengeluarkan versi facelift pada C-Class. Terdapat beberapa ubahan seperto lampu depan projector, panel speedometer, head unit yang terintegerasi, dan lain-lain.

2006 : Mercedes-Benz mengeluarkan tipe C230 elegance dan sport. Perbedaan fitur elegance dan sport terdapat pada warna trim interior, jok kulit, list body chrome dan suspensi yang lebih pendek pada tipe sport. Selain itu, untuk tipe yang elegance juga sudah dilengkapi dengan transmisi 7G triptonik.

2007 : Mercedes-Benz bekerja sama dengan Silver Bird, untuk menjadikan C230 Sport sebagai armada taksinya.

Panduan Membeli Mercy C-Class W203 Bekas Taksi


Lampu Peringatan
Nyalakan mesin dan lihatlah apa ada indikator peringatan menyala. Bila muncul segera periksa ke bengkel resmi. Begitu juga bila ada fitur tak berfungsi, lampu peringatan akan menyala.

Kaki-kaki
Sokbreker milik C-Class W203 tergolong cukup mahal. Oleh karena itu periksa dengan seksama apakah ada bunyi tak wajar dari bagian kaki-kaki. Satu set lengkap suspensi depan belakang bisa menghabisakan dana hampir Rp 20 juta.

Mesin
Umumnya Mercy Taksi menggunakan bahan bakar oktan 88 (Premium) yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin. Ini menyebabkan ruang bakar lebih cepat kotor dan rusak. Selain itu, cylinder head di mesin ini tidak dilengkapi cylinder liner. Perbaikan ini membutuhkan biaya besar.

Interior
Interior C-Class W203 berkualitas cukup baik, tapi daya tahan tergantung dari cara pemakaian. Ada baiknya perhatikan dengan teliti kondisi interior terutama panel dasbor, jok serta plafon.

Jarak Tempuh
Jarak tempuh mobil bekas taksi pastinya sudah cukup tinggi. Dari beberapa mobil bekas taksi yang sempat Topgir lihat, odometer menunjukan angka sekitar 300 ribu km.

Jok Belakang
Meski merupakan sebuah Mercedes-Benz, C-Class W203 tak terlalu nyaman ditumpangi di belakang. Ruang kakinya agak sempit bagi penumpang di atas 170 cm. Pastikan ini tak bermasalah bila Anda memang menggunakan jasa pengemudi.

Tips Memilih Mercy C-Class W203 Bekas Taksi


Yang perlu diperhatikan jika ingin membeli Mercedes-Benz C230 W203 bekas taksi adalah ruang bakar pada mesinnya. Ruang bakar suka mampat dan berkerak akibat adanya flek. Flek terjadi karena menggunakan bahan bakar dengan oktan tidak sesuai spesifikasi, yaitu oktan 88 (Premium). Padahal mobil ini minimal memakai bahan bakar oktan 92 ke atas (Pertamax atau Pertamax Plus).

Periksa juga kaki-kakinya. Biasanya kaki-kaki mobil bekas taksi sudah pada rusak karena jalan Indonesia yang kurang bagus. Periksa juga sensor air mass nya. Sensor air mass suka rusak karena kemakan usia dan akibat penggunaan sehari-jari.

Sebelum membeli mobil incaran Anda, sebaiknya bawa terlebih dahulu ke bengkel resmi untuk dilakukan general check up. Biaya untuk melakukannya sekitar Rp 900 ribuan.

Karena hanya ada satu tipe, yaitu C230, maka pilihlah unit terbaik dari yang Anda lihat. Periksalah kondisinya dengan teliti agar Anda tidak mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel